Bagaimana cara menginstal Windows di laptop ASUS X401U

Notebook ASUS X401U series - Saya yakin, masih banyak yang bingung bagaimana caranya menginstal windows di notebook/laptop ASUS X401U. Saya bisa memahami kebingungan Anda, karena pada dasarnya laptop ASUS X401U series tidak memiliki media pemutar DVD-ROM yang biasa digunakan kebanyakan orang untuk melakukan proses instalasi software maupun instalasi sistem operasi Windows.

Saya membeli laptop ASUS X401U tahun 2013 karena harganya murah sekali pada saat itu (saya beli dari Harco Mangga Dua). Harganya murah bukanlah karena murahan menurut saya, namun perlu diketahui bahwa ASUS X401U series dijual tanpa disertai sistem operasi Windows dan tanpa pemutar DVD-ROM. Si mbak penjaga lapak sempat nanya "mau sekalian di pasang Windows nya ga?", namun karena harga pemasangan mahal maka saya urungkan, karena setelah saya pikir sebenarnya dirumah saya punya CD instalasi Windows7.

ASUS X401U selain mampu menjalankan Windows7, ia juga direkomendasikan dapat menjalankan Windows 8 (kalau untuk Windows 10 saya tidak tahu, karena belum pernah mencobanya). Berhubung saya tidak punya DVD-ROM eksternal, maka saya coba opsi menggunakan USB Pen Drive (flashdisk) untuk melakukan instalasi. Saya copy file setup windows7 ke flashdisk tersebut menggunakan CD-ROM PC desktop. Setelah file-file setup rampung tercopy, saya nyalakan laptop tersebut dan masuk ke BIOS manager untuk mengatur drive mana yang diboot terlebih dahulu (disini saya pilih drive flashdisk tersebut). Dalam hati saya mengira bahwa prosesnya akan mulus-mulus saja, apa lagi ketika proses booting awal langsung mengeksekusi file setup windows7 yang terdapat didalam flashdisk. Namun dugaan saya salah, proses instalasi tidak berjalan mulus (alias tidak dapat dilanjutkan).

Saya coba berulang-ulang namun tidak berhasil (selalu mentok dipersoalan yang sama). Saya coba browsing dan cari tahu bagaimana cara instalasi windows dengan menggunakan flashdisk, disinilah titik terang mulai kelihatan (namun belum menjamin kesuksesan proses instalasi). Sebenarnya kesuksesan saya hingga dapat menginstalasi windows7 adalah dengan mengumpulkan banyak sekali informasi melalui internet (forum), saya rangkum apa yang saya baca dan memunculkan sebuah jawaban kenapa proses instalasi selalu gagal. Baiklah, saya akan menjelaskan tahapan-tahapannya secara ringkas namun jelas. Apabila Anda memiliki persoalan yang sama seperti yang pernah saya alami, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu bagian terpenting untuk kesuksesan proses instalasi pada laptop ASUS X401U seperti gambar yang tertera dibawah ini.

 

left-side
Figure 1 [Sisi kiri]


right-side
Figure 2 [Sisi kanan]

Mari kita mulai proses instalasi. Sebagai pengganti DVD-ROM yang biasa kita gunakan ketika hendak melakukan proses instalasi, disini kita menggunakan USB pen drive.
Aplikasi yang saya rekomendasikan untuk membuat sebuah media boot pada USB drive, gunakan software WinToFlash (cari di google, setelah ketemu kemudian download!).

Langkah-langkahnya sebagai berikut
1. Gunakan PC yang memiliki CD-ROM untuk menyalin semua file-file windows 7 atau windows 8 ke media penyimpan USB pen drive (flashdisk). (Jika windows 7 atau windows 8 tersebut tersimpan di harddisk, abaikan instruksi ini)
2. Jalankan WinToFlash.
3. Pilih windows operating system mana yang hendak Anda instal.
4. Tetapkan "source" dan "target" secara benar (source = file setup windows, target = USB pen drive).

Proses pembentukan memakan waktu yang lumayan lama (tergantung kecepatan PC yang Anda miliki), Anda dapat istirahat sejenak untuk minum kopi atau merokok hingga proses selesai.

Setelah proses tuntas, nyalakan kembali notebook ASUS X401U, dan tekan tombol "DELETE" untuk masuk ke BIOS.

Bios Configuration

Untuk bagian "CD/DVD ROMDrive BBS Priorities", gunakan USB port 2.0. Masukkan USB pen drive (windows file setup) kedalam port USB 2.0, kemudian simpan pengaturan BIOS lalu restart. Proses instalasi akan berjalan dengan sempurna menggunakan USB pen drive (flashdisk).

Jika Anda benar-benar mengikuti langkah-langkah tadi dengan seksama, maka proses instalasi akan berjalan sukses. Semoga artikel ini bermanfaat.

Note: Jika Anda menemukan pesan "no active partition found", sebaiknya Anda harus membuatnya terlebih dahulu (untuk beberapa kasus yang berbeda).




Keyword: bagaimana menginstal windows 7 pada ASUS notebook X401U series | masalah instalasi ASUS notebook X401U series | ASUS notebook X401U series