Cara memperbaiki MP3 Player mini yang rusak

Cara memperbaiki MP3 Player mini - Saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang sebuah "MP3 Player" mini. Seorang teman menawarkan kepada saya sebuah MP3 Player berbentuk mini (tanpa display), saya tertarik karena selain mini juga kelihatan lucu, disamping itu dilengkapi dengan slot memori microSD. Selain alasan tadi yang membuat saya semakin terdorong untuk membelinya karena harganya sangat murah, Rp.70.000. Ketika saya test sebelum deal, suaranya oke banget.

Nah, saya bawa pulanglah tuh barang dan injek lagu-lagu kesayangan saya ke memori card. Memang, handphone saya bisa memutar lagu-lagu MP3, namun kalau ada MP3 player buat apa ngebebanin memori handphone...tul tak?. Kemana-mana saya bawa MP3 player tersebut (khususnya diangkot untuk menghilangkan rasa bosan). Namun, tidak sampai sebulan, MP3 player tersebut menunjukkan gejala yang tidak bersahabat yaitu "matot" alias "mati total".

Baca juga: - Cara Jitu Mengenali Ciri-Ciri Wanita Penyuka Sesama Jenis (Lesbi) Lebih Spesifik
  - Trik memodifikasi kamera handphone
  - Cara membuat lensa tele menggunakan kaca pembesar
  - Jenis-Jenis Bentuk Vagina Wanita Berdasarkan Wajahnya

What the hell is this? (pikirku)...apa kira-kira masalahnya?. Sebenarnya cukup lama saya biarkan MP3 Player tersebut mati (saya letakin aja di atas meja). Seminggu yang lalu terdorong hati saya untuk mencari tahu penyebab matinya MP3 Player tersebut. Saya buka 2 skrup kiri dan kanan menggunakan sebuah paku (hehe, maklum saya mekanik mesin berat, ndak punya obeng ukuran mini segede skrup tersebut) dan ternyata ujung paku tersebut pas banget tuk buka kedua sekrup tersebut (lagi rejeki kali ya???)

Cukup hati-hati saya menarik papan rangkaiannya, karena tipis banget bos (takut patah). Ketika ditarik, agak susah (bukan karena tenaga kurang lho)...karena ternyata dihalangi batere isi ulangnya (setelah saya selidiki ternyata sudah menggelembung).

Awalnya saya tidak menaruh curiga pada part manapun itu yang menjadi penyebab matinya MP3 player tersebut. Saya langsung berpikir menghubungkan langsung charger Nokia yang sudah tidak terpakai ke kedua sumber arus MP3 Player tersebut, dan ternyata lampu indikator ON nya menyala. Hmmm, ternyata MP3 Player tersebut mati karena baterenya sudah rusak.

Saya coba isi ulang baterenya menggunakan charger Nokia (namun saya sudah antisipasi jika-jika Ampere-nya tidak sesuai dengan output Ampere Charger Nokia yang saya punya). Sembari ngecas, saya tutup menggunakan sebuah benda (takut meledak). Benar saja, begitu saya tinggal sebentar kebelakang, terdengar suara ledakan kecil (ledakannya ga sampai menyaingi suara petasanlah...pelan kok). Saya lihat, yang tadinya tuh batere kelihatan menggelembung, karena meledak menjadi kempes (benar juga feeling gw ternyata). Maklum saja, di bodi batere tak 1 hurufpun dituliskan mengenai spesifikasi batere tersebut, itu yang membuat saya sedikit berhati-hati namun harus tetap bernyali.

Kebetulan saya punya batere isi ulang Nokia tipe BL-4C (masih kondisi bagus dan baru) yang sedang nganggur, dan saya isi ulang sebentar sebelum saya ujikan langsung pada MP3 Player mini tersebut. Setelah penuh, saya sambungkan ke MP3 Player tersebut dan ternyata bagus, suara jernih dan saya sudah test...bisa tahan 1 hari penuh non-stop mutar lagu.

Yang ini saya suka, karena perlu pembaca ketahui, batere standar/bawaan MP3 player tersebut sangat mudah habis...barangkali daya tampungnya sedikit. Oleh karena itu, berdasarkan pengalaman saya ini, bagi yang pernah beli dan sudah mengalami hal yang serupa dengan saya, pengalaman saya ini tidak ada salahnya untuk ditiru, dijamin akan sangat sangat puas dan merasa tidak menyesal membeli MP3 Player tersebut. Bagi yang ingin membelinya, tidak usah takut, toh sudah ada solusinya.

NB: Diharapkan hanya untuk yang sudah berpengalaman elektronika arus lemah. Jika tidak bisa, minta tolonglah pada teman atau teknisi arus lemah yang Anda kenal. Kerusakan akibat yang ditimbulkan memodifikasi MP3 Player tersebut bukan menjadi tanggung jawab saya selaku penulis artikel ini.

Di bawah ini gambar-gambarnya, kiranya bisa menjadi petunjuk

mp3-player-mini

Gambar 1: Contoh model MP3 Player mini yang dimaksud

papan-rangkaian

Gambar 2: Papan rangkaian

batere

Gambar 3: Batere bawaan MP3 Player tersebut (biang kerok matinya MP3 Player)

belakang

Gambar 4: Keterangan untuk navigasi MP3 Player

Gambar 5: Tampak untuk Slot memori, USB, output headset, switch on/off dan lampu indikator


Untuk konektor dari batere ke MP3 Player, terserah, Anda dapat menggunakan konektor jenis apa saja (yang penting bersifat penghantar arus). Gambar diatas sekedar ilustrasi saja, Anda dapat memodifikasinya sendiri kebentuk apapun itu (bisa didalam kotak rokok, didesain berbentuk box menggunakan bahan acrylic atau apapun itu sesuai selera Anda). Intinya, I love my style....telanjang seperti itu kelihatan lebih gahar bagi saya he he.

Selamat berinovasi. (stttt, jangan sampai terbalik masangnya...bisa-bisa chip MP3 Player ente terbakar).

 

Keyword: Memodifikasi MP3 Player mini | Cara memperbaiki MP3 Player Mini