Manfaat vaksin flu untuk ibu hamil

Bayi baru lahir dari ibu yang mendapat suntikan flu saat hamil lebih tahan terhadap penyakit flu dan gangguan pernafasan sedikitnya dalam enam bulan pertama kehidupannya. Hal ini terungkap dari hasil penelitian di AS, yang disiarkan Reuters.

Terbukti bayi dibawah 6 bulan lebih sedikit yang menderita flu dibandingkan bayi yang sudah berusia 6-12 bulan. Selain perlindungan dari vaksin, mereka umumnya masih menerima ASI eksklusif yang membuat mereka terlindungi oleh antibodi alami dari ibunya.


Vaksin flu untuk ibu hamil

The US Centers for Disease Control and Prevention selama bertahun-tahun telah merekomendasikan vaksin flu untuk ibu hamil. Hasil studi lain menunjukkan manfaat bagi bayi baru lahir. Peneliti Angelia Eick, dari John Hopkins di Baltimore dan di the Armed Forces Health Surveillance Center Silver Spring, Maryland, ingin membuktikan jika ibu hamil mendapat vaksin flu akan meningkatkan perlindungan kepada bayinya sampai usia 6 bulan.

Eick dan kolega melakukan riset terhadap 1160 ibu dan bayinya pada 3 musim penyakit flu. Ibu dan bayi diambil sampel darahnya sebelum dan setelah musim penyakit, lalu dimonitor. Pada musim flu mengikuti kelahiran bayi-bayi, mereka yang berasal dari ibu yang mendapat vaksin 41% lebih sedikit terkena infeksi flu dan 39% lebih sedikit yang harus dirawat di rumah sakit. Bayi dari ibu yang mendapat vaksin flu, kadar antibodi flu lebih tinggi saat lahir sampai usia 2-3 bulan ketimbang bayi yang berasal dari ibu tanpa vaksin flu.

Temuan ini relevan dengan pencegahan virus flu H1N1 yang menyerang ibu hamil dan bayinya. Belakangan vaksin flu melindungi terhadap virus H1N1 sama baiknya terhadap dua strain flu lainnya.


Keyword: manfaat vaksin flu untuk ibu hamil