Kamis, 04 Agustus 2016

Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil

Gerakan Senam Untuk Ibu Hamil

Senam hamil perlu dilakukan para ibu yang sedang hamil untuk memperlancar persalinannya. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari gerakan senam untuk para ibu hamil, di antaranya adalah untuk melatih teknik pernapasan. Hal ini sangat dibutuhkan ibu hamil karena kelak saat melahirkan seorang ibu harus mengatur pernapasannya dengan optimal.

Manfaat lainnya senam hamil ini adalah untuk memperkuat kelenturan otot dinding perut. Senam kehamilan dapat menambah tingkat elastisitas di bagian otot dinding perut sehingga rasa nyeri saat melahirkan akan berkurang.

Selain itu, senam bagi ibu hamil juga diperlukan untuk relaksasi. Jika badan dan pikiran rileks, ini akan menjegah timbulnya stres sehingga janin pun akan berkembang dengan baik dan proses melahirkan dapat berjalan lancar. Begitu pentingnya senam selama masa kehamilan, berikut ini beberapa gerakan senam hamil yang bisa para ibu praktikkan untuk mempersiapkan masa melahirkan.

Duduk Bersila
Gerakan duduk bersila berguna untuk membuat diri Anda rileks dan mengatur pernapasan Anda. Caranya adalah ambil posisi duduk Anda dengan menegakkan punggung, silangkan kaki seperti orang akan bersemedi. Letakkan tangan kiri dan kanan Anda di atas kaki, kemudian aturlah napas Anda berulang kali.

Untuk mengatur pernapasan, Anda bisa melakukannya dengan mengangkat kedua tangan sampai dagu sembari mengambil napas, kemudian turunkan kedua tangan kembali saat membuang napas. Anda bisa melakukannya dengan kedua mata terpejam agar terasa lebih rileks. Hal ini dapat Anda lakukan di atas matras, karpet, tikar, atau alas yang lembut lainnya.

Mengangkat Panggul
Latihan mengangkat panggul dapat Anda lakukan dengan cara berbaringlah telentang, tekuk kedua lutut. Rilekslah dan ambil napas lewat hidung, kencangkan otot perut dan pantat. Pastikan punggung Anda rata dengan lantai atau alas tempat Anda berbaring.

Kemudian secara perlahan, angkatlah panggul Anda ke atas dan tahan selama 5 tarikan napas. Lakukan dengan rileks, kemudian kembalilah ke posisi semula dan ulangi selama beberapa saat. Gerakan senam hamil ini sangat bermanfaat untuk membuat otot-otot perut kencang dan memberi rasa rileks.

Sikap Merangkak
Gerakan sikap merangkak dapat Anda lakukan sebagai berikut. Pertama, tempatkan kedua siku dan kedua lutut Anda tegak lurus pada lantai. Kemudian, tundukkan kepala, fokuskan arah pandang Anda menuju perut bagian bawah.

Angkatlah pinggang sambil Anda mengempiskan perut dan mengerutkan lubang anus. Setelah itu, lanjutkan dengan menurunkan pinggang ke posisi semula dan angkat kepala Anda. Lakukan hal tersebut sembari melemaskan otot-otot dinding perut dan dasar panggul. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang minimal sebanyak 8 kali.

Anda juga bisa mencoba sikap merangkak yang lain yaitu dengan cara tempatkan kepala di antara kedua tangan Anda, lalu menolehlah ke samping kiri atau kanan. Secara perlahan, turunkan badan hingga dada menyentuh kasur atau matras dengan cara melebarkan siku sejauh mungkin ke samping.

Tahanlah posisi Anda selama 1 menit, kemudian tingkatkan menjadi 5 menit, 10 menit, dan seterusnya sesuai dengan kemampuan Anda. Gerakan senam hamil ini sangat berguna untuk membuat posisi bayi menjadi benar terlebih saat usia kehamilan Anda semakin tua dan siap untuk melahirkan.

Jalan Berjongkok
Pernah mendengar mengepel lantai dapat membuat masa persalinan menjadi lebih mudah? Ya, memang benar. Gerakan jalan sambil berjongkok ini juga mirip dengan orang yang sedang mengepel dengan tangan. Caranya adalah ambil posisi berjongkok, kemudian berjalanlah secara perlahan sebanyak 6 sampai 7 langkah.

Kemudian berdirilah, lalu melangkah kembali 3 sampai 4 langkah. Jongkok lagi, kemudian melangkah lagi, dan begitu seterusnya. Ulangi kegiatan ini 4 sampai 5 kali. Apabila Anda merasa tersengal-sengal, sebaiknya hentikan aktivitas ini dan beristirahatlah.

Posisi Tidur Miring
Anda juga bisa melakukan gerakan senam hamil dengan posisi yang senyaman mungkin yaitu dengan berbaring atau tidur. Saat Anda memilih berbaring miring ke kiri, letakkanlah lutut kanan di depan lutut kiri, alangkah baiknya jika diberi ganjalan berupa bantal. Kemudian letakkan lengan kanan di depan, tekuk. Sedangkan lengan kiri diletakkan di belakang badan.

Jika Anda memilih berbaring ke kanan, tekuklah kedua lutut kaki kanan dan kiri, kaki kiri di atas kaki kanan. Begitu pula dengan kedua tangan, tekuklah kedua lengan kanan dan kiri, letakkan di depan badan. Sebaiknya beri ganjalan kepala dan perut dengan sebuah bantal.

Tutup mata Anda, berusahalan untuk serileks mungkin dan atur napas Anda dengan tenang dan berirama. Hal ini sangat efektif untuk memberikan perasaan rileks bagi ibu hamil. Karena itu, lakukan secara rutin untuk beberapa menit. Sebaiknya gerakan senam dengan posisi berbaring telentang ini dilakukan pada trisemester pertama.

Posisi Berbaring Telentang
Gerakan ini dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, posisikan tubuh Anda telentang pada kasur atau matras yang empuk. Berikan bantal di bawah kepala Anda. Angkatlah kedua kaki Anda dengan lutut tertekuk. Pegang kedua lutut tersebut dengan kedua tangan Anda, dan berusahalah serileks mungkin.

Bukalah mulut Anda dan tarik nafas semaksimal mungkin, kemudian tutup kembali mulut Anda disertai dengan mengejan seperti saat Anda sedang buang air besar. Gerakkan badan ke bawah dan ke depan. Lakukanlah gerakan ini berulang kali sebanyak 3 sampai 4 kali dengan interval waktu 2 menit.

Jongkok Menempel Dinding
Latihan jongkok menempel dinding tidak serta merta dengan menempatkan posisi Anda jongkok dan menempelkannya pada dinding. Pertama-taman, berdirilah dengan lurus, tempelkan punggung Anda pada dinding. Lebarkan kaki selebar bahu dan letakkan sekitar 6 inchi di depan dinding. Letakkan lengan di sisi kanan dan kiri dengan rileks.

Kemudian, secara perlahan lakukan gerakan menuruni dinding dengan tetap mempertahankan punggung menempel dinding. Lakukan kegiatan tersebut hingga Anda berada pada posisi jongkok dengan kedua paha sejajar di lantai. Tahanlah posisi tersebut hingga 10 detik, kemudian secara perlahan kembalilah ke posisi semula.

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sebanyak 5 sampai 10 kali. Senam hamil yang satu ini sangat bermanfaat untuk kelancaran proses kelahiran buah hati saat mendekati hari H. Latihan ini dapat menguatkan paha dan membuka panggul sehingga proses melahirkan dapat berjalan dengan lancar.

Kayang Bertumpu pada Lutut
Gerakan ini dapat dilakukan di atas karpet atau tikar yang lembut. Pertama-tama, berdirilah dengan kedua lutut sebagai tumpuan. Letakkan kaki Anda lurus ke belakang. Kemudian secara perlahan, turunkan badan Anda ke arah belakang, dengan posisi wajah menghadap ke atas dan sentuhlah dua telapak kaki Anda dengan kedua tangan Anda.

Gerakan ini mirip seperti ketika Anda melakukan kayang, karena itulah disebut dengan kayang bertumpu pada lutut. Pertahankan posisi tersebut selama beberapa menit. Jika Anda merasa pusing, hentikan aktivitas tersebut, kembalilah ke posisi normal dan kemudian lakukan kembali gerakan tersebut setelah beristirahat sejenak.Senam hamil ini sangat baik untuk kelancaran masa persalinan Anda.

 

 

Keyword: Senam Ibu Hamil | Gerakan Senam Ibu Hamil
A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]