Cara Memasak Babi Panggang Cina

Cara Memasak Babi Panggang Cina. Sebenarnya banyak cara panggang memanggang daging, namun kali ini tim sibagur.com akan menyajikan tips memasak babi panggang Cina. Di bawah ini penulis sajikan bahan, bumbu dan cara memasaknya.

babi panggang cina
Babi Panggang Cina

Bahan-bahannya:
1. 2 kg daging babi.
2. 200 ml kecap manis kental.
3. 125 ml sherry kering.
4. 75 ml madu.
5. 2 siung bawang putih, dilumat.
6. ½ sendok teh jahe giling.
7. 1 sendok makan tepung kanji jagung.
8. 15 ml air.

(Baca juga: Cara Memasak Saksang Serta Bumbunya, Resep Babi Panggang Khas Batak)

Cara memasaknya:
NB: Waktu mempersiapkan: 20 menit. Waktu memasak: 2 jam 45 menit. Waktu tambahan: 7 jam 55 menit. Masakan akan siap dalam waktu: 11 jam

1. Untuk melapisi daging babi: Tusuklah bagian sisi dari babi panggang dengan garpu, dan masukkan daging babi panggang kedalam kantong plastik besar.
2. Ambillah mangkuk berukuran sedang, dan campurlah kecap manis kental, sherry, madu, bawang putih dan juga jahe giling. Campur sampai rata, dan tuangkan campuran lapisan itu kedalam kantong yang berisi daging babi panggang. Hilangkan semua udara yang ada didalam kantong, dan tutuplah kantong agar udara tidak masuk kembali.
3. Masukkan daging panggang kedalam kulkas selama 8 jam, atau semalaman. Bolak-balik kantung sesekali.
4. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 160 derajat C.
5. Keluarkan babi panggang yang telah dilapisi dari kulkas. Simpanlah sisa lapisan untuk digunakan nanti, dan angkatlah babi panggang dan masukkan kedalam loyang berukuran besar. Panggang kembali daging tersebut dengan oven selama 1 jam.
6. Sapu daging babi panggang dengan sisa campuran lapisan kembali, tutupi dengan kertas aluminium dan panggang kembali selama 1 ½ jam, atau sampai temperature internal mencapai 70 derajat Celsius. Sapulah beberapa kali daging tersebut dengan sisa campuran lapisan.
7. Angkatlah daging dari oven, dan biarkan selama 15 menit.
8. Ambillah mangkuk kecil. campurlah tepung kanji dengan air dingin, campur sampai rata dan masukkan campuran lapisan kedalamnya. Didihkan campuran tersebut selama 4 sampai 5 menit, atau sampai mengental. Hidangkan dengan daging babi panggang.


Keyword: Cara Memasak Babi Panggang Cina | Masakan Khas Cina | Macam-macam Masakan Cina