Tunggu sebentar!

Jumat, 05 Agustus 2016

Cara Mencegah Kehamilan Saat Bercinta

Cara Mencegah Kehamilan Saat Bercinta

Pasangan yang masih ingin menikmati masa-masa indah pernikahan, biasanya mencoba berbagai cara agar tidak hamil. Alasan lain mereka yang tidak ingin segera mendapat momongan juga bisa disebabkan karena kurangnya finansial keluarga, kesibukan orang tua, atau juga karena sudah memiliki terlalu banyak anak.

Beberapa wanita juga belum siap menghadapi kehamilan yang lamanya mencapai sembilan bulan, harus mengatur pola makannya agar selalu terjaga demi sang janin, sulit beraktivitas seiring perut yang semakin membesar, atau juga tidak siap mengorbankan karirnya yang mungkin sedang melejit.

Lantas bagaimana caranya untuk menunda kehamilan tersebut? Tidak melakukan hubungan seksual sama sekali adalah cara yang jitu untuk tidak hamil. Namun bagi pasangan yang sudah menikah, berhubungan intim merupakan salah satu kebutuhan batin yang apabila tidak dipenuhi dapat menyebabkan stres di antara keduanya bahkan dapat mempengaruhi ketidakharmonisan rumah tangga. Untuk itu, berikut ini beberapa kiat untuk menunda kehamilan meski tetap melakukan hubungan intim.

Menggunakan Sistem Kalender
Menggunakan sistem kalender sebagai cara agar tidak hamil merupakan salah satu cara alami yang cukup efektif bagi pasangan. Caranya adalah dengan melakukan perhitungan masa subur wanita dari siklus haid yang dialaminya. Kehamilan hanya bisa terjadi apabila sel sperma dari laki-laki berhasil membuahi sel ovum yang telah matang dalam rahim wanita.

Pembuahan tersebut biasanya terjadi di sepertiga dari panjang saluran telur wanita. Apabila saat itu tidak ada sel sperma yang akan membuahi, maka sel telur tersebut akan meluruh bersama darah menstruasi yang dikeluarkan setiap bulan.

Masa subur sendiri adalah saat dimana ovarium atau indung telur melepaskan sel telur yang sudah matang dan siap dibuahi. Sehingga menghitung masa subur wanita dan tidak melakukan hubungan intim pada saat masa subur dapat mencegah Anda dari kehamilan.

Masa subur wanita biasanya terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Jadi, apabila Anda menstruasi pada tanggal 15, maka masa subur Anda adalah dari tanggal 1 hingga 14. Apabila Anda tidak ingin hamil, maka sebaiknya jangan lakukan hubungan seksual pada masa tersebut.

Namun apabila Anda bisa memperhitungkannya lebih akurat, sebenarnya Anda hanya perlu menunggu 2 sampai 5 hari tidak melakukan hubungan seksual karena sel telur akan mati dengan sendirinya dalam waktu paling banyak 5 hari. Apabila Anda ingin menggunakan sistem kalender ini sebagai cara agar tidak hamilsecara alami, sebaiknya catat baik-baik dan dengan teliti siklus menstruasi Anda setiap bulannya.

Menggunakan Kondom
Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang biasanya digunakan para pria, meski kondom bagi wanita pun sebenarnya tersedia. Kondom dapat mencegah keluarnya sperma pria ke dalam vagina wanita dengan cara dikenakan pada penis.

Kondom pria diakui 98% efektif untuk mencegah kehamilan. Selain itu kondom juga bisa mencegah dari penularan penyakit-penyakit kelamin. Bagi pasangan yang tetap ingin melakukan hubungan intim namun tidak ingin segera hamil, pemakaian kondom dapat menjadi alternatif untuk mencegah kehamilan.

Meski dapat mencegah kehamilan, namun kondom juga tidak bisa menjamin 100% tidak terjadi kehamilan. Apabila bahan elastis dari kondom sobek, dapat dimungkinkan sperma masuk ke dalam vagina wanita. Karena itu, saat menggunakan kondom perlu diperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah dengan menyimpan kondom dengan benar agar tidak mudah sobek.

Gunakanlah kondom sekali pakai dan lepas kondom dengan benar setelah berhubungan seksual untuk memastikan sperma tidak masuk ke dalam vagina. Selain itu, hal yang harus diingat bagi pria adalah, kenakanlah kondom sejak akan memulai hubungan, jangan hanya memakainya pada saat hendak terjadi ejakulasi.

Menggunakan Pil KB
Pil KB merupakan salah satu solusi yang bisa dipilih wanita untuk mencegah kehamilannya. Pil KB diakui sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Menurut ACOG, hanya 1 dari 100 wanita yang hamil selama dia meminum pil KB selama satu tahun. Cara kerja dari pil ini adalah mencegah pelepasan sel telur atau ovulasi dari ovarium wanita. Ini adalah efek dari hormon-hormon yang dikandung pil KB.

Ada dua jenis pil KB yaitu pil yang mengandung hormon estrogen dan progestin, dan pil yang hanya mengandung hormon progestin. Keduanya cukup efektif mencegah kehamilan. Dengan pil ini, lendir yang ada di leher rahim akan mengental sehingga hal ini akan menghalangi sperma masuk ke saluran uterus wanita. Selain itu, pil tersebut juga membuat dinding uterus menipis sehingga telur yang sudah dibuahi pun akan sulit menempel pada dinding rahim.

Selain bermanfaat untuk mencegah kehamilan, pil KB juga memiliki manfaat lain yang menjadikannya sebagai salah satu cara agar tidak hamil yang banyak dipilih wanita. Pil KB dapat memperlancar siklus haid, dan mengurangi kadar darah yang dikeluarkan, sehingga juga bisa mencegah anemia.

Kandungan cyproterone acetate dan drospirenone pada pil KB juga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat dan bulu halus pada wajah. Anda dapat memperoleh khasiat dari pil ini jika meminumnya secara rutin setiap hari. Apabila Anda ingin hamil kembali juga mudah. Cukup dengan berhenti mengkonsumsi pil KB, kehamilan pun akan segera terjadi kembali.

Menggunakan IUD
Alat kontrasepsi lain yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan adalah IUD atau Intrauterine Devices. IUD juga merupakan kontrasepsi yang digunakan pada wanita, dengan cara dimasukkan dan dibiarkan berada di dalam rahim untuk jangka waktu tertentu.

Ada dua jenis IUD, yaitu IUD hormonal dan IUD Cooper. Cara kerja dari IUD hormonal adalah dengan melepaskan hormon progestin ke uterus sehingga lendir pada serviks akan mengalami pengentalan dan membuat sperma kurang aktif sehingga tidak dapat masuk ke leher rahim dan tidak dapat membuahi sel telur.

Sedangkan cara kerja IUD cooper adalah dengan melepaskan sejumlah tembaga ke uterus yang bisa menghalangi perjalanan sperma ke uterus. Tembaga tersebut juga mencegah pembuahan sel telur dan mencegah menempelnya sel telur ke dinding rahim. Cara agar tidak hamil dengan penggunaan IUD cukup efektif dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama, yaitu 5 sampai 10 tahun.

Sterilisasi
Melakukan sterilisasi merupakan cara agar tidak hamil secara permanen. Hal ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang menderita penyakit tertentu sehingga tidak boleh lagi hamil. Apabila Anda tidak memiliki alasan yang cukup kuat untuk melakukan sterilisasi, sebaiknya hindarilah menggunakan metode ini. Sterilisasi bisa dilakukan pada wanita maupun pria.

Pada wanita disebut dengan tubektomi, yaitu mengikat atau memotong saluran tuba falopii yang ada pada organ reproduksi wanita sehingga mencegah sel telur bergerak ke saluran terjadinya pembuahan. Pada pria disebut dengan vasektomi, yaitu menutup atau memotong vas deferense pria.

Vas deferense merupakan saluran keluarnya sperma, sehingga apabila bagian ini dipotong sperma tidak akan keluar selamanya. Metode ini memang sangat efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan, namun apabila penundaan kehamilan Anda hanya akan dilakukan sementara, penggunaan metode ini sangat tidak disarankan.

 

 

Keyword: Cara Agar Tidak Hamil Saat Bercinta | Tips Agar Tidak Hamil Saat ML

A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]