Selasa, 08 November 2011

Sang peretas komputer NASA dan komputer militer Amerika Serikat



Gary McKinnon lahir pada tanggal 10 Februari 1966 adalah seorang system administrator di Scotlandia. Ia adalah seorang hacker yang dituduh oleh jaksa penuntut negara Amerika Serikat yang menyatakan “Gary McKinnon menghack besar-besaran komputer militer sepanjang masa”.
Meskipun Gary McKinnon menyatakan dirinya bahwa ia hanya mencari bukti penekanan energi bebas dan menutup-nutupi aktivitas UFO dan teknologi lainnya yang berpotensi memanfaatkan masyarakat umum. Setelah menjalani serangkaian proses hukum di Inggris, McKinnon menolak diserahkan sebagai tawanan ke negara Amerika Serikat.
 
Dugaan kejahatan
McKinnon dituduh melakukan tindakan hacking kedalam 97 komputer militer Amerika Serikat dan komputer NASA lebih kurang 13 bulan antara Februari 2001 dan Maret 2002, dengan menggunakan nama “Solo”

Pemerintah AS mengklaim dia menghapus arsip penting dari sistem operasi, yang menutup  distrik Militer Angkatan Darat AS di jaringan Washington sebanyak 2.000 komputer selama 24 jam, serta menghapus log Senjata Angkatan Laut AS, membuat 300 jaringan komputer pangkalan angkatan laut tidak dapat dioperasikan setelah serangan 11 September yang dilakukan oleh teroris. McKinnon juga dituduh menyalin data, membajak akun dan password dan disimpan kedalam komputer pribadinya. Pemerintah AS mengklaim biaya pelacakan dan memperbaiki masalah yang ditimbulkannya adalah lebih dari $ 700.000. Meskipun ia tidak mengakui bahwa itu adalah bukti yang menghancurkan, namun McKinnon memang mengakui meninggalkan sebuah ancaman pada satu komputer. Adapun bunyi ancaman tersebut kira-kira seperti ini, “Kebijakan pemerintahan AS tidak berbeda dengan pemerintahan yang membiayai terorisme…ini bukanlah sebuah kesalahan besar merosotnya keamanan pada 11 September yang lalu… Saya SOLO, saya akan terus mengganggu pada tingkat tertinggi…”.

Seorang perwira militer senior di Pentagon mengatakan kepada The Sunday Telegraph: “kebijakan AS melawan serangan ini sekuat mungkin. Sebagai sebuah tindakan yang dilakukan oleh McKinnon, kita mengalami kerusakan serius, namun ini bukanlah insiden yang berbahaya. Dia (McKinnon) sangat serius dan sengaja merusak komputer militer dan NASA dan meninggalkan pesan konyol dan pesan anti Amerika. Semuanya bukti bahwa seseorang telah melakukan serangan pada tingkat yang sangat serius pada sistem komputer Amerika”.
 
Penangkapan dan proses hukum
McKinnon pertama kali diwawancarai oleh polisi pada 19 Maret 2002. Setelah ditanyai oleh polisi, komputernya disita. Dia diwawancarai lagi pada tanggal 8 Agustus 2002, kali ini oleh Unit Nasional Inggris Hi-Tech Crime (NHTCU). Pada bulan November 2002, McKinnon didakwa oleh juri agung federal di Distrik Timur Virginia. Dakwaan tersebut berisi tujuh dakwaan terkait kejahatan komputer, masing-masing yang membawanya pada hukuman sepuluh tahun penjara.
 
Proses ekstradisi
McKinnon dibebaskan tak bersyarat selama tiga tahun sampai Juni 2005 (sampai selesai dibuatnya undang-undang ekstradisi tahun 2003, yang menerapkan perjanjian ekstradisi tahun 2003 dengan pihak Amerika Serikat dimana AS tidak perlu memberikan bukti yang meragukan), namun wajib lapor ke pos polisi terdekat setiap malam dan tetap berada di rumah pada malam harinya. Selain itu, ia dilarang menggunakan komputer yang terhubung ke Internet.

Jika ia diekstradisi ke AS, kemungkinan McKinnon bisa dipenjara selama 70 tahun. Ia sangat takut bahwa ia akan dikirim ke Teluk Guantanamo.
 
Mengajukan banding ke House of Lords
Mewakili McKinnon di House of Lords pada tanggal 16 Juni 2008, pengacaranya memberitahukan pada McKinnon tentang undang-undang Lords bahwa jaksa telah mengatakan McKinnon menghadapi kemungkinan 8-10 tahun penjara. tapi apabila ia kooperatif pergi secara sukarela ke Amerika Serikat, kemungkinan ia dipenjara selama 37-46 bulan saja.

Pengacara McKinnon mengatakan bahwa UU Lords bisa menyangkal ekstradisi jika ada penyalahgunaan dari proses: “Jika Amerika Serikat ingin menggunakan proses pengadilan Inggris untuk mengamankan ekstradisi dari tersangka pelaku, maka mereka harus bermain dengan aturan kami” dan bahwa proses ekstradisi harus “

House of Lords menolak argumen ini, dengan pertimbangan utama memegang bahwa “perbedaan antara sistem Amerika dan sistem kita (Inggris) tidak begitu mencolok sehingga memberi kesan berbeda pendapat” dan bahwa proses ekstradisi harus “menerima perbedaan hukum dan budaya antara sistem hukum dari banyak negara asing dengan siapa Inggris telah menandatangani penetapan perjanjian ekstradisi timbal balik tersebut”
 
Mengajukan banding lagi
McKinnon mengajukan banding ke Pengadilan Eropa untuk Hak Asasi Manusia, tetapi permintaan untuk banding ditolak. Pada tanggal 23 Januari 2009, McKinnon memenangkan izin dari Pengadilan Tinggi untuk mengajukan tinjauan judicial terhadap ekstradisinya. Pada tanggal 31 Juli 2009, Pengadilan Tinggi mengumumkan bahwa McKinnon telah kehilangan banding tersebut. Saat ini tim hukum McKinnon, pengacara agung dan pengacara Karen Todner Ben Cooper, telah mengajukan permohonan peninjauan judicial ke bagian penolakan Home Secretary dari bukti medis, yang menyatakan bahwa ketika ia dengan mudah dapat diadili di Inggris, ini sebenarnya tidak perlu, sangat kejam dan tidak manusiawi membuat ia (McKinnon) lebih stres lagi dan membuangnya dari tanah airnya dan keluarganya.
 
Didiagnosis mengalami penyakit Asperger (autis)
Pada bulan Agustus 2008, McKinnon didiagnosis oleh tiga ahli terkemuka di dunia (Professor Simon Baron-Cohen, Professor Jeremy Turk dan Professor Thomas Bernie) sebagai penderita dari gangguan spektrum autisme diperparah dengan depresi klinis. Ibu McKinnon, Janis Sharp, mengklaim jika McKinnon di penjara di AS, itu sama saja bunuh diri atau kemungkinan akan membuat McKinnon bunuh diri. Ibunya menerima dukungan dari psikiater Profesor Jeremy Turk dari Rumah Sakit St George, Inggris, yang mengatakan bahwa McKinnon akan bunuh diri “itu hampir mungkin bisa terjadi”. Pada tanggal 10 November 2009, Janis SHARP memberikan bukti sebelum pemilihan Komite untuk Parlemen Inggris. Komite memutuskan bahwa proses ekstradisi dihentikan karena keadaan genting dari kesehatan mental McKinnon dan mengatakan untuk meninjau kembali perjanjian ekstradisi.
 
Tinjau ulang yudisial
Pada bulan Januari 2010, tuan Justice Mitting mengabulkan peninjauan ulang yudisial dari keputusan menteri dalam negeri Alan Johnson untuk memungkinkan ekstradisi McKinnon. Tuan Mitting membedakan 2 isu yang diperdebatkan, yang pertama adalah apakah pendapat Profesor Turk bahwa  McKinnon pasti akan bunuh diri jika diekstradisi, kalau begitu berarti Home Secretary harus menolak ekstradisi merujuk pasal 6 dari undang-undang Hak Asasi Manusia tahun 1998 (yang mencegah wewenang/hak masyarakat umum dari tindakan dalam cara yang bertentangan dengan ketentuan keadilan). Yang kedua adalah apakah pendapat Profesor Turk adalah sebuah perubahan mendasar untuk keadaan bahwa pengadilan sebelumnya harus dipertimbangkan?. Mitting memutuskan bahwa jika jawaban untuk kedua pertanyaan tersebut adalah “Ya”, maka itu dinyatakan akan melanggar hukum untuk memungkinkan dilakukannya ekstradisi.
 
Koalisi
Pada bulan Mei 2010, Inggris memilih sebuah pemerintahan koalisi. McKinnon menjadi bagian dari diskusi koalisi, dan dalam dokumen “Program Koalisi” mereka menyebutkan: “Kami akan meninjau kembali operasional dari UU Ekstradisi – dan perjanjian ekstradisi AS / Inggris – untuk memastikan itu tetap akan ditangani”.

Pada tanggal 20 Mei 2010, Home Secretary yang baru, Theresa May, menangguhkan peninjauan keputusan yudisial Home Secretary yang lalu-lalu yang sempat tertunda, mengatakan May akan memeriksa kembali bukti medis untuk dirinya sendiri untuk memutuskan apakah McKinnon harus diekstradisi.
 
Dukungan untuk McKinnon
Pada awal November 2008, sebanyak 80 anggota parlemen Inggris menandatangani sebuah Early Day Motion, menyerukan untuk setiap hukuman yang dikenakan penahanan oleh pengadilan Amerika agar dijalani dipenjara Inggris saja. Namun, pada tanggal 15 Juli 2009, banyak dari mereka memilih dalam Parlemen menentang peninjauan ulang dari perjanjian ekstradisi.

Pada pertengahan November 2008, grup musik rock Marillion mengumumkan bahwa ia siap untuk berpartisipasi dalam konser amal untuk mendukung perjuangan Gary McKinnon untuk menghindari ekstradisi ke Amerika Serikat. Penyelenggara acara yang direncanakan adalah Hemsworth Ross, seorang host radio Inggris, namun tanggal belum ditetapkan.

Saat ini banyak yang telah menyuarakan dukungan mereka, termasuk Sting, Trudie Styler, Julie Christie, David Gilmour, Graham Nash, Peter Gabriel, Para Proklamator, Bob Geldof, Chrissie Hynde, David Cameron, Boris Johnson (Walikota London), Stephen Fry, Jonathan Ross , Terry Waite, Tony Benn, Chris Huhne, Lord Carlile, the Conservative Party, the Liberal Democrats, the Green Party of England and Wales, the National Autistic Society, Liberty, dan banyak lagi. Semuanya mengusulkan agar setidaknya dia diadili di Inggris saja.

Pada bulan Agustus 2009, koran Skotlandia “The Herald” melaporkan bahwa pengusaha Skotlandia Lukas Heron akan membayar £ 100.000 untuk biaya hukum McKinnon dalam hal ia diekstradisi ke AS. Dalam sebuah artikel lebih lanjut dalam The Herald, Joseph Richard Gutheinz, Jr, seorang pensiunan Kantor NASA Agen Senior Inspektur Jenderal Khusus, menyuarakan dukungannya untuk Gary McKinnon.
Gutheinz, yang juga seorang pengacara tindak pidana di Amerika Serikat dan mantan anggota komite penasehat peradilan pidana di Texas bagian penurunan medis dan mental untuk para terdakwa, mengatakan bahwa ia takut jika Gary McKinnon tidak akan mendapatkan keadilan di Amerika Serikat, karena “sistem yudisial” Amerika tutup mata/tidak peduli terhadap kebutuhan atau pada para terdakwa yang memiliki sakit mental.

Tabloid Inggris, The Daily Mail memulai sebuah kampanye untuk mencegah ekstradisi Gary McKinnon ke AS.

Pada 20 Juli 2010 Tom Bradby, editor politik ITN mengangkat isu Gary McKinnon dengan Presiden Barack Obama dan Perdana Menteri David Cameron dalam konferensi pers bersama di Gedung Putih yang menanggapi bahwa mereka telah mendiskusikan hal itu dan sedang bekerja untuk menemukan ‘solusi yang tepat’.
 
Lagu
Pada bulan Agustus 2009, Pink Floyd David Gilmour merilis sebuah single secara online dengan judul “Chicago – Change the World”, dimana ia menyanyi dan bermain gitar, bas dan keyboard, untuk mempromosikan menumbuhkan kesadaran atas penderitaan McKinnon. Diproduksi oleh kolaborator lama Pink Floyd Chris Thomas dan dibuat dengan dukungan Nash. Sebuah video juga diposting secara online.
 
Pernyataan kepada media
McKinnon telah mengakui dalam pernyataannya kepublik bahwa ia mendapatkan banyak akses ke sistem komputer di Amerika Serikat secara tidak sah termasuk yang disebutkan dalam dakwaan Amerika Serikat. Dia mengakui motivasinya, diambil dari pernyataan yang dibuat sebelum Washington Press Club pada tanggal 9 Mei 2001 oleh “The Disclosure Project”, adalah untuk menemukan bukti UFO, teknologi anti-gravitasi, dan penekanan “energi bebas”, semua yang ia klaim telah terbukti melalui tindakannya.

Dalam sebuah wawancara televisi pada program Klik BBC, McKinnon mengklaim bahwa ia bisa masuk ke jaringan militer hanya dengan menggunakan sebuah script Perl yang mencari password kosong; dengan kata lain laporannya menunjukkan bahwa ada komputer di jaringan dengan password default yang aktif.

Dalam wawancaranya dengan BBC, ia juga mengklaim “The Disclosure Project” bahwa “beberapa dari mereka sangat dapat dipercaya, percaya pada orang-orang, semua mengatakan ya ada teknologi UFO, ada anti gravitasi dan ada penekanan energi bebas. Dia mengatakan bahwa ia menyelidiki seorang pakar fotografi NASA yang mengatakan bahwa gedung nomor 8 Johnson Space Center, gambar-gambar secara teratur dibersihkan dari adanya bukti kapal UFO, dan menegaskan hal ini, membandingkan baku asli dengan gambar yang diproses. Ia mengaku telah melihat gambar detail tentang “sesuatu yang bukan buatan manusia” dan “berbentuk cerutu” mengambang di atas belahan bumi utara.
A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]