Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman (Teknologi Israel)

Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman (Teknologi Israel). Perusahaan Ayala Water & Ecology di Israel menciptakan alam yang natural (sehat dan alami), tidak dibutuhkan perawatan untuk membersihkan airnya, yang dapat digunakan kembali untuk peternakan, rumah, pabrik dan taman umum.

Graywater
[ Graywater, apartemen di Tel Aviv ]

Melepaskan kekuatan dari tanaman untuk memurnikan air limbah - tanpa pipa, pompa atau campur tangan manusia - Ayala Water & Ecology memimpin selama 26 tahun terakhir untuk mengubah air limbah menjadi murni kembali.

Sistem fitoremediasi Ayala dibangun di atas ratusan lahan seperti industri, perumahan, pertanian dan rekreasi di Israel, India, Chili, Meksiko, Perancis, Jerman, Yunani, Singapura, Amerika Serikat dan Kanada, dan untuk rencana kedepannya proyek ini akan diterapkan di Filipina dan Inggris. Saat ini penerapan solusi penghijauan diseluruh dunia sedang hangat-hangatnya, ini terbukti dengan antusiasme yang diperlihatkan oleh Ayala baru-baru ini di WATEC Expo yang berlokasi di Tel Aviv.

Eli Cohen yang menjabat sebagai CEO dan pendiri Ayala mengatakannya pada media ISRAEL21c bahwa banyak dari para pengunjung yang mencari informasi tentang penggunaan tanaman untuk membersihkan air, di mana kekeringan parah telah mendorong minat yang kuat untuk mempelajari teknologi air milik Israel.

Seorang penduduk asli di Haifa menceritakan bahwa ia rela meninggalkan karirnya dibidang teknologi tinggi pada tahun 1988. Ia membeli lahan pertanian di Moshav Tzipori di Galilea Pusat untuk meningkatkan dan mengekspor tanaman air organik sebagai hiasan dan filter alami untuk aquarium raksasa.

Cohen menyadari bahwa ia bisa menawarkan sebuah teknologi yang bebas energi untuk menciptakan sebuah ekosistem pemurnian air yang seimbang yang tidak membutuhkan perawatan seperti pemangkasan tanaman yang biasa dilakukan ditaman.

"Kami menyebutnya dengan istilah 'lahan aktif.' Anda dapat mengolah limbah Anda sendiri di taman atau di kebun dan menggunakan kembali air tersebut untuk irigasi," kata Cohen. "Anda dapat menghasilkan air berkualitas tinggi dari alam jika Anda menciptakan lingkungan yang tepat dari tanaman, kerikil dan tanah, serta penambahan bahan aditif alami khusus untuk masalah tertentu seperti logam berat dan unsur-unsur radioaktif. Jika Anda melakukannya dengan cara alami, yakinlah ini dapat bertahan selamanya".

Sampel air keruh
[ Sampel air yang diolah menggunakan teknologi yang alami ]

Sistem Alam Hayati Ayala (Natural Biological System) digunakan untuk berbagai macam proyek fitoremediasi, dari hasil limbah buangan asam pertambangan di Chile, tumpukan sampah di TPA Hiriya Israel, hingga limbah perkotaan di India. Pendekatan perusahaan Ayala sangat populer di India, yang mana anak perusahaan Ayala sebagai mitra bisnis Cohen berdiri disana, nama anak perusahaannya adalah Ayala Biological System, di Bangalore.

NBS (Natural Biological System) adalah sistem kebun yang tertutup, hanya menggunakan air yang sudah tersedia di tempat melalui limpasan, limbah maupun air hujan. Semua air ini dapat digunakan kembali untuk mengairi tanaman setelah melalui proses pemurnian. Cohen mengatakan Ayala selalu mencoba untuk menggabungkan tanaman air asli di mana pun sistem tersebut dipasang. "Itu bagian dari ideologi kita," katanya kepada media ISRAEL21c.

instalasi lahan Ayala
[ Sebuah instalasi lahan milik Ayala yang berfungsi melindungi air di Meksiko ]

Berdasarkan survei untuk mengetahui kondisi sebuah tempat, setiap sistem dibuat ruang-ruang khusus secara terpisah, dijrajut menjadi topografi alam untuk meminimalkan kebutuhan energi. Sesuai dengan peraturan air setempat, sistem nabati dapat disesuaikan untuk mengolah lemak, deterjen, emulsi, salinitas tinggi, hidrokarbon, limbah mentah, residu farmasi, dan limpasan beracun dari peternakan sapi perah, kandang ayam, pemotongan hewan dan perasan zaitun.

Di Israel, tanaman-tanaman NBS dijadikan sebagai pusat pemulihan air sungai Yarkon dan Yavne, dan dapat ditemukan juga di banyak tempat lainnya. Di Israel, Ayala mempekerjakan tujuh orang dan menyewa kontraktor lokal untuk merancang dan memasang sistem di seluruh dunia.

 

Keyword: Cara memurnikan air limbah hanya menggunakan tanaman | Sistem Alam Hayati | Mengolah air limbah menjadi murni