Cara Memasak Dali Ni Horbo

Cara Memasak Dali Ni Horbo. DALI HORBO Ada juga yang menyebutnya bagot horbo. Dalam bahasa batak, keduanya berarti susu kerbau. Judulnya memang susu, tapi bentuknya seperti tahu. Ya. Sebenarnya dali horbo adalah susu kerbau yang sudah diproses menjadi dadih.

Susu kerbau susu kerbau
dali ni horbo

Tradisi mengolah susu kerbau sudah ada semenjak terbentuknya komunitas suku Batak. Dalam proses pembuatan dali horbo, susu kerbau dimasak di atas api kecil hingga mendidih dan mengental. Teksturnya yang padat seperti tahu disebabkan air daun papaya yang ditambahkan kedalamnya. Itu juga alasan di balik warna kehijaun susu ini.

(Baca juga: Resep Membuat Mie Gomak Medan, Resep Masakan Na Tinombur)

Dalam proses pembentukannya menjadi tahu, biasanya susu kerbau cair ini dimasak pada api dengan suhu kecil sehingga tidak terlalu panas. Kemudian susu cair akan mendidih pelan-pelan dan mengental. Untuk membuatnya menjadi keras seperti tahu, kedalam susu kerbau cair yang sedang di masak ini diberi perasan air daun pepaya yang akan membuat susu kerbau cair ini akan mengental sehingga berbentuk seperti tahu.

Dalam proses pemasakan biasanya akan muncul buih-buih pada bagian atas susu yang sedang dimasak. Buih-buih ini harus diambil sedikit demi sedikit hingga perlahan-lahan susunya akan mengental. Bagot ni horbo (susu kerbau) ini dapat langsung dikonsumsi karena susu kerbau ini sudah melalui proses pematangan sehingga menjadi berbentuk seperti tahu.

Bagot ni horbo ini lebih sedap lagi rasanya jika dimasak dengan bumbu arsik. Arsik merupakan masakan khas suku batak yang biasanya memakai ikan mas sebagai bahan dasarnya. Namun bagot ni horbo ini juga sangat lezat rasanya jika dimasak arsik dengan campuran bumbu-bumbu antara lain : mobe, andaliman, bawang batak, kunyit, jahe, sere, lengkuas secukupnya dll.


Keyword: Cara Memasak Susu Kerbau | Cara Memasak Dali Ni Horbo | Masakan Khas Batak | Macam-macam Masakan Batak