Tunggu sebentar!

Rabu, 03 Agustus 2016

Senam Untuk Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

Senam Untuk Ibu Hamil Sesuai Usia Kandungan

Kebanyakan orang akan melakukan senam ibu hamil pada saat memasuki usia kandungan 6 bulan sampai menjelang persalinan. Akan tetapi sebaiknya senam atau olahraga juga dilakukan pada saat trisemester pertama. Olahraga yang dilakukan cukup yang ringan saja.

Olahraga tetap dilakukan walaupun sedang hamil muda, agar otot tubuh tidak terasa kaku, karena biasanya ketika sedang hamil beberapa kondisi ibu semakin menurun, dengan adanya olahraga ringan, maka otomatis tubuh akan membentuk imun dan juga ketahanannya sendiri, dan memerintahkan otak untuk dapat membagi nutrisi untuk ibu dan juga janin.

Ada banyak sekali olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, untuk setiap semesternya, berikut adalah senam dan olahraga berdasarkan porsi kebutuhan seorang ibu hamil.

1. Trisemster pertama kehamilan
Walaupun usia kandungan Anda masih sangat muda, dan harus banyak beristirahat, bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga. Ada beberapa olahraga ringan yang dapat Anda kerjakan, untuk dapat membuat tubuh Anda sehat. Hanya sesuaikan porsinya, olahraga yang wajar, jangan terlalu kecapaian. Olahraga yang dapat dilakukan oleh seorang ibu hamil muda adalah,

  • Jalan kaki, olahraga ini praktis, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit, tidak usah terlalu banyak. Dengan berjalan kaki, seluruh otot tubuh akan bergeak, dan seluruh peredaran darah akan bereedar dengan sempurna.
  • Berenang, adalah olahraga kedua yang dapat dilakukan, ketika ibu masih hamil muda. Dengan berenang anda akan merasa relaks, otot-otot akan terasa ringan, gunakan gerakan renang yang ringan, seperti gaya punggung, atau cukup dengan berjalan di air, akan membantu tubuh tetap merasa bugar.
  • Senam lantai atau melakukan yoga, ini adalah senam ibu hamil yang biasa dilakukan oleh kebanyakan ibu hamil, walaupun usia kandungan masih sangat muda, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan olah nafas, agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, dan bayi juga merasa tenang, karena ibu memberikan rasa tetang melalui pernafasan yang baik.

2. Trisemster kedua kehamilan
Memasuki trisemester kedua, perut sudah mulai membesar, bada bebrapa wanita sudah mengalami beberapa gejala seperi sakit pinggang, kram kaki, pembengkakan pada kaki, dll. Untuk mengatasi itu semua, maka kita harus berolahraga dengan baik. Ada beberapa olahraga yang dapat membuat otot tubuh merasa relaks, dan tubuh menjadi sehat, seperti :

 

  • Berjalan kaki, olahraga ini mungkin sama dengan trisemester pertama, porsinya dapat kita naikkan atau tetap dengan porsi semula, porsi yang kita lakukan sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan yang Anda miliki. Jika berjalan kaki selama 10 menit sudah cukup melelahkan, maka sebaiknya jangan ditambah, simpan tenaga untuk aktifitas yang lain, agar tubuh tidak terlalu lelah.
  • Senam aorobic, beberapa orang menyarankan untuk mengikuti senam aerobic, mungkin ada baiknya untuk dicoba, tetapi jangan pernah memaksakan diri, jika tidak sanggup maka jangan diteruskan. Memang ada beberapa senam aerobik khusus untukwanita hamil, namun tidak semua wanita dapat mengikuti kegiatan ini.
  • Berenang, kegiatan ini tetap sama seperti trisemster pertama, hanya saja ketika kita berenang pada trisemster kedua maka beberapa penyakit seperti sakit punggung, dan pembengkakan pada kaki, akan sedikit berkurang. Air yang digunakan untuk berenang sebaiknya tidak lebih dari 32 derajat C, tidak lebih dan tidak kurang. Lakukan gerakan ringan, seperti berjalan di dalam air, atau menggerak-gerakkan kaki di dalam air. Jangan lupa untuk menyimpan air di pinggir kolam renang untuk menecegah dehidrasi.
  • Senam bola, adalah senam yang mengunakan bola sebagai alat bantu senam. Bola yang dipergunakan berukuran besar, caranya adalah dengan menduduki bola tersebut, dan melakukan beberapa gerakan seperti menghadap ke samping kiri dan kanan dalam kondisi duduk, atau posisi berbaring disangga oleh bola, dll.
  • Senam di lantai, senam ini dilakukan untuk mengatasi beberapa nyeri yang mulai dirasakan oleh ibu hamil seperti nyeri punggung, pusing, dll. Cara melakukannya adalah dengan duduk sila, dengan posisi kaki saling bertemu, bungkukkan badan kedepan beberapa kali dan kebelakang beberapa kali, lau miring ke kanan dan kekiri beberapa kali. Lakukan juga dengan posisi berjongkok seperti sedang mengepel lantai lakukan hal tersebut selama beberapa menit, posisi ini juga akan membantu janin untuk berputar pada kondisi yang seharusnya.

3. Trisemster ketiga kehamilan
Ini adalah fase dimana seorang ibu harus benar-benar mempersiapkan dirinya untuk melahirkan, ada berbagai macam olahraga yang dapat dilakukan oleh ibu ketika menjelang persalinan, terutama olahraga olah nafas, beberapa olahraga yang dapat dilakukan, seperti :

 

  • Berenang, kegiatan ini akan membantu untuk menghilangkan sakit punggung yang pasti semakin sering terasa oleh ibu hamil pada trisemster ketiga ini, juga membantu meringankan variss pada kaki. Air yang hangat juga dapat membuat ibu merasa lebih relaks, lakukan gerakan berjalan kaki di dalam air, mengangkat kaki di dalam air, dan berenang gaya punggung, itu akan membantu membuat anda relaks dan mengindari cidera otot dan punggung.
  • Jalan kaki, olahraga ini harus terus dijaga, agar posisi bayi semakin pas dengan mulut rahim, olahraga ini juga dapat membantu kaki agar tidak terasa nyeri, karena beberapa wanita sering mengeluhkan sakit pada pergelangan kaki, dan membantu meredakan sakit punggung.
  • Senam kegel, aenam ini akan melatih dan menguatkan otot dasar panggul untuk proses melahirkan kelak, senam ini ini juga melatih otot di sekita uretra, rektum, rahim, dan kandung kemih. Cara melakukannya adalah dengan menaruk otot vagina dan mengendurkannya, gerakan ini dapat dilakukan pada posisi berdiri atau posisi duduk, lakukan senam ini sekitar 5 detik, selama 4 kali dalam sehari.
  • Senam jongkok, dengan posisi jongkok dan punggung lurus, lakukan gerakan naik dan turun secara perlahan, gerakan ini akan membantu otot paha dan membantu merengganggakn otot panggul, dan itu akan memudahkan ibu untuk proses melahirkan kelak.
  • Melakukan senam lantai, caranya adalah dengan mengangkat tangan lurus ke atas kepala, dengan posisi saling berhadapan, selama 20 detik, lakukan gerakan ini selama beberapa kali. Atau melakukan gerakan dengan posisi berbaring dengan posisi terlentang, posisi lutut ditekuk, selanjutnya adalah tarik nafas dari hidung dan kencangkan otot bagian perut dan bokong seperti sedang mengejan, tahan posisi ini selama 5 detik. Gerakan lainnya adalh dengan dduduk di atas lantai dan posisi punggung bersandar di dinding dengan posisi tegak. Kedua telapak kaki saling berhadapan, dan lakukan gerakan menaik turunkan kaki secara bersamaan, ini akan membantu melatih otot paha, dan juga membantu punggung agat tidak terlalu kaku.

Gerakan senam ibu hamil untuk trisemster ketiga tidak boleh terlalu berat, cukup olahraga ringan yang dapat membantu pernafasan pada saat proses melahirkan kelak, karena pada proses melahirkan, seorang ibu membutuhkan olah nafas yang baik.

 

 

Keyword: Senam Ibu Hamil | Senam Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kandungan

A PREGNANCY (TENTANG KEHAMILAN)
1. Hati-hati, ini dia yang harus Anda waspadai selama hamil
2. Tetap segar dan cantik meskipun hamil
3. Agar tetap bugar meskipun sedang hamil
4. Prolactinoma dan kehamilan
5. Bagaimana janin berkembang
[More...]
B PARENTING (MENJADI ORANG TUA)
1. Pentingnya lemak esensial untuk tumbuh kembang anak
2. Pengaruh buruk teman
3. 9 fakta kesehatan jaman dulu dan sekarang
4. Tips: membantu anak kikuk bergaul [sosialisasi anak]
5. Manfaat mendongeng sebelum anak tidur
[More...]
C WANITA (SEPUTAR PERMASALAHANAN WANITA)
1. Pahami masa subur
2. Memanjakan diri pasca nifas via spa vagina
3. Hamil diatas usia 35 tahun, pahami resikonya
4. Adakah masalahnya kedepan jika menunda-nunda jadi ibu?
5. Teknologi untuk merancang jenis kelamin
[More...]
D TEKNOLOGI
1. Inovasi Irigasi Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan
2. 10 Teratas Kemajuan Israel Dibidang Medis
3. Microresonator (Mengirimkan 40 Saluran Komunikasi dengan Satu Laser)
4. Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman
5. Aplikasi Penghitung Sisa Hari Dalam Setahun (The Rest Of The Year)
[More...]
D SOURCE CODE VISUAL BASIC 6.0
1. Visual Basic Source Code (Transfer teks dari form ke ms-word)
2. Visual Basic Source Code (sysinfo atau informasi sistem komputer)
3. Visual Basic Source Code (software pembalik kata)
4. Visual Basic Source Code (software pengeja kata)
5. Visual Basic Source Code (IP tools)
[More...]
E KULINER (RESEP MASAKAN)
1. Resep Membuat Sambal Tuktuk khas Batak Toba
2. Cara Memasak Dali Ni Horbo
3. Resep Membuat Mie Gomak Medan
4. Resep Masakan Na Tinombur
5. Resep ayam napinadar
[More...]
F DESIGN & ART DENGAN ADOBE PHOTOSHOP CS
1. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)
2. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)
3. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)
4. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)
5. Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)
[More...]
G BELAJAR BAHASA INGGRIS SEHARI-HARI
1. A Break (Waktu Istirahat)
2. A conversation With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari)
3. A New Neighbour (Tetangga Baru)
4. A New School Building (Gedung Sekolah Baru)
5. A Talk With A Stewardess (Percakapan Dengan Pramugari#2)
[More...]
H EFEK QUERY DARI MESIN PENCARI
1. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#1
2. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#2
3. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#3
4. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#4
5. Efek Dari Kombinasi Kata Kunci Pada Mesin Pencari#5
  [More...]