Penyebab bisul pada balita dan cara penanganannya

Bisul pada anak balita bisa dipicu oleh alergi, dan bisa saja alerginya terhadap makanan tertentu. Coba Anda ingat, apa menu makanan bayi dan Anda. Misalnya apakah Anda masih mengkonsumsi produk turunan susu sapi seperti keju, eskrim atau yogurt?, kalau tidak, kecil kemungkinannya alergi yang dideritanya karena bubur susu.

Bisul pada bayi

Dilain sisi dalam dunia medis, tidak semua sepakat dengan teori bahwa makanan atau minuman ibu menyusui bisa menyebabkan ASI bisa menjadi pemicu alergi. Mungkinkah bisulnya terjadi akibat alergi terhadap sesuatu dilingkungan? Misalnya zat kimia (sabun, shampo, detergent dsb). Mungkinkah bisulnya diawali dengan gigitan serangga? Gigitan itu membengkak merah, begitu tergaruk kulitnyapun tergores dan bisa saja menjadi bisul. Sebaiknya Anda membuat buku harian seputar makanan Anda dan sikecil, serta kapan bisul kambuh dan dibagian tubuh mana.

Bagaimana cara menanganinya?
1. Jagalah agar bisul tidak pecah (kecuali jika nanahnya sudah banyak sehingga bisul pecah).
2. Usahakan jangan digaruk. Jika digaruk dan kulit terkelupas, maka bisa menimbulkan resiko infeksi.
3. Kalau ada bisul yang pecah, oleskan salep anti septik.
4. Semua yang menangani sikecil harus mencuci tangan dengan bersih.


Keyword: penyebab bisul pada bayi | mencegah bisul pada bayi | faktor penyeban bisul pada bayi | mengatasi bisul pada bayi | makanan penyebab bisul pada bayi | obat bisul untuk bayi