Apa itu Papsmear dan Colposcopy?

Papsmear

Di Amerika Serikat, setiap wanita berusia 35 tahun keatas memiliki resiko 2-3 kali lipat untuk menderita kanker mulut rahim (serviks) dan perubahan sel pada mulut rahim atau Servical Dysplasia.
Pap Smear atau Papanicolaou test, mulai dikampanyekan secara rutin  di tahun 1990-an perhimpunan Dokter Ahli Kebidanan dan Kandungan karena angka kejadian kanker mulut rahim yang meningkat. Dan penelitian menunjukkan penurunan komplikasi dan peningkatan angka harapan hidup dengan deteksi dini melalui pap smear.

papsmear

Pap Smear adalah pemeriksaan usapan mulut rahim untuk melihat sel-sel mulut rahim (serviks) di bawah mokroskop. Pemeriksaan ini dilakukan di atas kursi pemeriksaan khusus ginekologis. Sampel sel-sel diambil dari luar serviks dan dari liang serviks dengan melakukan usapan dengan spatula yang terbuat dari bahan kayu atau plastik. Setelah usapan dilakukan, sebuah cytobrush  (sikat kecil berbulu halus, untuk mengambil sel-sel serviks) dimasukkan untuk melakukan usapan dalam kanal serviks. Setelah itu, sel-sel diletakkan dalam object glass (kaca obyek) dan disemprot dengan  zat  untuk memfiksasi, atau diletakkan dalam botol yang mengandung zat pengawet, kemudian dikirim ke laboratorium untuk diperiksa.

Apa itu Colposcopy?

Kolposkopi adalah pemeriksaan untuk melihat permukaan serviks dengan memasukkan teropong bernama kolposkop ke dalam liang vagina. Alat ini menggunakan mikroskop berkekuatan rendah yang memperbesar permukaan serviks sampai dengan 10-40 kali dari ukuran normal. Pembesaran ini membantu mengidentifikasi daerah permukaan serviks yang menunjukkan abnormalitas.

colposcopy

Tidak ada persiapan khusus sebelum kolposkopi. Sebelum pemeriksaan, Anda diminta untuk mengosongkan kandung kemih dan saluran cerna. Anda tidak dianjurkan untuk melakukan pencucian vagina dengan cairan apapun atau melakukan hubungan seksual dalam 24 jam sebelum pemeriksaan.



Keyword
: Papsmear | Colposcopy | Kanker Serviks | Servical Dysplasia