Tunggu sebentar!

Selasa, 13 Desember 2011

Teka-teki lumpuhnya Kaspersky di windows xp terjawab sudah



Setengah tahun lebih sudah kulewati dengan persoalan yang belum tuntas, mengapa setiap antivirus yang ku tanamkan di sistem windows xp selalu gagal. Gagal maksudnya adalah setiap antivirus yang diinstall selalu dilumpuhkan, ada yang hampir tuntas lalu harus di rolling back, yaitu antivirus AVG. Berbeda dengan Bitdefender...emang berhasil diinstall, namun tidak bertahan lama karena servicenya langsung dimatikan. Dan terakhir yang saya pakai adalah antivirus Kaspersky versi 7, awalnya tidak masalah...namun kedepan-kedepannya mengalami nasib serupa seperti Bitdefender. Bedanya adalah service Kaspersky tetap berjalan apabila dilihat melalui taskmgr -> [tab] processes, tetapi proactive defensenya dilumpuhkan (pada kondisi seperti itu saya tidak dapat lagi mengendalikan Kaspersky karena icon nya tidak tampak lagi di notification area).

Nah, permasalahannya adalah ketika saya beli PC, saya tidak minta drivernya dalam bentuk CD pada penjual PC tersebut. Mereka memberikan drivernya dalam bentuk softcopy yang telah ada di hardisk PC tersebut. Semoga setelah membaca cerita ini, pembaca hendaklah belajar dari kejadian yang saya alami...dimana ketika membeli PC jangan lupa meminta drivernya dalam bentuk kepingan CD.

Mengapa begitu penting setiap driver PC/laptop dalam bentuk kepingan CD?, karena aman dari serangan virus, virus tidak akan bisa menginfeksi file-file yang ada dalam CD tersebut. 

File-file driver yang ada dalam hardisk saya semua terinfeksi virus. Akhirnya setiap saya install ulang windows, saya harus install driver untuk VGA dan soundnya. Ketika saya install driver tersebut, maka file-file system windows xp di PC saya secara otomatis terinfeksi.

File-file system yang terinfeksi yang bisa saya share adalah:
RUNDLL32.EXE, MSIEXEC.EXE, CTFMON.EXE, SOUNDMAN.EXE (dari driver), IGFXTRAY.EXE (dari driver), SVCHOST.EXE, EXPLORE.EXE dan lucunya IEXPLORE.EXE juga kena lho :-D Cuma itu yang saya temukan, mungkin masih ada lagi file-file system yang terinfeksi namun tidak dapat saya temukan...maklum saya bukan pakar dibidang IT yang bisa membedah-bedah file-file system. Mana yang virus/trojan, mana yang file system yang terinfeksi saya tidak tahu, karena semua sudah menyatu disatu folder, yaitu difolder system32

Melalui proses yang cukup rumit (dengan cara manual), saya berhasil menyadarkan Kaspersky tersebut dari tidur panjangnya dan proactive defensenya pun dapat saya pulihkan. Wah...senang rasanya bisa mengalahkan virus dan trojan tanpa bantuan antivirus hehehehe dan kwkwkwkwkw :-D.

Kegembiraan itu tidak berlangsung lama, karena itu waktu pakai windows xp service pack 1. Kejadian yang sama terulang lagi ketika saya menggunakan windows xp service pack 3.

Yang ini lebih gawat lagi, karena kerja processor betul-betul dihantam. File system yang diinfeksi sama, persoalannya saya tidak menemukan trojan/virus yang menginfeksinya.

Mungkin karena sudah begitu parahnya, ada file system yang crash sehingga ketika PC dinyalakan dari awal, windows xp tidak bisa lagi dimasuki (dengan kata lain, komputer restart). Capek, rasanya ga terima karena harus install lagi semuanya dari awal...pengen rasanya maki-maki langsung orang yang bikin virus/trojan tersebut. Tapi dengan berat hati harus mengerjakannya lagi dari awal.

Sejumlah strategipun saya susun dari awal sebelum install windows. Ketika windows telah terpasang, yang pertama saya lakukan adalah menginstall Kaspersky lebih dahulu, driver dan software lainnya belakangan. Kaspersky saya setting dilevel maksimum, fitur proactive defense semua dicentang (active analyzer, integrity control dan registry guard dicentang). Dengan sedikit yakin dan tersenyum sinis berharap kejadian yang tak enak tak terulang lagi.

Merasa yakin sudah aman, langkah selanjutnya menginstall software-software penting seperti MS OFFICE, Adobe, bla bla bla yah yang standarlah yang prioritas dulu. Kenapa itu dulu saya install daripada driver?, karena saya pikir setelah saya install software2 tersebut maka ketika install driver, trojan tersebut tidak akan tahu dan tidak akan membaca software yang diinstall sebelumnya, saya beranggapan cara kerja virus/trojan yang selama ini menyerang PC saya bekerja seperti antivirus, yang men-scan satu persatu file-file yang di install pada PC saya kemudian menginfeksinya.

Setelah saya pikir aman, maka saya install driver. Memang aman karena setiap ada sesuatu yang hendak melakukan perubahan pada system, maka Kaspersky secara otomatis melaporkannya pada saya. Tinggal memilih, terminate, skip, deny atau allow?, jika mencurigakan tinggal terminate atau deny saja.

Setelah driver selesai di install dan membutuhkan restart untuk melihat efek/hasilnya, tidak ada lho masalah. Resolusi layar telah sempurna, suara telah keluar, berarti sudah aman pikirku. Ketika saya install browser Mozilla Firefox dan download plugin shockwave flash, tiba-tiba Kaspersky mengeluarkan peringatan tanda bahaya dan seketika itu juga Kaspersky dilumpuhkan.

Saat itu, emosiku benar-benar memuncak, tapi tak bisa teriak karena takut semua tetangga bangun (maklum sudah jam 1 pagi lewat berapa menit). Didalam hatiku cuma bisa mengumpat dengan kata-kata kotor buat orang yang bikin virus/trojan yang membuat Kaspersky ku lumpuh lagi.

Awalnya ku pikir plugin tersebutlah biang keroknya, namun belakangan ku tahu bukan itu penyebabnya. Dalang dari semua ini bukanlah virus/trojan yang dibuat oleh orang yang amatiran. Kejadian dari Windows XP service pack 1 sampai Windows XP service pack 3 yang menyebabkan semua antivirus yang ku install lumpuh semua ternyata biang keroknya adalah Windows XP itu sendiri. Didalam CD installer Windows XP service pack 3, ada file yang mampu melumpuhkan antivirus Kaspersky dan antivirus lainnya. File ini ketika discan menggunakan antivirus manapun tidak akan terdeteksi sebagai virus karena ia termasuk file system.

Ada manfaat yang saya ambil dari kejadian ini, dimana kita/saya tidak boleh menuduh pihak-pihak luar sebagai biang kerok ketika terjadi persoalan seperti ini. Saya menyadari ada benarnya istilah yang mengatakan duri dalam daging. Sungguh picik cara Microsoft, ingin menjatuhkan produk orang lain agar produknya laris. Mereka ingin agar orang-orang menganggap antivirus manapun atau buatan orang lain diluar microsoft tidak mampu melakukan itu. 

Saya salut dengan antivirus Kaspersky, ia mampu tetap hidup di kandang singa meskipun ia terengah-engah dan diobok-obok sama sistem itu sendiri. Sungguh tak terpuji cara microsoft, bikin produk namun menyusahkan pengguna. Saya sempat berpikir, apakah microsoft sengaja agar semua orang beralih menggunakan versi Windows terbaru?. Tetapi maaf, itu tidak berlaku buat saya.

Mungkin di dunia ini tidak sedikit yang mengalami kejadian seperti yang saya alami. Namun saya tidak mau membeberkan file apa yang menjadi biang kerok mengapa Kaspersky tidak dapat eksis di Windows XP service pack 3. Mengenai driver saya terinfeksi itu adalah benar, namun masih dapat saya ditangani sendiri dengan bantuan Kaspersky. Bertahan atau beralih ke versi selanjutnya?, itu semua tergantung Anda. Good Luck for hunting trojan.

 ~END~

A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]