Cara membuat generator mini

Membuat generator mini - Apakah Anda termasuk pecinta  kegiatan yang berhubungan langsung dengan alam?, misalnya mendaki gunung, berkemah atau rekreasi di alam terbuka?. Berkaitan dengan hobi yang satu ini, selain mempersiapkan bekal makanan, P3K, tenda, pastilah Anda membutuhkan alat penerangan.

Berkaitan dengan alat penerangan yang dibutuhkan pada saat malam hari, sudah banyak produk yang bisa didapatkan di toko-toko elektronoik atau bisa juga didapatkan misalnya di carefour, dimana alat penerangan tersebut dapat diisi ulang. Yang namanya peralatan elektronik yang sifatnya isi ulang pastilah memiliki kelemahan, yaitu terbatasnya daya muat energi di dalam ruang penyimpan energi tersebut...pastinya Anda harus berhemat energi (apa lagi berkemah dilakukan hingga memakan waktu 3 hari, jauh dari sumber listrik).

Di bawah ini salah satu contoh generator mini, dimana Anda juga dapat membuatnya sendiri (menggunakan benda-benda yang sudah tidak digunakan lagi - dengan sedikit kreatifitas). Cocok digunakan ketika berjalan dimalam hari, dan Anda tidak usah pusing memikirkan masalah isi ulang, karena Anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

Generator mini ini saya buat menggunakan motor listrik CD-ROM (model lama), dimana rangkaian kesatuan roda-roda gigi pemutar (buka/tutup) CD-ROM ini ternyata dapat membangkitkan arus kurang lebih 2V (asumsi saya doang sih he he, maklum...volt meter di rumah ga ada bos). Untuk menstabilkan brightness-nya, saya gunakan capasitor berpolarisasi (terserah, kl bisa diatas 100 micro-farad) dan dibantu dioda (agar arus terfokus ke capasitor/mereduksi loss).

generator-mini

Gambar 1: Penampakan Generator Mini

hasilnya

Gambar 2: Bim salabin...teranglah

Molo boi dibahen, boasa ingkon manuhor...ndangi? <---- [itu bahasa tingkat tinggi bos, artinya: kalau bisa dibuat sendiri, ngapain beli?]. Oke deh, slamat berkreatifitas dan berinovasi. Tunggu ratusan inovasi saya lainnya di postingan berikut-berikutnya.


Keyword: Membuat generator mini | Contoh generator mini