Tunggu sebentar!

Senin, 15 Agustus 2016

Mengalami Keguguran Berulang Kali? Ini Solusinya

Mengalami Keguguran Berulang Kali? Ini Solusinya

Kehamilan merupakan anugerah yang terindah untuk semua pasangan meskipun tidak semuanya pasangan mendapatkan kehamilan dengan mudah. Seringkali ibu hamil mengalami beberapa hambatan diantaranya terjadinya keguguran yang berulang hingga mencapai lima kali keguguran. Bagaimana solusi bagi keguguran yang terjadi berulang? Kenali pula faktor penyebabnya yang dapat mengakibatkan keguguran berulang. Berikut adalah penjelasan mengenai keguguran berulang :

Pengertian Keguguran Berulang
Keguguran merupakan berhentinya tumbuh kembang janin secara spontan pada usia dini yaitu dibawah usia kehamilan 20 minggu. Keguguran dapat terjadi secara berulang (lebih dari satu kali) terjadi sekitar 20% pada perempuan yang terjadi pada usia kehamilan 13 minggu. Kategori untuk keguguran yang berulang adalah ketika terjadi pada ibu hamil yang berhentinya tumbuh kembang janin di trimester pertama sebanyak tiga kali secara berturut turut.

Keguguran berulang akan berbeda dengan keguguran yang hanya terjadi pada perempuan dan kemudian di kehamilan kedua dapat menjaga dan mempertahankan janin. Meskipun terjadinya keguguran berulang hanya terjadi pada 1% perempuan akan tetapi penanganan yang tepat dengan melakukan perawatan langsung dari dokter spesialis kandungan. Dengan demikian bagi anda yang mengalami keguguran sebaiknya mengenali penyebab terjadinya keguguran sehingga dapat mencegah terjadinya keguguran berulang.

Faktor faktor yang menyebabkan Keguguran Berulang
Keguguran berulang dapat menjadi masalah yang serius, sehingga penting untuk mengetahui faktor fisik dan psikis yang menyebabkan keguguran berturut-turut hingga lebih dari dua kali :

1. Pengentalan Darah
Keguguran yang berulang dapat disebabkan karena Anti Cardiolipin Antibody (ACA) yaitu dimana terjadinya pengentalan darah pada ibu hamil yang mempengaruhi pasokan zat gizi dan oksigen ke janin melalui plasenta mengalami gangguan. Dengan adanya pengentalan darah ini dapat mengakibatkan janin tidak berkembang bahkan dalam kondisi yang lebih kronis janin meninggal di dalam kandungan. Pada kondisi yang normal adanya sistem kekebalan tubuh untuk bertugas dalam menangkal zat yang dianggap berbahaya sedangkan apabila bagi penderita ACA, tubuh akan menyerang anticardiolipin yang dianggapnya musuh padahal itu merupakan bagain dari membran tubuh yang akan membuat darah menjadi kental.

ACA yang diderita oleh ibu hamil inilah yang menyebabkan kematian janin pada usia kehamilan 10 minggu.Sehingga ketika akan merencanakan kehamilan dianjurkan untuk mengetahui kadar ACA di dalam tubuh sedangkan untuk ibu yang sedang hamil untuk mengantisipasi resiko ACA yang tinggi dengan penanganan medis terutama dengan penganan oral seperti pemberian obat atau dengan suntikan yang dapat membantu untuk mengencerkan darah.

2. Rahim Kelewat Subur
Keguguran yang berulang dapat disebabkan karena keguguran yang berulang sehingga adanya proses melekat embrio yang memiliki kualitas yang rendah mengakibatkan embrio tidak mengalami perkembangan dan menyebabkan keguguran. Seperti penelitian di Inggris menyatakan bahwa keguguran yang berulang disebabkan karena rahim dapat menerima setiap jenis embrio padahal embrio tersebut tidak bisa tertahan atau tertanam. Meskipun riset ini dilakukan pada enam perempuan ibu hamil yang memiliki tingkat kesuburan yang normal dan enam perempuan yang mengalami keguguran secara berulang akan tetapi teori ini harus diuji kembali setidaknya yang berhubungan dengan tingkat penerimaan rahim embrio yang dapat dideteksi atau dirubah.

3. Mulut Rahim yang Lemah
Selanjutnya, penyebab keguguran yang berulang yaitu adalah mulut rahim yang lemah sehingga membuka di tengah kehamilan dikarenakan ketidakmampuan dalam menahan desakan janin yang semakin besar. Pada wanita yang memiliki mulut rahim yang lemah memiliki riwayat kesehatan tertentu salah satunya adalah trauma pada mulut rahim dikarenakan operasi pada mulut rahim atau dilatasi.

Terbukanya mulut rahim pasa saat kehamilan sedang berjalan ditandai dengan bercak darah, pendarahan pada area kewanitaan sehingga seringkali wanita yang mengalami kelainan mulut rahim akan mengalami berat pada bagian perut. Tindakan medis yang tepat untuk mempertahankan kehamilan sampai usia kehamilan 37-38 minggu adalah dengan berkonsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Hal ini untuk memastikan apakah penyebab utama terjadi keguguran berulang adalah disebabkan karena kelainan mulut rahim atau penyebab lainnya.

4. Penyakit yang Mengganggu Perkembangan Janin
Keguguran yang berulang dapat disebabkan oleh adanya masalah tiroid atau penyakit tertentu seperti kelainan yang menyebabkan usus mengalami ketidakmampuan menyerap nutrisi dan juga sindrom ovarium polikistik yang menyebabkan keguguran berulang. Sehingga untuk melakukan pencegahan diperlukan tes darah. Pemeriksaan darah ditujukan unuk mengetahui sistem kekebalan tubuh dalam menerima atau menolah kanin atau adanya kelainan darah lainnya. Sedangkan untuk pemeriksaan biopsi dari lapisan rahim diperlukan pemeriksaan terutama kadar progesteron dalam memastikan embrio setelah terjadinya ovulasi.

5. Tekanan Mental
Keguguran dapat pula disebabkan karena tekanan mental seperti kekhawatiran yang berlebih terhadap kesehatan anda dan janin selama kehamilan, kemudian stres keuangan atau dikarenakan single parenthood. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan janin sehingga dapat menyebabkan keguguran apalagi bila ibu memiliki riwayat keguguran sebelumnya.

Meskipun sampai saat ini belum dapat dipastikan penyebab utama terjadinya keguguran yang berulang akan tetapi untuk mengurangi faktor fisik dan psikisnya sebaiknya anda melakukan persiapan sebelum kehamilan, dimulai kesiapan mental dan juga pemeriksaan kehamilan.

Selain itu lengkapi pula pengetahun bagaiamana menjaga kehamilan dengan baik, apa yang tidak boleh dilakukan dan boleh di lakukan, makanan apa saja yang baik selama kehamilan dan pengetahuan lainnya sehingga bisa menghindarkan dari keguguran.

 

 

Keyword: Keguguran Yang Berulang-Ulang | Mengatasi Masalah Keguguran Yang Berulang-Ulang

A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]