Proses-proses sesaat setelah bayi terlahir ke dunia ini

Saat pertama sekali orangtua mendengar jerit tangis si kecil di ruang persalinan, saat itulah saat yang membahagiakan. Tetapi, apa yang sesungguhnya dilakukan oleh dokter dan perawat pada bayi Anda pasca kelahirannya?


Sesaat setelah bayi lahir dan menangis, tali pusat tidak dengan serta merta dipotong. Tali pusat tersebut masih terhubung dengan plasenta dan terus berdenyut sampai beberapa menit untuk men-suplai oksigen untuk bayi sampai ia bisa bernafas dengan normal. Saat tali pusat berhenti berdenyut maka akan segera dijepit dan dipotong. Bayi tidak akan merasakan sakit selama prosedur pemotongan ini karena pada tali pusat tidak terdapat syaraf.

Penjepitan terhadap sisa potongan ini akan tetap dilakukan sampai 1 hingga 2 hari hingga pendarahan berhenti dan tali pusat menjadi kering. Sisa potongan tersebut masih akan menempel di pusar bayi dan akan tetap menempel meskipun penjepit dilepas sampai ia terlepas dengan sendirinya dari pusar bayi satu hingga tiga minggu setelah kelahiran.

Biasanya orangtua akan diberi kesempatan bertemu dan mengenal bayinya untuk pertama kali, selanjutnya bayi akan dibersihkan dari darah persalinan dan dikeringkan agar bayi tidak merasa kedinginan. Setelah itu dokter atau perawat akan memeriksa apakah bayi memiliki kelainan atau tidak dan melakukan prosedur pemeriksaan nilai APGAR untuk mengukur respon bayi secara keseluruhan. Lalu bayi akan diberi selimut dan diberikan pada ibu.

Tergantung pada rutinitas rumah sakit untuk melakukan prosedur mana yang biasa didahulukan. Bayi Anda mungkin akan ditimbang dan diukur serta menerima sejumlah perlakuan seperti pemberian vitamin K yang diperlukan untuk pembekuan darah karena umumnya tingkat vitamin K yang dimiliki bayi baru lahir rendah.

Sekitar 30 menit sampai satu jam kemudian biasanya Anda sudah bisa mulai menggendongnya dan memulai proses inisiasi menyusui dini. Setelah sukses IMD, bayi dibiarkan istirahat. Namun yang terpenting dalam menit-menit pertama adalah memaksimalkan waktu sentuhan antara kulit bayi dengan kulit ibu agar tercipta ikatan emosi yang kuat antara bayi dan ibu.

Pada proses kelahiran normal, mata bayi kemungkinan akan terkena bakteri. Untuk itu, mata bayi perlu diberi tetes mata antibiotik atau antiseptik atau bahkan salep pada saat segera setelah kelahiran atau nanti setelah semua proses yang lain selesai.

Prosedur penting sebelum bayi meninggalkan ruang persalinan adalah pemasangan label identitas pada tangan bayi. Hal ini dilakukan agar bayi tidak tertukar dan salah orangtua. Pemeriksaan label pada lengan bayi ini adalah prosedur yang selalu dilakukan perawat saat anak diambil dan dikembalikan pada orangtua sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penanganan pasca kelahiran sampai bayi meninggalkan rumah sakit.


Keyword: bayi yang baru dilahirkan | prosedur yang dilakukan setelah bayi lahir | penanganan bayi yang baru lahir | pasca kelahiran