Minggu, 20 Desember 2015

Membuat Logo VW Menggunakan Adobe Photoshop CS

Membuat Logo VW Menggunakan Adobe Photoshop CS. Tutorial kali ini kita akan membuat sendiri logo mobil VW. Fitur dan efek yang dipergunakan pada tutorial ini lebih beragam, dengan harapan selain memperkenalkan penggunaan dari fasilitas tersebut juga dengan harapan untuk memperoleh hasil yang lebih photorealism.

1. Buka Adobe Photoshop CS. Pada menu bar, pilih File > New. Kemudian pada kotak dialog New, tentukan Name = Logo VW, Width = 500 pixels, Height = 500 pixels, Resolution = 72 pixel/inch, Color Mode = RGB 8 bit, dan Background Content = White. Pada palet Layer, klik-ganda layer Background untuk melepaskan kunci Layer. Klik Enter pada kotak dialog yang muncul. Tekan D untuk me-reset warna foreground dan background. Tekan Alt+Delete untuk memberi warna hitam sebagai latar belakang. Pada palet Tool, klik dan tahan icon Rectangular Marquee Tool untuk membuka fly out Marquee Tool, kemudian pilih Elliptical Marquee Tool.

Menggambar Logo VW

2. Shift dan drag untuk membuat seleksi berbentuk lingkaran sempurna dengan ukuran diameter kira-kira 300 pixels. Ganti warna Foreground menjadi RGB (115, 157, 205) dan warna Background menjadi RGB (0, 51, 102). Pada menu bar klik icon Gradient. Perhatikan pada option bar, pastikan Gradient Type = Foreground to Background dan Gradient Mode = Radial Gradient. Buat layer baru dan beri nama Latar. Klik dan drag pada area seleksi dari kiri atas ke kanan bawah untuk membuat gradasi warna pada layer Latar.

Menggambar Logo VW

3. Tekan CTRL+ALT+SHIFT+N untuk menambahkan layer baru. Ganti nama layer menjadi Ring. Pada menu bar, pilih Edit > Stroke. Pada kotak dialog Stroke, tentukan Width = 12 px, Color = RGB (153, 153, 153), Location = Center, Mode = Normal, dan Opacity = 100%. Klik OK.

Menggambar Logo VW

4. Tekan CTRL+ALT+SHIFT+N untuk menambahkan layer baru. Ganti nama layer menjadi Ring. Pada menu bar, pilih Edit > Stroke. Pada kotak dialog Stroke, tentukan Width = 12 pixels, Color = RGB (153, 153, 153), Location = Center, Mode = Normal, dan Opacity = 100%. Klik OK. Pada beberapa langkah berikut Anda akan mempersiapkan beberapa buah guide line. Penggunaan guide line pada tahap ini akan sangat membantu pada proses desain berikutnya.

5. Pada menu bar, pilih View > Ruler. Anda juga dapat menggunakan CTRL+R sebagai shortcut untuk menampilkan ruler. Jendela dokumen menampilkan mistar pada tepi kiri dan atas. Pada menu bar, pilih View > Snap untuk mengaktifkan perintah snap. Pada palet Layer, pastikan layer Latar dalam keadaan terpilih. Tekan CTRL+T. Klik pada mistar vertikal, kemudian drag pointer hingga snap ke tengah-tengah lingkaran biru. Jika perintah Transform (CTRL+T) tidak diaktifkan, Anda tidak bisa snap tepat ke tengah lingkaran. Dengan metode yang sama, tambahkan guide line horizontal tepat di tengah lingkaran. Perhatikan gambar berikut.

Menggambar Logo VW

6. Tekan Escape (Esc) untuk keluar dari mode Free Transform. Pada palet Tool, aktifkan Elliptical Marquee Tool. CTRL+ALT+SHIFT+DRAG tepat dari perpotongan guide line ke arah luar untuk membuat seleksi lingkaran yang baru. Perhatikan gambar berikut.

Menggambar Logo VW

7. Tekan CTRL+ALT+SHIFT+N untuk menambahkan layer baru. Ganti nama layer menjadi Ring Putih. Pada menu bar, pilih Edit > Stroke. Pada kotak dialog Stroke, tentukan Width = 10 pixels, Color = putih, Location = Center, Mode = Normal, dan Opacity = 100%. Klik OK.

Menggambar Logo VW

8. Tahap berikutnya adalah menambahkan teks logo VW ke dalam Cincin Putih. Pada beberapa langkah berikut Anda akan menambahkan tiga buah huruf V yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi teks logo VW. Anda bebas menggunakan jenis font apa saja yang dianggap mirip. Namun sebagai informasi, teks logo VW pada tutorial ini dibuat dengan menggunakan font Lucida Sans Unicode. Tekan CTRL+ALT+SHIFT+N untuk menambahkan layer baru. Ganti nama Layer menjadi V.

Pada palet Tool, klik icon Horizontal Type Tools untuk mengaktifkannya. Ketik V untuk menambahkan teks V. Pada menu bar, pilih Window > Character. Pada palet Tools, klik icon Move Tool untuk keluar dari mode Teks. Pada jendela Character sesuaikan ukuran font dan tentukan color = putih. Posisikan objek V seperti pada gambar berikut.

Menggambar Logo VW

9. Pada palet Layer, klik kanan layer V. Pada menu yang muncul, pilih Duplicate Layer. Pada kotak dialog Duplicate Layer, tentukan nama Layer = V1. Aktifkan Move Tool, kemudian geser dan posisikan layer V1 pada jendela dokumen seperti pada gambar berikut.

Menggambar Logo VW

10. Pastikan layer V1 dalam keadaan terpilih. Pada menu bar, pilih Layer > Type > Create Work Path. Pada palet Tool, klik dan tahan icon Pen Tool. Pada flyout yang muncul pilih Convert Point Tool. Pilih dan posisikan control point untuk membentuk path seperti pada gambar berikut.

Menggambar Logo VW

11. Tekan CTRL+ALT+SHIFT+N untuk menambahkan layer baru. Tentukan nama layer = W1. Pada palet Layer, klik kanan layer V1, kemudian pilih Delete Layer. Pada palet Layer, klik tab Path. Pada palet Path, CTRL+KLIK layer Work Path untuk mengubah path menjadi seleksi. Pastikan layer W1 dalam keadaan aktif. Pastikan warna foreground = putih. Tekan CTRL+DELETE untuk mengisi seleksi dengan warna putih. Pada palet Path, klik kembali tab Layer. Tekan CTRL+D untuk melepaskan seleksi. Bingung mengikuti langkah diatas? Tidak perlu kecewa, baca baik-baik dan terus mencoba. Tahapan ini (working with path) memang cukup sulit untuk dijelaskan dalam bentuk tulisan.

Menggambar Logo VW

12. Lanjutkan desain Anda. Pastikan layer W1 dalam keadaan terpilih. Klik kanan pada layer W1, lalu pilih Duplicate Layer pada menu yang muncul. Tentukan nama layer duplikasi = W. Pada palet Tool, pastikan Move Tool dalam keadaan aktif. Tekan CTRL+T untuk mengaktifkan Free Transform. Pada menu bar, pilih Edit > Flip Horizontal. Tekan Enter untuk mengeksekusi free transform. Geser objek W ke kanan untuk membentuk logo VW. Hapus guide line dengan memilih View > Clear guides pada menu bar. Perhatikan gambar berikut.

Menggambar Logo VW

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Teknik Menggambar Logo VW Dengan Digital Painting Menggunakan Photoshop

A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]