Perkembangan kehamilan di trimester kedua

TRIMESTER KEDUA

Trimester pertama berlangsung pada pekan 1-12 masa kehamilan. Periode ini dipandang kritis karena calon ibu membutuhkan perawatan ekstra. Maklum, tubuhnya kini dipersiapkan untuk tumbuh kembang bayinya. Berikut adalah kalender perkembangan kehamilan yang akan menunjukkan bagaimana tahap perkembangan janin dalam kandungan dan perubahan pada calon ibu akan mengetahui sudah sampai dimana perkembangan janin, perubahan apa saja yang terjadi pada ibu dan janin selama dalam kandungan.


BULAN KE-4
Ibu:
Berbahagialah bunda, kini morning sickness sudah sirna dan Anda mulai bisa merasakan nikmatnya makan. Nah, jangan heran kini Anda mulai lapar. Tapi ingat, meski makan Anda untuk berdua, bukan berarti makan dua porsi lho. Anda hanya perlu menambah 250 kalori dari porsi sebelumnya. Pada masa ini, berat Anda harus meningkat setidaknya sampai 2 kg.
Bayi:
Memasuki masa trimester ke-2, ibu merasa "excited" saat merasakan gerak janin. Sebagian ibu belum merasakan gerak janin sampai usia janin lima bulan. Gerakan janin mungkin akan agak mengejutkan saat pertama kali. Dia bergerak lamban dan dapat mendengar suara Anda. Kini besar tubuhnya mencapai 7 inch dan beratnya sekitar 3-5 ons.

BULAN KE-5
Ibu:
Anda makin berasa berenergi, tubuhpun semakin berisi. Rasa lelah mungkin saja belum terlampau dirasakan. Nah, pastikan Anda mendapat asupan makanan yang bernutrisi, cukupkan serat dari sayur dan buah-buahan untuk menghindari keluhan konstipasi yang biasa dialami ibu hamil. Selain itu, pastikan Anda selalu mendapat cukup asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi.
Bayi:
Jika Anda menjalani pemeriksaan USG dan bayi kebetulan tidak sedang tidur, Anda bisa melihat  bagaimana mulutnya yang sedang membuka atau gerakan lain yang dia lakukan. Bahkan pada saat ini kemungkinan dokter sudah bisa memberitahu jenis kelamin bayi Anda. Panjangnya kini mencapai 10 inch dan beratnya sudah mencapai 8 ons hingga 1 kg.
 
BULAN KE-6
Bayi:
Kini sikecil semakin aktif bergerak dalam kandungan, kadang terasa seperti sedang berputar layaknya orang yang sedang berakrobat. Kalau dilihat dari pemindai USG, tampak ia tengah mengemut jarinya. Pada akhir bulan ke-6 ini panjang tubuhnya sudah mencapai 12 inch dan beratnya 1,2 kg hingga 1,5 kg.


Keyword: trimester kedua kehamilan | perkembangan janin dalam kandungan