Tips dan manfaat memijat bayi

Memijat bayi akan meningkatkan ikatan batin dengan si kecil dan membuatnya lebih tenang, tidurnya lebih nyenyak dan lelap serta membantu lancarnya pencernaan si kecil. Selain itu, ASI ibu akan semakin lancar lho. Inilah cara yang paling indah membangun ikatan emosional antara ayah dan anggota keluarga lainnya untuk meluangkan waktu menyambut kehadiran anggota baru dalam keluarga.

Selain itu, menurut penelitian terbukti memijat bayi prematur amat menolong mempercepat pemulihan dan perkembangan berat badannya. Menurut laporan penelitian, bayi prematur yang mendapat pijatan setidaknya tiga kali dalam sehari selama 10 hari berturut-turut berat badannya meningkat lebih dari 50%, lebih aktif dan dapat meninggalkan rumah sakit enam hari lebih cepat dari bayi prematur lainnya.

Tips untuk persiapan memijat:
1. Waktu
Pilih waktu yang tepat saat Anda sedang rileks dan tidak tergesa-gesa dan tidak diganggu oleh kegiatan lain. Jangan memijat jika bayi baru saja makan atau sebaliknya jika si kecil sedang lapar.

2. Posisi
Duduklah di lantai atau di tempat tidur, letakkan bayi Anda dengan alas handuk bersih. Mulai memijat dari bagian depan tubuh bayi dengan suhu ruangan 29-30 derajat celcius. Sentuhlah bayi sambil berbicara dengannya. Rasakan sensasi menyenangkan saat berdua seperti itu.

3. Minyak untuk memijat
Minyak alami memang yang terbaik, tetapi boleh juga menggunakan baby oil. Minyak hanya untuk bagian tubuh saja, bukan untuk memijat bagian wajah dan kepala.

4. Pastikan bayi pun nyaman
Penting sekali menghargai perasaan si kecil. Permisi dulu ya bu saat hendak mulai memijatnya. Bayi baru lahir cukup dipijat berupa sentuhan dari 2-5 menit saja, sedangkan bayi yang sudah berusia 2 bulan boleh memijatnya lebih lama.

Sentuhlah bayi dengan cara yang benar

1. Mulailah dengan membuat gerakan lembut mengusap bagian kepalanya. Teruskan ke bagian dahinya dengan kedua telapak tangan Anda. Lakukan seperti gerakan akan menangkupkan buku tebal, buat gerakan melingkar lembut di bagian wajah dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Pijat dengan lembut dan perlahan di sekitar mulutnya.

2. Dari beberapa tetes minyak di telapak tangan, dan gosok perlahan sampai terasa hangat, usapkan perlahan di bagian dadanya seperti akan membuka buku tebal.

3. Buat gerakan seperti membentuk huruf "Love" di dadanya. Beralih ke perut dengan gerakan memutar dari kanan ke kiri dan sebaliknya dari kiri ke kanan di seputar pusarnya. Gunakan jari-jari Anda dengan memijatnya lembut.

4. Pijatlah di bawah perut ke kiri dan ke kanan perlahan saja, bergantian dengan telapak tangan.

5. Bagian kaki mulai dari pergelangan sampai ke arah lutut digosok-gosok dengan kedua tangan Anda secara bergantian lanjutkan sampai ke bagian pangkal pahanya.

6. Kini balikkan bayi agar ia telungkup. Pijat bagian belakang tubuhnya perlahan dari bagian bahu, punggung sampai ke bagian bokongnya. Saat Anda memijat, usahakan telapak tangan yang satu tetap sambil membelainya. Akhiri dengan memberikan ciuman dan senyum Anda. Bagian telapak kaki beri sentuhan pijat mulai dari bagian ujung jari sampai ke belakang.


Manfaat pijat bayi:
1. Mampu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
2. Membuat bayi tidur lebih nyenyak.
3. Meningkatkan kesiagaan (alert) untuk mudah belajar sesuatu.
4. Memperbaiki sirkulasi darah dan pernafasan.
5. Merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan sisa-sisa makanan.
6. Meningkatkan kenaikan berat badan.
7. Membuat bayi lebih tenang.
8. Mengurangi rasa sakit.
9. Mengurangi kembung dan colic (sakit perut)
10. Meningkatkan hubungan batin (bonding) antara bunda, ayah dan si kecil.
11. Meningkatkan volume ASI.


Keyword: cara memijat bayi | manfaat memijat bayi | persiapan-persiapan sebelum memijat bayi | tips memijat bayi