Cara memperbesar obyek kecil menggunakan webcam

Ini adalah hasil dari eksperimen saya yang kesekian kalinya, dimana dari rasa penasaran hingga mendapatkan suatu hasil yang menakjubkan yaitu "cara memperbesar obyek kecil menggunakan webcam".

Jika Anda pernah mengetahui/membaca cara memperbesar obyek kecil menggunakan webcam yang dihubungkan ke alat Microscope, sebenarnya menggunakan webcam langsung dapat kita lakukan (tanpa bantuan alat/lensa pembesaran lainnya).

Secara default, webcam sudah disetting dipabrik agar gambar dari obyek yang ditangkap besarnya kurang lebih sama dengan obyek yang ditangkap oleh mata kita (namun jelaslah obyek yang ditangkap mata secara langsung lebih bersih dan gerakannya tidak putus-putus).

Nah teman-teman, apabila Anda memiliki webcam seperti gambar dibawah, tidak ada salahnya Anda melakukan sedikit eksperimen menggunakan webcam kesayangan Anda. Namun harus sabar dan berhati-hati, jangan sampai merusak webcam Anda tentunya.

Sedikit penjelasan, obyek yang saya jadikan sampel seperti pada gambar dibawah adalah komponen handphone yang sudah rusak (banyak sekali koil-koil, mungkin itu komponen RF kali ya?). Dari dulu saya memang sangat suka dengan komponen yang kecil-kecil (suka karena penasaran saja, "bagaimana mungkin bisa komponen sekecil ini dibuat dan dijadikan menjadi sebuah alat komunikasi?" he...he, maklumlah saya cuma orang bodoh).

Yah sudahlah, daripada terlalu banyak cerita, langsung saja saya tampilkan hasil dari gambar yang saya ambil menggunakan webcam.

Webcam biasa

Gambar 1: Webcam yang akan dijadikan pembesaran obyek-obyek kecil

Obyek

Gambar 2: Obyek yang kita jadikan sampel adalah komponen dari handphone

Pengambilan gambar

Gambar 3: Hasilnya terlihat pada notebook yang terdapat pada gambar dibelakangnya

Bagaimana teman-teman, menarik bukan?. Dengan begitu kita dapat melihat obyek-obyek kecil karya dari orang-orang jenius yang menciptakan komponen-komponen elektronika yang berukuran mikro yang biasa kita gunakan sehari-hari. Huh, masih banyak lagi lho ukuran-ukuran komponen elektronika yang berukuran supermikro yang tidak dapat dilihat oleh webcam tersebut (sambil tepok jidad) :-D.

Ups, hampir ketinggalan, dibawah ini ada beberapa gambar yang sempat saya abadikan (buat iseng-iseng doang).

komponen-elektronika

Gambar 4: Hasil jepretan langsung dari webcam (obyek sama dengan yang diatas)

komponen-elektronika-2

Gambar 5: Hasil jepretan langsung dari webcam (obyek idem)

permukaan-kulit

Gambar 6: Gambar pembesaran permukaan kulit serta lubang pori-pori tumbuhnya bulu

gambar-pori-pori-bulu

Gambar 7: Idem No.6

Oke, selamat bereksperimen ya. Apabila berhasil...share hasilnya ya!. Bagaimana caranya?, senggol saja saya beberapa kali dengan sebuah link URL hasil jepretan Anda ke URL atau domain ini juga bisa, ga perlu berbentuk backlink (attribut nofollow), oke?



Keyword: Cara memperbesar obyek kecil menggunakan webcam | Cara memperbesar komponen elektronik menggunakan webcam