Atasi gelambir dengan Intralipotherapy

Seringkali penanganan obesitas dengan olahraga dan diet masih kurang memuaskan untuk menghilangkan timbunan lemak di area-area tubuh tertentu. Ada beberapa cara, namun kini hadir metode terbaru yang telah dikembangkan di Italia untuk mengurangi timbunan lemak yang terlokalisasi di area-area tubuh tertentu (bodysculpting) yang dinamakan dengan Intralipotherapy. Intralipotherapy dapat menjadi alternatif terbaik saat ini untuk menghilangkan timbunan lemak. Selain metode yang sudah ada terlebih dahulu seperti liposuction (sedot lemak).
 

Prosedur perawatan ini relatif mudah, hanya membutuhkan waktu singkat, tidak menimbulkan trauma yang luas, minimal invasif, efek samping sangat minimal, tidak memerlukan anestesi, hasil signifikan, dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Teknik intralipotherapy telah menunjukkan hasil sculpting yang sangat baik untuk bagian tubuh yang berukuran kecil hingga sedang, seperti daerah perut, lengan atas, paha, pinggul, lutut, double chin, buffalo hump, pseudogynecomastia dan lipoma.

Hasil dari tindakan pertama akan segera terlihat dalam pengurangan ukuran tubuh beberapa centimeter, dimana hasil yang kasat mata akan terlihat setelah sesi tindakan ketiga atau keempat. Efek samping ringan yang umum terjadi di antaranya nyeri lokal ringan, sensasi terbakar yang ringan selama beberapa jam, dan memar yang sifatnya sementara, gatal atau nyeri selama 1-2 hari atau pembengkakan (hematoma) di daerah yang dirawat selama 48-72 jam.

Penyuntikan hanya boleh dilakukan oleh dokter yang menguasai teknik tersebut. Teknik ini menggunakan larutan berbasis gel yang bikompatibel, sepenuhnya di serap (resorbable) dan mampu meningkatkan aksi dari gelombang ultrasonik dalam jaringan adipose serta mikro-kavitasi eksternal dari selulit. Dengan cara disuntikkan ke dalam jaringan lemak dengan teknik yang disebut Intralipotherapy tumescene hingga memungkinkan alat ultrasound (yang diaplikasikan secara eksternal pada kulit) untuk menghasilkan kavitasi mikro di daerah yang diterapi.

Intralipotherapy merupakan metode yang berbeda dari mesotherapy dan dirancang khusus untuk aplikasi dengan produk farmasi tertentu. Penggunaan larutan lipolitik ini merupakan salah satu terobosan terbaru dalam kedokteran estetika dan bedah. Perawatan ini menjadi salah satu alternatif tindakan untuk liposculpture. Sekaligus juga menjadi tindakan alternatif bagi pasien yang karena alasan tertentu tidak dapat menjalani operasi pengangkatan jaringan lemak. Prosedur pengerjaan Intralipotherapy dimulai dengan infiltrasi jaringan subkutan, kemudian dilanjutkan dengan proses pencairan lemak yang lebih cepat oleh zat aktif, dimana hal tersebut memungkinkan sel-sel lemak tersebut akan dimusnahkan secara fisiologis, sehingga hal inilah yang akan mengurangi lemak di tempat-tempat tertentu.

Berdasarkan data klinis objektif, perawatan sebaiknya dilakukan dengan interval antara 15-21 hari. Disarankan untuk melakukan lymphatic drainase satu minggu setelah perawatan didukung juga dengan olahraga dan pengaturan pola makan/diet yang tepat untuk mempertahankan hasil perawatan.


Keyword: mengatasi gelambir | menghilangkan lemak | bodysculpting | intralipotherapy | sculpting | double chin | buffalo hump | pseudogynecomastia | lipoma | mesotherapy