Tips: Membantu anak kikuk bergaul [SOSIALISASI ANAK]

Inilah beberapa hal mendasar yang bisa memacu kepercayaan sosial anak manapun.
  1. Ketika menyapa seseorang, tersenyum dan sebut namanya. Mungkin memang sudah jelas, tapi ini bukan sesuatu yang spontan dilakukan semua anak. Meski begitu, sikap kecil ini bisa menunjukkan kehangatan yang kemungkinan akan dibahas serupa. Sedikit latihan akan membantu membuatnya terasa lebih wajar; jika anak Anda tidak suka bermain peran, mungkin Anda bisa mulai dengan sering-sering mengingatkannya.
  2. Pelan-pelan, ikutlah beraksi - tetapi jangan mengambil alih. Misalnya, Anda sedang di taman bermain dan anak Anda ingin ikut main petak umpet, suruh dia memperhatikan selama beberapa menit untuk mencari tahu siapa yang ikut main. Lalu, kalau sudah masuk putaran berikutnya, ia bisa menyelinap masuk dan ikut bermain tanpa menarik banyak perhatian. Coba taktik ini: Amati lalu berbaur adalah cara yang hampir pasti akan membuahkan penerimaan.
  3. Dengar dulu. Anak-anak yang cenderung menyela, menggangu, atau sering menyatakan 'tidak setuju', jelas akan harus bersusah payah agar bisa diterima. Plusnya, perilaku seperti itu bisa diperbaiki dengan latihan di rumah.

Keyword: sosialisasi anak | membantu anak bergaul | membantu anak bersosialisasi