Rabu, 03 Agustus 2016

Posisi Tidur Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

Posisi Tidur Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

Kebanyakan ibu hamil merasa bingung bagaimana cara tidur dengan baik dan dapat tidur dengan nyenyak. Pada kenyataannya posisi tidur ibu hamil memang akan sangat menunjang kenyamanan dan kualitas tidur ibu hamil tersebut, agar janin dapat tumbuh dengan maksimal, dan ibu dapat tetap bugar dan sehat karena mendapatkan tidur yang cukup. Maka dari itu artikel ini akan membahas tentang bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

1. Posisi tidur para trisemester pertama
Pada kehamilan trisemster pertama, seorang ibu hamil bisa tidur dalam posisi apapun, baik terlentang, menyamping, dan tengkurap. Akan tetapi ketika berut sudah semakin membesar posisi ini tidak akan terasa nyaman lagi , terutama ketika usia kandungan menginjak 10 minggu karena pada saat itu kondisi perut belum membesar, jadi ibu dapat tidur dalam posisi apapun.

Ada baiknya ketika akan tidur jangan langsung merebahkan diri dalam kondisi terlentang dari posisi duduk. Sebaiknya dari posisi duduk lalu merebahkan diri dalam kondisi miring, setelah kepala menyentuh bantal, kita dapat mengubah posisi menjadi terlentang.

Ketika kita langsung tidur terletang dari posisi duduk, itu akan sedikit memberi hentakan pada bagian perut, dan itu tidak baik untuk janin. Sebaiknya mulai dari trisementer awal kita harus berhati-hati ketika akan berbaring atau tidur, karena kebiasaan itu akan terus terbawa ketika kita memasuki trisester kedua.

2. Posisi tidur pada trisemester kedua
Memasuki trisemster kedua, banyak ibu hamil yang mulai gelisah dan bahkan terkadang kurang tidur, hal ini dikarenakan perut yang sudah mulai membesar. posisi tidur ibu hamil, menjadi sangat menentukan untuk pola istirahat dan tumbuh kembang janin. Ada beberapa posisi tidur yang baik untuk ibu hamil yang memasuki trisemester kedua, yaitu:

Posisi terlentang
Posisi ini sangat dianjurkan pada saat kehamilan memasuki 16 minggu, ketika ibu tidur dengan posisi terlentang, kita akan meletakkan seluruh berat rahim ke bagian belakang tubuh. Sebenarnya poisis ini akan meningkatkan resiko sakit pinggang, ganguan pencernaan, wasir, megganggu pernafasan dan juga dapat mempengaruhi tekanan darah.

Bagi beberapa wanita yang mempunyai masalah dengan tekanan darah, dapat mengakibatkan pusing, atau malah dapat meningkatkan tekanan darah. Maka dari itu ketika seorang ibu menderita tekanan darah tinggi sangat tidak dianjurkan untuk tidur pada posisi terlentang.

Posisi miring
Posisi ini adalah posisi tidur yang sangat dianjurkan oleh bsebagai pihak, seperti dokter kandungan dan bidan, karena tidur dalam kondisi miring, tidak menambah beban apapun pada tubuh ibu. Posisi tidur miring sangat dianjurkan ketika usia kandungan memasuki minggu ke 16, dan sebaiknya posisi tidur ibu menghadap ke kiri, posisi ini akan sangat menguntungkan bagi sang janin, karena janin akan mendapatkan nutrisi dan aliran darah yang lebih baik ke bagian plasenta, aliran darah ini didapat dari vena besar bagian belakang, aliran darah ini nantinya akan kembali ke jantung.

Posisi tidur miring akan membantu kinerja ginjal dengan baik, ginjal akan membuang semua sisa zat makanan atau racun yang tidak terpakai oleh sang ibu, ketikasemua racun terbuang maka dampaknya akan dapat mengurangi bengkak pada kaki ibu hamil, selain kaki yang ikut membengkak adalah pergelangan kaki, dan tangan. Posisi ini juga membuat ibu dan bayi merasa sangat nyaman.

3. Posisi tidur pada trisemster ketiga
Ketika usia kandungan sudah memasuki trisemester ketiga, maka kebanyakan ibu hamil merasa semakin sulit tidur, ketika hal ini terjadi tidak usah panik atau bahkan stress, sebaiknya hindari kegiatan yang terlalu berlebihan menjelang sore hari, kita juga dapat relaksasi dengan mandi menggunakan air hangat. Minum dan makan makanan yang dapat membuat kita merasa nyaman, seperti minuman hangat, jika tubuh merasa relaks maka tidur pun akan semakin nyaman.

Ada kalanya kita sering merasa stress karena bingung menentukan posisi tidur yang terbaik. Pada saat trisemester ketiga ini, kebanyakan ibu sudah tidak dapat tidur terlentang apalagi tengurap. Salah satu caranya adalah tidur miring. Posisi tidur miring juga tidak selalu nyaman, terutama memasuki kehamilan ke 20. maka dari itu sebagai ibu cerdas, kita harus mengetahui bagaimana cara tidur dengan nyaman, terutama pada saat memasuki saat-saat melahirkan.

  • Tidur dengan lutut dikekuk sedikit, agar kita merasa nyaman, selain tidur dengan posisi miring, kita juga dapat tidur dengan posisi kaki ditekuk, poisis ini dipercaya untuk mengurangi resiko bayi lahir prematur, dan tidur dengan posisi seperti ini akan membantu proses aliran darah berjalan dengan baik.
  • Seiring dengan membesarnya perut maka kita memerlukan batal tambahan untuk menyangga bagian pertu atau bagaian punggung, kita juga dapat menggunakan guling untuk dipeluk, dengan adanya bantal atau guling akan semakin membuat anda tidur dengan sangat nyaman. Anda juga dapat berganti posisi jika posisi tidur anda terasa kurang nyaman.
  • Jika Anda merasa kurang nyaman, gunakan busa tambahan, terutama disekeliling Anda. Penambahan busa akan menambah nyaman suasana tidur.

Ketika memasuki trimester ketiga terutama menjelang persalinan, kebanyakan ibu merasa sulit untuk tidur, kalaupun bisa tidur, itu pun cuma sebentar. Biasanya ibu akan sering terbangun karena keinginan untuk buang air kecil, kontraksi palsu, atau janin dalam perut menendang, kesulitan bernafas, dll. Kondisi itu dinilai wajar, karena kondisi janin yang semakin membesar, dan perut ibu sudah terlalu kecil untuk sang janin, maka dari itu ibu dan sang janin merasa kesulitan untuk berbaring.

Beberapa ibu hamil, berusaha tidur dengan posisi duduk, dimana punggung disangga dengan bantal yang empuk dan bagian kepala juga disangga dengan bantal yang juga empuk, sedangkan bagian kaki disangga dengan bantal biasa, posisi ini memang dapat dilakukan, akan tetapi sangat tidak nyaman, kita mungkin dapat tidur hanya beberapa menit, setelah itu terbangun kembali.

Jika Anda memang benar-benar merasa kesulitan untuk tidur, maka ada baiknya Anda membeli kasur khusus untuk ibu hamil. Kasur ini didesain untuk menyangga dan memberi kenyamanan ibu untuk tidur dengan posisi bantal yang berbentuk huruf U, dan tekstur kasur yang sangat lembut dan nyaman untuk digunakan, membuat ibu dapat tidur dengan mudah.

Tidur adalah saat tubuh beristirahat dengan baik, dimana janin dapat menyerap nutrisi dari sang ibu, untuk proses tumbuh kembangnya dengan maksimal, dan sanga ibu juga dapat merecovery tubuh dengan baik, agar keesokan harinya dapat beraktifitas dengan baik.

Kurang tidur terutama menjelang persalinan adalah hal biasa terjadi, akan tetapi hal itu tidak dapat dibiarkan, menjelang persalinan, ibu membutuhkan tenaga yang besar untuk proses persalinan kelak, maka dari itu sebagai ibu yang cerdas kita harus berusaha untuk dapat tidur dengan baik dan nyaman, agar ketika persalinan kelak kita akan mendapatkan cukup tenaga untuk melahirkan. Jangan gunakan obat tidur, karena itu akan berbahaya bagi janin, cukup dengan mencari posisi tidur ibu hamil yang tepat, maka kita dapat tidur dengan baik.

 

 

Keyword: Posisi Tidur Ibu Hamil | Posisi Tidur Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kandungan

A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]