Merancang lampu flip menggunakan AutoCad

Karya saya yang satu ini saya beri nama "Lampu Senter Flip", dimana senter ini bisa diputar posisi penerangannya untuk diarahkan pada obyek yang hendak diterangi. Ide ini muncul dari seorang teman yang memberi tantangan kepada saya yang mana ia ingin join-an membuat karya inovasi dengan saya. Saya sanggupi, semua dari perancangan, material dan pembuatan mentahnya saya kerjakan sendiri hingga lampu ini jadi. Tadinya ada 2 buah (satu saya berikan pada teman saya tersebut untuk ia uji sendiri ketahanan batere hingga tingkat keterangan dari cahaya senter tersebut sebelum diajukan pada big bos dimana ia bekerja). Malas sebenarnya ngerjainnya, namun karena iming-iming hadiahnya sehingga membuat saya semangat dan tertantang (maklum sudah lama tidak merancang produk semenjak resign dari perusahaan).

Ketika ia test sendiri (sebenarnya sebelumnya sudah saya test), batere tahan hingga 2 hari online (menggunakan 4 buah lampu LED super bright dia. 10mm), dan saatnya untuk diajukan. Namun ketika diajukan, bosnya berkata "kalau boleh, tambahin lagi tingkat brightness-nya)". Yah, tak jadi masalah, nanti akan saya rancang ulang dengan menggunakan 5 atau 6 buah lampu LED (namun sebenarnya saya sudah malas hehe).

Perlu pembaca ketahui, sebelum saya merancang produk yang pertama, teman saya memberitahukan kondisi ruangan yang nantinya senter ini hendak digunakan. Dimana senter ini akan digunakan di dalam sebuah box ruang kontrol panel ukuran 80cm x 80cm x 120cm (P x L x T), karena tugas sehari-hari teman saya ini wiring arus tegangan tinggi untuk panel listrik. Nah, untuk itu saya bikin gambar simulasi menggunakan software AutoCad, dimana box dengan ukuran segitu mampukah nanti senter ini nantinya menjadi alat penerang?...saya sedikit bereksperimen menggunakan fitur lighting di AutoCad, dan ternyata obyek yang akan disorot akan tampak jelas ketika akan disinari lampu senter ini nantinya (ya masa sih hingga kuku jempol kaki juga harus kena sorot, ga lucu kan?).

Menurut pembaca, kira-kira inovasi ini masuk nominasi ga?, jawabannya "ga", karena sebelum mengerjakan untuk kedua kalinya saya sudah males, karena masa sih harus saya sendiri yang mengerjakan seluruhnya apabila karya ini di approve? (ini sebenarnya sudah bisa dikatakan 98% lulus). Dari awal pembicaraan kesepakatan kerja sama, bahwa ini akan dikerjakan bersama-sama, namun dihari-hari berikutnya lain lagi cerita dan alasannya "mungkin ga sempat karena sibuk di tempat kerjaan". Lagi-lagi saya kecewa bekerja sama dengan orang lain (pernah kecewa dengan orang yang berbeda karena tidak konsisten). Saya batalkan project tersebut (selain project lampu penerangan, ada juga project-project lainnya).

Huh, sudahlah, meskipun tidak jadi, minimal saya sudah memiliki lampu tersebut untuk kebutuhan saya sehari-hari. Lampu tersebut dapat saya gunakan untuk pekerjaan diruangan yang minim cahaya (misalnya menyolder komponen elektronik, memperbaiki motor atau bahkan menjemur pakaian di loteng ketika malam hari he he).

Ini dia gambar-gambarnya, jika ada yang ingin berinovasi...silahkan (mudah-mudahan rejeki Anda)

gambar rancangan dan flip

Gambar 1: Gambar rancangan + bagaimana ketika senter ini nantinya di flip

sedang re-charge

Gambar 2: Sudah jadi + diisi ulang (re-charge) battere-nya

test-flip-1

Gambar 3: Sambil di cas, dilakukan test flip

test-flip-2

Gambar 4: Sambil di cas, dilakukan test flip #2

test-flip-3

Gambar 5: Sambil di cas, dilakukan test flip #3

Nah, bagaimana...terinspirasi untuk berinovasi? Saya suka jika orang-orang Indonesia suka bereksperimen dan kreatif, agar negara ini lebih maju lagi. Semoga sukses.


Keyword: Contoh desain lampu flip | Gambar rancangan lampu flip menggunakan AutoCad | Lampu flip