Minggu, 05 Mei 2013

9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang

Setelah punya anak, kita mungkin baru bisa menghargai seribu satu nasehat yang dulu diberikan oleh para ibu kita. Mulai dari omelannya agar kita selalu duduk tegak, tidak membungkuk sehingga postur tubuh jadi oke, sampai kebiasaan makan malam keluarga yang selalu beliau tegakkan. Tapi, ada juga sih nasehat-nasehat yang tidak diturunkan ke generasi selanjutnya. Yuk, bedakan sama-sama.

Mama selalu bilang "Makan yang banyak dong! Nanti kelaparan, lho"
Mungkin iya, tapi tidak dirumah Anda. Lomba menghabiskan makanan dipiring sekarang sudah tidak diperlukan lagi. Justru anak-anak harus diberi kesempatan untuk berhenti makan sesuai nafsu makannya sendiri, bukan karena "petunjuk-petunjuk eksternal" seperti piring yang masih penuh, ujar Marilyn Tanner-Blasiar, R.D., seorang pakar diet anak di Washington University School of Medicine. Hal ini membantu mereka mengenali kapan mereka lapar dan kenyang. Ketika keterikatan tersebut hilang, resiko kegemukan pun meningkat. Tapi bukan mama namanya kalau tidak selalu khawatir tentang makanan anak-anak, kan? Tenang saja Ma, selama Anda memberi makanan yang sehat kepada anak-anak dan membiarkan mereka makan jika lapar dan berhenti saat kenyang, sudah cukup kok.

Mama selalu bilang "Musiknya terlalu keras"
Mungkin memang benar. Jika anak Anda tak pernah bisa lepas dari portable music player nya, kemungkinan besar ia akan menderita kehilangan pendengaran di masa depan, kata Craig Derkay, M.D., Profesor otolaryngology dan dokter anak di Eastern Virginia Medical School. Jika ia memang suka musik keras, minta ia untuk berhenti setiap 20 menit agar telinganya bisa beristirahat. Bisa juga Anda membelikannya headphone yang bisa meredam bunyi di luar sehingga ia tak tergoda untuk semakin meningkatkan volume.

Mama selalu bilang "Jangan membaca dalam gelap!"
Nasehat yang cerdas. Menonton TV dalam gelap/kurang cahaya bisa menimbulkan tekanan pada mata, begitu juga dengan membaca dengan cahaya minim, Cathy Doty O.D., dokter spesialis mata anak di New Bern, North Carolina, menjelaskan. Dan jika anak-anak melakukannya terus-menerus dalam jangka waktu lama (seperti si kutu buku kecil yang sering diam-diam meneruskan membaca dengan senter di balik selimutnya), kemampuan pandangnya bisa mengabur, dan ia sakit kepala. Memang gejala-gejala ini bisa hilang dengan istirahat, namun kebiasaan ini bisa mempercepat terjadinya rabun dekat terutama pada anak-anak yang secara genetik mewarisi kondisi ini, ujar Doty. Untuk mencegahnya, pastikan anak-anak membaca dengan cahaya lampu yang mencukupi. Mintalah mereka menjaga jarak pandang dengan buku (dan layar komputer) sepanjang lengan, serta sering-seringlah istirahat dari kegiatan tersebut.

Mama selalu bilang "Jangan cemberut, nanti kulit mukamu cepat keriput, lho..."
Iya, memang Anda bisa keriput. Mengernyitkan alis berjuta kali selama hidup Anda akhirnya memang dapat menghasilkan satu atau dua garis keriput, sama seperti tertawa. Tidak ada cara untuk menghindarinya dan percuma saja mencoba: otot-otot di wajah kita bergerak mengekspresikan emosi. Dan tanpa otot-otot tersebut, kita tidak bisa makan, minum, tersenyum atau memberi kecupan. Cara terbaik melindungi kulit di wajah, tangan dan badan anak-anak? Pakaikan mereka tabir surya dan terus anjurkan hal-hal sehat yang telah Anda lakukan: Cobalah makan sayuran, tetap berlari-larian dan bermain di luar, dan yang paling penting, bersenang-senanglah!

Mama selalu bilang "Duduk dengan tegak!"
Betul sekali. Duduk tidak tegak memberikan tekanan pada leher, pundak dan punggung, dan menghalangi paru-paru untuk benar-benar terisi. Tetapi terus-terusan mengomeli si kecil tentang postur tubuhnya mengesalkan juga. Sebaiknya, usahakan agar anak-anak selalu aktif, ujar Patrice winter, terapis fisik dan asisten profesor di George Mason University. Hal ini akan memberikan kekuatan pada otot tubuh yang bisa membantu agar posturnya lebih tegak, dan Anda tak perlu ngomel-ngomel.

Mama selalu bilang "Jangan duduk terlalu dekat ke televisi, nanti matamu rusak"
Sebenarnya tidak. Menurut American Optometric Associations, mata anak-anak tidak akan rusak walaupun mereka menonton TV dengan hidung menempel ke layar kaca sekalipun. Namun, menonton sedekat itu bisa menimbulkan tekanan pada mata, yang bisa mengakibatkan sakit kepala.

 Menonton terlalu dekat

Tekanan pada mata memang tidak merusak penglihatan, namun tentu tidak nyaman rasanya. Untuk kegiatan menonton TV yang lebih sehat, mintalah anak-anak untuk tidak menonton dalam ruangan yang gelap gulita, kontras tajam antara ruangan gelap dan layar televisi dapat memperparah tekanan pada mata. Minta juga mereka untuk duduk dengan jarak sekitar 300 sentimeter. Tapi tunggu dulu. Jika anak Anda terus-terusan menonton televisi dari jarak dekat, mungkin saja ia tidak bisa melihat dengan jelas. Minta ia untuk mundur sedikit dari televisi dan jika ia masih juga belum bisa melihat layar dengan jelas, periksakan matanya.

Mama selalu bilang "Jangan lupa sarapan!"
Turunkan nasehat ini. Tak perlu diragukan lagi, sarapan adalah waktu makan terpenting. Penelitian telah membuktikan bahwa anak-anak yang sarapan di pagi hari mempunyai kinerja lebih baik di sekolah. Dan juga, banyaklah makan makanan yang mengandung sumber kalsium, zat besi dan serat. Jika anak anda susah dibujuk untuk sarapan, variasikan menunya dan hias rotinya dengan bentuk wajah-wajah yang lucu.

Mama selalu bilang "Kita harus makan malam bersama karena kita adalah keluarga!"
Ada benarnya, lho. Anak-anak cenderung makan makanan yang lebih seimbang ketika seluruh keluarga makan bersama, ujar Kathleen Burklow, Ph.D., psikolog klinis di Cincinnati. Dan makan malam bersama adalah momen sangat bagus untuk saling mendekatkan diri. Jangan stres jika Anda tidak bisa melakukannya setiap malam, maksimalkanlah waktu yang Anda miliki. Jika pertanyaan-pertanyaan Anda selalu ditanggapi dengan singkat, minta mereka untuk menanyakan kegiatan Anda hari itu. Atau pikirkan sebuah pertanyaan spesifik yang bisa dijawab oleh semua anggota keluarga, seperti "Apa yang membuatmu tertawa hari ini?" atau "Apa hal terbaik yang kamu lakukan hari ini?" Banyaknya jawaban yang Anda dapatkan akan membuat Anda terkejut.


Keyword: tips menasehati anak | nasehat-nasehat buat anak | nasehat yang baik | cara menasehati anak | bagaimana menasehati anak
A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]