Kamis, 06 Juni 2013

Vertigo bisa sebabkan stroke

Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan sakit kepala. Akan tetapi pernahkah Anda mengalami sakit kepala disertai rasa mual, seolah-olah berputar, pandangan terasa berat dan bahkan hilang keseimbangan? Bila demikian, Anda patut curiga terserang penyakit vertigo yang juga dapat membuat pingsan penderitanya. Lantas, apa sebenarnya vertigo? Berbahayakah?

Istilah vertigo biasa dikenal oleh orang awam sebagai penyakit pusing tujuh keliling. Kata vertigo berasal dari bahasa Latin, yaitu vertere, yang dalam bahasa Indonesia berarti ketidakmampuan tubuh untuk menjaga keseimbangan yang disebabkan adanya sensasi berputar antara diri dengan lingkungan atau sebaliknya.


Menurut dr. Fritz Sumantri Usman Sr.SpS.,FINS, Neurologist dan Interventional Neurologist dari RSUP Fatmawati, vertigo dibagi menjadi dua, yaitu: vestibular dan non vestibular. Vestibular adalah vertigo yang timbul sehingga menyebabkan gangguan keseimbangan yang ada dalam telinga hingga batang otak (contohnya, tubuh serasa oleng). Sementara non vestibular adalah vertigo yang timbul akibat gangguan organ-organ keseimbangan seperti mata dan otak kecil (contohnya pandangan menjadi kabur).

Senada dengan de. Fritz, dokter spesialis syaraf dari Rumah Sakit Medika Permata Hijau, dr. Nadia Husein, SpS mengatakan bahwa penyakit vertigo disebabkan karena gangguan keseimbangan telinga bagian dalam (vestibular) atau bisa juga gangguan keseimbangan pada otak. Pada kondisi umum, vertigo yang menimbulkan ilusi gerak atau sesuatu yang berbayang yang disebabkan oleh gerakan kepala bila diputar ke kiri atau ke kanan secara mendadak termasuk sebagai vertigo ringan.

Gejala. Anda perlu waspada pada gejala penyakit vertigo. Misalnya penderita akan merasakan sensasi gerakan seperti berputar, mual dan perasaan ingin muntah, gerakan mata yang abnormal, muncul keringat dingin, serta mengalami kesulitan berjalan karena efek sensasi gerakan berputar yang ditimbulkan.

Secara garis besar, terdapat beberapa jenis vertigo berdasarkan penyebabnya. Yakni, vertigo epilepsi yaitu pusing yang mengiringi atau terjadi sesudah serangan ayan atau kliyengan. Vertigo laryngea yaitu pusing karena serangan batuk. Vertigo nocturna yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur. Vertigo ocularis yaitu pusing karena penyakit mata khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kagiatan otot-otot bola mata. Vertigo rotatoria yaitu pusing dan seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.

dr. Fritz menambahkan, benign paroxsymal positional vertigo merupakan jenis vertigo yang sering terjadi di Indonesia, yang terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Biasanya terjadi akibat perubahan posisi kepala (misalnya ketika penderita berbaring, bangun, berguling di atas tempat tidur atau menoleh ke belakang). "Tiba-tiba bangun tidur langsung pusing. Bila posisi penderita sering tidur miring ke kiri, maka saat berbalik ke arah kanan, maka akan timbul rasa pusing. Begitu juga sebaliknya", ujar dr. Fritz.

Vertigo jenis ini dinilai mengerikan karena sifatnya yang berkelanjutan, akan tetapi tidak berbahaya karena akan hilang dengan sendirinya, dalam beberapa minggu atau bulan dan tidak dapat menimbulkan penyakit berbahaya, seperti stroke. Gangguan ini tidak disertai hilangnya pendengaran dan telinga berdenging. "Yang ditakutkan adalah vertigo yang terjadi karena aliran darah ke otak kecil terganggu. Ada penyempitan dipembuluh darah sehingga otak kecil kurang mendapatkan suplai darah. Itu bisa bahaya jika tidak ditangani serius bakalan pusing terus menerus dan menimbulkan stroke", tutur dr. Fritz.

Pemasangan Cincin. Untuk menghindari terkena penyakit stroke, lakukan pemeriksaan dini dengan mengecek pembuluh darah yang menuju ke otak. Apakah terdapat penyempitan atau tidak. Jika ditemukan penyempitan, dokter biasanya merekomendasikan untuk melakukan tindakan pemasangan cincin atau stent. Pembuluh darah yang mengalami penyempitan lebih dari 50%, wajib dipasangi cincin. Pemasangan cincin tergantung dari pembuluh otak mana yang akan dipasang. Setelah cincin dipasang, otomatis pembuluh darah dilebarkan kembali dan secara perlahan vertigo akan berkurang, bahkan menghilang. Risiko efek samping pasca-pemasangan juga sangat kecil dan pelaksanaan pemasangan cincin memakan waktu hanya satu sampai dua jam.

Akan tetapi, apabila penyempitan kurang dari 50%, biasanya dokter akan memberikan obat-obat tertentu. Perlu diingat bahwa pemberian obat bukan untuk menghilangkan penyempitan, melainkan untuk melancarkan peredaran darah menuju otak agar relatif lebih lancar. Karen aliran darah menuju otak tidak akan bisa lancar 100%. Penyempitan pembuluh darah tidak bisa dihilangkan hanya menggunakan obat dan tidak ada obat yang dapat mengikis penyempitan pembuluh darah dalam otak.

Sebelum cincin dipasang dokter biasanya akan melakukan kateterisasi otak. Mekanismenya adalah sebuah kateter dimasukkan ke dalam arteri. Kateter tersebut akan menunjukkan atau mendeteksi apakah terjadi penyumbatan dalam pembuluh darah di otak atau tidak. "Pemeriksaan dengan CT-Scan atau MRI tidak cukup dan harus dilakukan kateterisasi otak", kata dr. Fritz.

Pencegahan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu dr. Nadia menyarankan agar melakukan pengaturan diet dengan mengonsumsi makanan rendah garam, mengubah gaya hidup dengan mengurangi stres, menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol, tidak merokok, rajin berolahraga dan bila memang sudah terdeteksi mengidap penyakit vertigo, sebaiknya rutin mengonsumsi obat yang diresepkan dokter secara teratur.


Keyword: vertigo | gejala vertigo | jenis-jenis vertigo | cara mengatasi vertigo | penyebab vertigo | efek vertigo
A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]