Kamis, 04 Agustus 2016

Nutrisi Dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Nutrisi Dan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ketika seorang wanita mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, maka semenjak itulah seluruh hidupnya berubah, semenjak hari itu, mulailah untuk memakan makanan sehat untuk ibu hamil, mulai menjaga kondisi tubuh, tidak boleh terlalu lelah, dll. Ketika seorang wanita sedang hamil, maka dia harus benar-benar menjaga tubuhnya dan janinnya.

Wanita tersebut harus memperhatikan makanan, kesehatan, dan juga emosi, karena segala hal yang meyangkut wanita tersebut, juga akan berpengaruh terhadap janin yang sedang dikandungnya. Makanan yang baik akan mempengaruhi tumbuh kembang janin, jika kita sembarangan mengkonsumsi makanan, maka itu juga akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin.

Tentu Kita tidak ingin terjadi sesuatu terhadap sang janin, maka dari itu kita harus mengetahui nutrisi apa saja yang sangat dibutuhkan oleh seorang wanita hamil. Nutrisi, vitamin dan protein yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil berbeda dengan wanita biasa.

Ketika wanita sedang hamil, maka dia harus memperhatikan tubuhnya dan janinnya, ada beberapa kondisi dimana tubuh sang ibu merasa lelah dan lemah, disitulah sang ibu harus dapat mengkonsumsi makanan yang dapat menambah tenaga dan menambah sel darah merah.

Makanan lain yang harus dikonsumsi adalah makan berserat, karena beberapa kasus seorang ibu akan mendapatkan sembelit. Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang dapat memenuhi tumbuh kembang janin selama dalam kandungan.

1. Kalsium
Seorang wanita hamil, memang sangat membutuhkan kalsium, baik untuk dirinya maupun untuk tumbuh kembang sang janin. Jika asupan kalsium kurang, maka janin akan mengambil cadangan kalsium dari si ibu, itulah sebabnya mengapa beberapa ibu menderita sakit punggung, gusi berdarah, dll. Jika tidak dapat mencukupi kebutuhan kalsium untuk sang janin, maka akibatnya resiko osteoporosis akan akan lebih cepat terjadi.

Maka dari itu, untuk mendukung tumbuh kembang janin, seorang ibu harus mengkonsumsi kalsium yang lebih dari cukup. Jumlah yang dibutuhkan untuk setiap harinya sekitar 1000- 13000 mg, atau dapat disesuaikan dengan kondisi sang ibu.

Kebutuhan kalsium bisa didapat dari produk olahan susu, baik susu rendah lemak, yoghurt, keju, atau bisa kita dapatkan di makanan lain yang juga diperkaya oleh kalsium. Janin membutuhkan kalsum untuk proses pembentukan gigi, sistem syaraf, peredaran darah, tulang, otak,dll. Sangat tidak terbayangkan jika seorang janin kekurangan asupan kalsium!

2. Zat Besi
Salah satu asupan nutrisi penting lainnya adalah zat besi, nutrisi ini sangat penting untuk ibu dan sang janin, jika kekurangan zat besi maka akibatnya akan fatal, tubuh akan terasa lemas, dan mungkin akan sering pingsan. Zat besi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin untuk dapat memproduksi sel darah merah.

Selama hamil, maka ibu harus memenuhi kebutuhan gizi sang janin, dan kebutuhkan itu akan diedarkan melalui sel darah, maka dari itu sel darah yang dibutuhkan oleh seorang ibu akan lebih besar dari sebelumnya, Jika asupan zat besi kurang, maka yang terjadi adalah anemia, jika kondisi ini terus terjadi maka kondisi janin juga akan terganggu.

Jumlah zat besi yang dibutuhkan setiap hari adalah 27mg, dan zat besi bisa diperoleh dari daging merah, bayam, ikan, buah yang dikeringkan, kadang-kacangan, dan makanan lainnya. Seorang ibu hamil juga dapat mengkonsumsi suplemen seperti vitamin yang banyak mengandung zat besi.

Zat besi penting untuk tumbuh kembang janin, seperti untuk perkembangan otot, untuk memproduksi sela darah merah, untuk perkembangan otak, dan juga dapat mengurangi dampak resiko kelahiran secara prematur dan berat badan bayi yang rendah.

3. Folat dan Asam Folat
KIta tentu sering mendengar asam folat atau folat, kita sering mendengar hal itu dari berbagai iklan di televisi, asam folat memang penting untuk proses tumbuh kembang otak janin, sedangkan bagi sang ibu asam folat sangat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung, kanker,dll. Jumlah konsumsi asam folat yang dibutuhkan per hari adalah 600-800 mcg.

Sebaiknya asam folat sudah ada setidaknya sebulan sebelum kehamilan terjadi, alasannya adalah asam folat akan sangat dibutuhkan ketika proses pembentukan janin, yaitu pada trisemester pertama, dimana otak dan tulang belakang sedang dibentuk, jika kekurangan asam folat di khawatirkan terjadi sesuatu dengan proses pembentukan janin. Untuk mendapatkan asam folat, sebaiknya banyak mengkonsumsi sereal, roti yang kaya akan asam folat, beberapa sayuran hijau, seperti bayam,kacang polong jeruk, anggur, dll

Dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil maka nutrisi penting untuk tumbuh kembang janin akan selalu terjaga. Khusus untuk asam folat sangat membantu mencegah teradinya kelainan tabung syaraf atau disebut juga dengan neural-tube defect. Dengan banyak mengkonsumsiasam folat sebelum atau awal kehamilan terbukti dapat mengurangi dampak resiko seperti kerusakan otak, kerusakan tulang, dan dapat meningkatkanresikobayi lahirprematur dan berat badan yang rendah.

4. DHA
DHA atau dikenal dengan Docosahexaenoic Acid adalah salah satu lemak omega-3 yang sangat penting untuk pertumbuhan otak janin, bahkan DHA adalah komponen lemak utama di dalam otak. Sampai saat ini belumada rekomendasi resmi berapaasupan DHA per hari, namun beberapa ahli menyarankan agar mengkonsumsi DHAsekitar 200- 300 mg untukibu hamil dan menyusui.

Selain dari susu,kandungan DHA juga dapat diperoleh dari ikan laut, salmon, ikan kod,tuna,sarden, udang dan lele. DHA juta ada pada daging dan telur, jika ingin yang praktis, maka Anda dapat mengkonsumsi minyak ikan.

DHA sangat penting untuk janin, dimana DHA sangat berpengaruh terhadappertumbuhan otak anak didalam kandungan, khususnya pada trisemester pertama, kehamilan, dan 6 bulan pertama setelah lahir, selain otak DHA juga penting untuk perkembangan pengelihatan khususnya retina.

5. Protein
Protein adalah nutrisi peenting lainnya yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, mengkonsumsi protein yang cukup akan membuat ibu dan bayi lebih bertenga dan dapat beraktifitas dengan baik. Jumlah protein yang dibutuhkan per hari ideanya adalah 72 gr setiap harinya, dan protein akan didapat dari daging, telur, ikan, susu, kacang-kacangan, tempe, tahu, mentega,dll. Jika janin kekurangan asupan protein pada trisemester kedua da ketiga maka pertumbuhan janin menjadi kurang maksimal.

6. Serat
Mengkonsumsi serat juga penting dan bahkan sering diabaikan, padahal dengan mengkonsumsi serat maka asupan nutrisi pada bayi dan ibu menjadi lebih baik. Asupan serat yang baik akan dapat menjaga tubuh ibu tetap sehat dan tidak sembelit, serta baik untuk pencernaam dan daya tahan. Serat dapat kita peroleh dari sayuran dan buah-buahan. Jika seorang bayi kekurangan serat maka proses pencernaannya menjadi terganggu dan itu akan berpengaruh pada sang ibu.

Selama proses kehamilan terjadi, menjaga asupan makanan menjadi hal penting, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, dan MSG, makan makanan sehat untuk ibu hamil. Makanan yang seimbang akan membuat pertumbuhan janin menjadi semakin baik,dan tubuh ibu akan tetap sehat.

 

 

Keyword: Nutrisi Untuk Ibu Hamil | Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]