Rabu, 03 Agustus 2016

Ciri-Ciri Wanita Yang Sedang Hamil

Ciri-Ciri Wanita Yang Sedang Hamil

Kehamilan adalah hal yang paling ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah, setiap wanita harus mengetahui ciri-ciri orang hamil, agar kita tahu bagaimana menghadapi kehamilan dan mengatasi semua masalah yang akan kita hadapi kelak. Kehamilan adalah sebuah episode baru bagi seorang wanita, dimana sebuah janin hidup di dalam rahimnya.

Banyak sekali perubahan yang terjadi ketika seorang wanita hamil, baik dari segi fisik maupun dari segi psikis. Banyak hormon yang tidur menjadi aktif,dan banyak hormon yang aktif menjadi tidur. Menghadapi kehamilan tidak mudah pada awalnya, tapi jika kita para wanita mengetahui ciri-ciri kehamilan, tentu kita akan dapat mengatasi semua masalah dengan baik. Berikut adalah 20 tanda-tanda kehamilan yang harus diketahui oleh para wanita:

1. Cepat merasa lelah
Pada awal kehamilan, para wanita akan mudah merasa lelah, rasanya ingin tidur, atau beristirahat. Itu terjadi karena janin membutuhkan tenaga yang besar untuk proses tumbuh kembangnya. Energi atau tenaga yang dimiliki oleh calon ibu, banyak digunakan untuk proses pembentukan janin, beberapa hormon juga mulai aktif, sehingga calon ibu lebih mudah lelah, bahkan terkadang menderita tekanan darah rendah.

2. Payudara mulai membengkak
Ciri-ciri hamil yang lain adalah membengkaknya payudara seorang wanita. Rasa nyeri atau kesemutan adalah gejala kehamilan yang paling sering terjadi. Pada awal kehamilan, payudara akan membesar dan berubah bentuk, perubahan ini terjadi karena payudara tengah mempersiapkan untuk produksi ASI.

Beberapa payudara menjadi sangat lembut dan sedikit sensitif selama beberapa bulan. Selain payudara mulai membengkak,tanda lain adalah area aerola berubah warna menjadi lebih gelap. Tidak semua wanita mengalami pembengkakan payudara, terutama mereka yang pernah mengkonsumsi pil KB.

3. Terjadi perubahan bentuk tubuh
Bukan hanya bagian payudara saja yang mengalami perubahan bentuk. Perut juga akan semakin membesar, selain itu daerah bokong, paha dan wajah juga semakin membesar. Perubahan itu terjadi untuk menyeimbangkan janin yang sedang berkembang di rahim wanita tersebut, jika janin semakin besar,maka perubahan bentuk tubuh juga semakin terasa.

4. Mendapatkan gejala seperti akan haid
Beberapa wanita mendapatkan ciri seperti akan mendapatkan haid pada saat awal kehamilan,seperti perut terasa kembung, sakit penggang, nyeri dada,dll.

5. Terlambat Datang Bulan
Salah satu ciri kehamilan yang paling jelas terlihat adalah terlambat haid. Berhentinya haid, karena sel ovum telah dibuahi. Jika kita terlambat datang bulan, bukan berarti kita hamil, bisa saja karena stress,gangguan hormonal,atau hal lainnya. Mungkin ada baiknyajika langsung konsultasi ke dokter.

6. Timbulnya flek atau bercak darah
Ada beberapa wanita yang mengalami bercak darah ketika awal kehamilan, bercak itu terjadi antara 7 hari setelah ovulasi. Flek atau bercak tersebut timbul karena menempelnya embio pada dinding rahim, ada kalanya timbulnya bercak darah ini diartikan sebagai menstruasi.

7. Kram Perut
Selain mendapatkan flek beberapa wanita akan mengalami kram perut. Kondidi ini terjadi karena tubuh wanita, terutama perut tengah menyesuaikan diri dengan janin yang sedang tumbuh. Kram perut akan sering terjadi hingga kehamilan trisemester kedua, dimana letak uterus berada di bagian tengah dan disangga oleh panggul.

8. Sering buang air kecil
Ketika hamil, posisi janin akan menekan kandung kemih, ketika kandung kemih ditekan maka kita akan sering buang air kecil.

9. Sembelit
Ketika hormon progesterone meningkat maka calon ibu akan mendapatkan sembelit. Fungsi dari hormon adalah untuk mengendurkan otot-otot rahim, sedangkan dampak lainnya adalah dapat mengendurnya otot dinding usus, sehingga calon ibu menjadi susah buang air besar atau sembelit. Namun keuntungannya adalah nutrisi akan terserap secara maksimal.

10. Sering Mual atau Morning Sickness
Gejala yang sering muncul adalah morsing sickness, atau sering mual, rasa mual terjadi karena meningkatnya hormon Human Chorionic Gonadotrophin atau disingkat menjadi HCG. Meningkatnya hormon ini aka menyebabkan lapisan perut menjadi pedih,dan efeknya calon ibu akan sering merasa mual. Tapi seiring berjalannya waktu, terutama pada trisemester kedua kehamilan, rasa mual akan hilang.

11. Terjadi Perubahan Mood pada beberapa wanita
Ketika wanita sedang hamil maka mood akan cepat berubah, perubahan tersebut terjadi karena pergantian hormon yang terjadi pada wanita tersebut, kondisi ini sangat normal terjadi, ada baiknya agar para calon ibu atau calon ayah berusaha menjaga mood, agar tidak mudah mengalami emosi, karena kondisi dan emosi ibu hamil, akan langsung terserap oleh janin.

12. Sering Pusing
Penyakit yang sering terjadi ketika seorang wanita hamil adalah pusing, kondisi ini diakibatkan karena rasa lelah, dan berkurangnya tekanan darah yang dimiliki oleh calon ibu. Biasanya rasa pusing terjadi karena pasokan darah ke tubuh calon ibu berkurang, lebih banyak diserap oleh janin, untuk proses tumbuh kembang janin. Oleh karena itu, calon ibu sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah sel darah, ketika sela darah merah meningkat, maka rasa pusing menjadi berkurang.

13. Sering membuang ludah
Kondisi ini sering terjadi pada kehamilan trisemester pertama, dimana beberapa hormon mulai beralih fungsi, sehingga saliva menjadi lebih banyak, dan mulut terasa tidak enak, kondisi ini akan berhenti pada saat memasuki trisemester kedua.

14. Naiknya temperatur tubuh
Jika seorang wanita hamil atau ovulasi, maka suhu tubuh wanita tersebut akan meningkat. Kondidi tersebut terjadi karena calon ibu berusaha melawan penyakit dan meningkatkan imun tubuh untuk mejaga kondisi calon ibu dan janin. Kondisi ini akan terjadi selama kehamilan.

15. Nyeri pada punggung
Kondisi ini terjadi karena punggung akan menerima beban berat, janin akan disangga oleh punggung, dan bentuk punggung akan sedikit berubah seiring dengan pertumbuhan janin.

16. Menolak Makanan Tertentu atau Rasa Ngidam
Biasanya tanda wanita sedang hamil adalah perasaan menginginkan sesuatu tanpa adalasan yang jelas. Perasaan ini akan muncul pada saat itu calon ibu merasa lapar, namun bingung ingin makan apa! Perasaan itu lalu diterima oleh otak, dan membuat calon ibu harus mendapatkan apa yang diinginkanya.

17. Sensitif pada bau
Beberapa calon ibu akan merasa sensitif terhadap bau tertentu, itu terjadi karena indra penciuman otak dan tubuh belum berjalan dengan selaras, karena terjadinya perubahan beberapa hormon.

18. Mengikuti Tes Kehamilan
Jika semua ciri-ciri diatas kita dapatkan, mungkin kita memang sedang hamil,tapi alangkan baiknya jika kita melakukan beberapa tes kehamilan,seperti menggunakan tes pack.

19. Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda
Jika uji tespack menunjukkan bahwa kita sedang hamil, langkah selanjutnya adalah pergi ke dokter atau bidan yang kita percaya, untuk melakukan tes selanjutnya Kita dapat melakukan tes urine yang kedua kali atau dengan melakukan USG.

Beberapa orang mungkin mendapatkan ciri-ciri orang hamil, tapi tidak semua berujung pada kehamilan, ada baiknya kita melakukan bebeberapa tes,dan mengunjungi dokter agar mendapatkan hasilyang sebenarnya.

 

 

Keyword: Ciri-Ciri Wanita Hamil | Tanda-Tanda Wanita Yang Sedang Hamil
A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]