Jumat, 16 Desember 2011

Tips menjaga agar PC Anda tetap stabil kinerjanya




Tidak terlalu sulit sebenarnya merawat PC agar awet dan tidak rewel, sebenarnya tak banyak yang dituntut dari kita. Namun semuanya itu tergantung dari kita sendiri sebagai pengguna, maukah kita peduli?. Kebanyakan dari kita saya yakin tak perduli alias taunya cuma pakai doang.
Disini yang akan saya bahas bukan mengenai itu, namun untuk mempertahankan kinerja PC agar tetap stabil. Menurut Anda mungkin tulisan ini sudah umum dan basi, karena sudah banyak yang membuat tulisan seperti ini. Tunggu dulu, jangan langsung beralih dari halaman ini. Disini akan saya sampaikan secara masuk akal agar Anda mengerti bagaimana PC bekerja meskipun Anda bukanlah orang IT dan seseorang yang mengerti secara teknis mengenai sparepart/komponen PC. Atau jika Anda ingin keluar dari halaman ini...silahkan, yang pasti Anda akan rugi karena tak membaca sesuatu yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Bukan cuma manusia saja yang butuh diperhatikan, komputer juga demikian. Jika manusia berfikir menggunakan otak, komputer juga demikian, ia berpikir menggunakan prosesornya. Jika otak kita panas maka kita akan susah berpikir (susah berfikir atau malas berfikir ya???), benarkan begitu?. Begitu juga dengan komputer, jika prosesornya menjadi panas dan terus bertambah panas, maka ia semakin lambat berpikir alias semakin lambat bekerja ketika digunakan (kata yang sering terlontar oleh teman sekantor saya begini kira-kira...kok lemot amat sih komputer gue? hehe :-D).

Komputer yang saya gunakan pada saat membuat tulisan ini bukanlah komputer yang menggunakan prosesor intel core, saya masih menggunakan prosesor klasik alias prosesor intel pentium. Namun pada saat saya menjalankan beberapa program, kinerjanya tetap lancar. Saya rajin update software, tau sendirikan jika program telah diupdate maka ketika program itu berjalan program tersebut akan semakin banyak memakan memori dan kerja prosesor?, atau Anda tak percaya mengenai hal tersebut?, atau maksud Anda meskipun software telah diupdate maka memori yang digunakan masih sama dengan ketika Anda belum mengupdate software tersebut?. Anda bisa cek sendiri di kerja prosesor Anda di taskmgr, pilih tab processes...lihat juga naik turunnya grafik di tab performance.

Itulah indahnya prosesor, dari butiran pasir namun ketika sudah menjadi sebuah prosesor maka ia mampu mengalahkan kecepatan 200 bahkan 1000 otak manusia ketika bekerja secara bersamaan. Cuma 1 kelemahan prosesor, yaitu ketika ia panas maka ia akan menjadi lambat dan lama-lama akan menjadi lambat sekali.

Produsen/pabrikan pembuat komputer sebenarnya tahu masalah ini, namun mereka sengaja agar bagaimana caranya bisnis tetap berjalan secara kontiniu. Jika komputer tidak akan pernah rusak, maka siapakah yang akan membeli spare partnya?.

Jangan terlalu mengikuti standar pabrikan, kadang kala dituntut kreativitas kita sendiri memikirkan solusi agar bagaimana suhu prosesor tersebut bisa lebih stabil atau bisa dikurangi (tetapi janganlah pula komputer tersebut justru menjadi rusak). Teknik yang saya gunakan untuk menstabilkan suhu prosesor adalah menambahkan sebuah kipas pendingin. Karena kalau dipikir-pikir, jika prosesor hanya mengandalkan 1 buah kipas ditambah aluminium untuk pendinginnya sebenarnya sudah oke sih, namun berdasarkan pengalaman saya menggunakan komputer setelah beberapa jam kerja komputer semakin lambat. Oleh karena itu saya coba bereksperimen dengan menambahkan 1 buah kipas pendingin yang diletakkan didalam CPU.

Saya tidak menganjurkan agar Anda menempatkan kipas tambahan dengan memodifikasi yang sudah ada, itu tidak baik. Cari tempat dimana kipas tersebut bisa diletakkan, yang penting masih dekat dengan prosesor. Usahakan agar hisapan kipas tersebut maksimal, sehingga panas yang ada di ruang lingkup CPU bisa disedot secara cepat...sehingga panas yang dihasilkan oleh kerja prosesor dan komponen lainnya bisa seimbang dan distabilkan. Sebenarnya ketika tangan Anda merasakan udara panas yang dikeluarkan dari kipas power supply, itu bisa jadi kebanyakan panas yang dihasilkan oleh komponen power supply itu sendiri. Pertanyaannya adalah, "kemanakah udara panas yang disedot kipas prosesor tadi?", menurut saya sebagian besar panas tersebut di alirkan kebenda-benda ferrit yang berada disekitar komponen elektronik dan prosesor tersebut, dan ferrit melepaskan panas keatmosfir secara perlahan-lahan.
Bayangkan saja dan jumlahkan panas ketika komputer dinyalakan. Prosesor mengeluarkan panas, hardisk mengeluarkan panas, power supply mengeluarkan panas dan IC-IC serta komponen lainnya yang menempel di papan mother board juga mengeluarkan panas.

Coba Anda matikan putaran kipas prosesor ketika prosesor tersebut masih bekerja, dan tempelkan tangan Anda dibagian apa saja yang mengantarkan panas (contohnya casing yang dekat dengan prosesor tersebut)...saya jamin tangan Anda bisa dibakar hahahahaaa...karena saya sendiri pernah mengalaminya, untung saja prosesor saya tidak rusak (itu terjadi ketika saya mainten PC, ternyata salah satu kabel menempel di sudu-sudu kipas, sehingga kipas menjadi macet).

Ketika saya tambahkan sebuah kipas, kecepatan komputer saya tetap stabil. Kemana arah panas tersebut saya alihkan?, panas tersebut saya tembakkan ke casing. Artinya disini adalah bagaimana caranya kita mampu memindahkan panas dari komponen vital tersebut kemedia lain secara cepat. Untuk arus kipas tersebut, saya ambil dari salah satu arus kabel yang menganggur, saya gunakan yang si 5 volt (warna merah). Kipas pendingin (cooling fan) biasanya banyak dijual ditoko elektronik, kalau ga salah harganya 5 ribu atau 10 ribu an.

NB: Jangan terlalu banyak kipas Anda buat untuk mendinginkan CPU Anda, bisa-bisa IC power supply Anda yang jebol. Cukup 1 saja itupun sudah sangat bagus sekali.

Kini komputer saya enak sekali digunakan, berbeda dengan sebelum saya menambahkan sebuah kipas. Selain tips diatas, cara saya untuk mengoptimalkan kerja komputer sangatlah sederhana, saya rajin defrag hardisk dan melakukan cleanup (membersihkan file-file yang tidak begitu penting). Mengapa defrag itu penting?, karena ketika kita men-defrag hardisk, maka file-file yang tersimpan dihardisk disusun ulang agar lebih rapih lagi peletakannya, sehingga ketika kita ingin membuka/mengeksekusi sebuah file, maka prosesor tidak terlalu lama untuk mencari dan menjalankannya.

Saat ini prosesor dikepala saya sudah panas sekali, saatnya untuk didinginkan hehe :-D. Sederhanakan penyampaian saya mengenai artikel ini?
~END~
A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]