Mengenang John Shepherd-Barron sang penemu mesin ATM




Hampir semua orang diseluruh dunia tentu sudah sangat mengenal dengan mesin ATM (Automatic Teller Machine atau Anjungan Tunai Mandiri) dalam melakukan transaksi keuangan saat ini. Untuk mengenang jasa John Shepherd-Barron, warga Scotland, berikut cerita singkat penemuan konsep mesin ATM dan sejarah mesin ATM itu sendiri.
Barron tutup usia hari Sabtu 15 Mei 2010 lalu

Sebelum tutup usia, Barron sempat menceritakan kisah penemuannya di dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi BBC. Saat itu dia menuturkan, ide tentang mesin ATM didapatkannya ketika berendam dalam bak mandi. Barron memikirkan bagaimana caranya mendapatkan uang tunai, tanpa harus pergi ke bank saat jam kerja. "Hal ini mengusik saya untuk memikirkan, harus ada cara untuk memudahkan mengambil uang dimana saja, di seluruh dunia," ujarnya kala itu.
Barron rupanya terilhami oleh mesin dispenser untuk mengeluarkan coklat. Dia berkhayal seandainya coklat yang keluar dari mesin itu digantikan dengan uang tunai. Selanjutnya, perusahaan perbankan Inggris Barclays menggarap penemuan tersebut dan pada 1967 hadirlah mesin ATM pertama di dunia yang dipasang di London.

Saat itu, mesin ATM masih sangat sederhana. Barron terus mengembangkan idenya dengan berbagai inovasi seperti menambahkan fungsi enam digit nomor PIN, dan lain sebagainya. Maka jadilah mesin ATM seperti yang kita temukan sekarang ini. Berkat penemuan Barron, berdasarkan data ATM Industry Association, saat ini ada sekitar 1,7 juta mesin ATM di seluruh dunia, dan mungkin akan terus bertambah .