Dampak bedah Caesar dan penjelasan dari pakarnya

"Saya pernah membaca disalah satu artikel bahwa bayi caesar 2,5 resikonya tidak selamat (meninggal). Sejauh yang saya ketahui, operasi caesar akan menimbulkan banyak pengaruh samping yang sangat merugikan. Pengaruh negatif pada ibu meliputi rasa sakit yang berkepanjangan setelah operasi, terutama pada saat mengangkat berat, mengedan waktu buang air besar, saat bersenggama, dll. Kemudian stres pada saat akan melahirkan berikutnya. Sedangkan pengaruhnya pada bayi yakni, biasanya bilirubin darah akan meningkat yang akan mempengaruhi kecerdasan. Selain itu bayi juga tidak sempat menelan bakteri yang sangat berguna yang hanya ada di jalan melahirkan normal, alhasil daya tahan tubuh si bayi menurun dan mudah alergi. Belum lagi resiko anesthesia baik pada ibu terlebih-lebih pada bayinya. Mohon penjelasannya."

Operasi caesar saat ini cukup aman, baik dari sisi ibu maupun bayi. Apalagi ditunjang dari segi kemajuan di bidang anesthesia. Untuk operasi Caesar, anesthesia yang digunakan adalah jenis spinal atau epidural yang tidak mempengaruhi bayinya.

Dampak bedah caesar

Rasa sakit akibat pembedahan Caesar dapat diakibatkan beberapa sebab, seperti teknik operasi, pemilihan benang jahit. Jika telah dikerjakan dengan baik, maka rasa sakit akan lebih sedikit dan tidak berkepanjangan. Selain itu, seseorang yang melahirkan melalui pembedahan Caesar tentu saja dapat melahirkan normal apabila pembedahan Caesar itu baru satu kali dengan jarak minimal kehamilannya 1 tahun setelah melahirkan anak sebelumnya. Dan indikasi Caesar sebelumnya bukan karena panggul sempit. Bila kehamilan terjadi kurang dari satu tahun dari kelahiran anak sebelumnya, maka persalinan harus melalui pembedahan Caesar kembali.

Jadi, apakah persalinan itu dilakukan secara normal atau melalui pembedahan Caesar tergantung indikasinya. Tetapi bila dapat melahirkan normal, kenapa harus melalui pembedahan Caesar? Tetapi bila tidak dapat melahirkan dengan normal, jangan dipaksakan untuk lahir normal tetapi harus melalui pembedahan Caesar.

Mengenai billirubin bayi yang meningkat bukan dikarenakan operasi Caesar, tetapi tergantung berbagai kondisi. Seperti golongan darah, penyakit enzyme dan intake ke bayinya. Sedangkan apabila bayi alergi, lebih dikarenakan gen yang dibawanya.


Keyword: dampak bedah caesar | operasi caesar | bedah caesar | syarat-syarat bedah caesar