Tunggu sebentar!

Selasa, 04 Juni 2013

Cara mengatasi suami yang overprotektif

Dalam kehidupan berumah tangga, suami yang melindungi istri merupakan hal yang wajib. Namun, persoalan muncul apabila suami terlalu berlebihan melindungi istri sehingga terkesan overprotektif yang membuat istri merasa tidak nyaman hingga terganggu atas sikap melindungi. Lalu, bagaimana sebaiknya sang istri menyikapi perilaku suami tersebut?

Sifat overprotektif merupakan sifat alamiah manusia yang sudah terbentuk sejak bayi, hingga usia 2-3 tahun. Seiring waktu, perkembangan kepribadian manusia dari masa kanak-kanak hingga dewasa akan terus bergerak dan berubah.

Biasanya orang yang punya sifat protektif, dimasa kanak-kanaknya selalu mau menjaga barang yang dimilikinya secara berlebihan. "Dalam situasi hubungan keluarga antara kakak dan adik, mungkin sang adik selalu dimenangkan terhadap kakaknya atau sebaliknya. Hal tersebut dapat menjadi penyebab seseorang bersifat posesif dalam hubungannya kelak", ungkap Viera Adella, pengajar dari Fakultas Psikologi Universitas Katolik Atmajaya, Jakarta.


Ditambahkan Viera, orang yang memiliki kepribadian posesif cenderung akan overprotektif. Karena sifat overprotektif merupakan sifat yang sudah ada dalam diri manusia. Overprotektif merupakan orang yang cenderung merasa apa yang menjadi haknya itu tidak boleh dimiliki oleh orang lain. "Perkembangan kepribadian manusia dari kecil hingga dewasa bergeraknya dari 'apa yang kumau' ke 'apa yang orang lain mau' atau bisa dikatakan dari egois ke 'mau berbagi'", tutur Viera.

Biasanya yang menjadi penyebab seseorang overprotektif karena terdapat krisis dalam dirinya. Krisisnya adalah rasa takut kehilangan, yang biasanya muncul dari rasa cemas yang berlebihan. Tidak hanya itu, krisis juga bisa muncul pada saat seorang pria telah menjalin hubungan dengan seorang wanita, tetapi ternyata seorang wanita itu adalah orang yang sangat ia sukai dan diharapkan. Namun, ternyata wanita tersebut memiliki banyak pengagum sehingga muncul perilaku posesif.

Kenali pasangan. Menghadapi karakter pasangan yang overprotektif, komunikasi menjadi hal yang paling penting. Karena itu, sebelum memasuki fase pernikahan, hal ini bisa ditelusuri semasa pacaran. Pengenalan semasa pacaran ini sangat penting untuk mengetahui karakter pasangan. Mengajak ngobrol lebih dalam untuk mengetahui sifat overprotektif pasangan. "Kalaulah dalam pacarannya dia tahu bahwa pasangannya merupakan orang yang overprotektif, dan tidak punya kemampuan untuk meng-handle-nya, pilihannya hanya dua, pertama belajar untuk mengenali, kedua dengan memilih mencari yang lain", terang Viera.

Sementara itu, menurut Mira Damayanti Amir Psi, konselor dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia bahwa sifat overprotektif biasanya telah terdeteksi sejak pacaran. "Pasangan yang overprotektif bisa diketahui ketika kita menjalani masa pacaran, kita bisa mengenal semua sifat pasangan", ungkap wanita yang murah senyum ini.

Umumnya sikap ini berpotensi muncul diawal-awal masa pacaran sebagai bentuk usaha untuk memaknai rasa "saling memiliki". Trauma atau pengalaman buruk di masa berpacaran sebelumnya dapat memicu muncul dan berkembangnya sikap overprotektif. Misalnya, pengalaman dikhianati atau ditinggal selingkuh pasangan. Karenanya, menjadi overprotektif dengan harapan pengalaman traumatis di masa lalu tidak berulang kembali.

Kesenjangan yang mencolok antarpasangan dapat pula memicu sikap overprotektif. Misalnya, seorang pria yang tampilannya biasa saja, namun memiliki pacar yang cantik jelita. Hal tersebut dapat memunculkan pemikiran-pemikiran yang negatif akan pasangannya, seperti banyak pria tampan yang pasti naksir pacarnya. Karenanya, semampu mungkin akan membatasi pacarnya sedemikian rupa sehingga tidak akan berpaling dari dirinya yang biasa saja. Dalam kaitan dengan gender, kaum pria cenderung overprotektif, manakala merasa lebih dibanding pasangannya, sehingga merasa memiliki hak untuk mengatur pihak perempuan.

Nah, jika sifat overprotektif ini tidak dibatasi saat masih pacaran, akan berlanjut saat menikah. Beberapa tanda seorang suami yang overprotektif antara lain:

  1. Bersikeras mengetahui keberadaan pasangan. Tanda yang paling jelas dari suami yang overprotektif adalah selalu ingin mengontrol hidup istri. Jika ia tidak dapat menghubungi istri melalui telepon, ia akan menginterogasi istri untuk mendapatkan jawaban rinci.
  2. Menghubungi berkali-kali. Ia akan menghubungi istri berkali-kali dalam sehari hanya untuk memastikan bahwa istri baik-baik saja. Tentu saja ini bisa mengganggu, apalagi bila ia sampai mengirim SMS ataupun menelepon bertubi-tubi, padahal istri sedang bertemu klien atau meeting di kantor. Lama kelamaan, tentu istri tidak merasakan hal ini sebagai perasaan cinta. Sikap overprotektif bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman.
  3. Menganggap istri adalah teman satu-satunya. Baginya, istri adalah segalanya. Suami juga menuntut istri berlaku demikian. Semua hal yang dilakukan harus dilalui berdua. Lama kelamaan, hal ini tentu bisa membuat istri sulit bergerak. Jika istri merencanakan jalan-jalan dengan teman-teman atau sekedar memanjakan diri, si dia akan menafsirkan bahwa istri mengabaikannya. Ia akan marah dan mungkin akan membuat istri merasa serba salah.
  4. Selalu mengatur dalam segala hal. Seorang wanita membutuhkan ruang untuk bisa melakukan banyak hal, dan yang terpenting adalah saat berbusana. Tapi, pria overprotektif akan selalu ingin mengatur soal urusan pakaian pasangannya.
Jadi sikap overprotektif tidak hanya terjadi saat pacaran, tetapi bisa terjadi setelah menikah. Biasanya hal ini terjadi karena suami merasa perilaku istri yang berubah (misalnya, istri yang mulai kurang memperhatikan suami, atau ada indikasi istri berselingkuh), ungkap Mira.

Karena itu, sikap overprotektif suami tidak selalu negatif, selama istri memahami bahwa kepedulian yang dilakukan suami demi kebaikan bersama. Dibawah ini adalah tips untuk meminimalisir sifat overprotektif suami:
  1. Jalin komunikasi yang baik. Ini merupakan kunci sukses dalam sebuah hubungan. Dan ternyata, komunikasi juga merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan sifat overprotektif. Komunikasi juga dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman antara anda dan pasangan.
  2. Percaya pasangan. Belajarlah untuk memberikan kepercayaan terhadap istri. Apa artinya sebuah hubungan tanpa didasari rasa kepercayaan? apapun yang dilakukan selalu dicemburui, dicurigai. Terkadang sifat overprotektif timbul karena kita tidak bisa mempercayai pasangan.
  3. Hukuman atau ancaman. Misalnya dengan ancaman bila tidak berubah maka sang istri akan pergi meninggalkan pasangan.


Keyword: mengatasi suami yang overprotektif | mengatasi pasangan yang overprotektif | ciri-ciri overprotektif | dampak overprotektif | mengatasi overprotektif

A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]