Resep ayam napinadar

Resep ayam napinadar. Masakan yang satu ini juga termasuk masakan andalan dari daerah Sumatera Utara, selain saksang dan juga panggangnya.  kali ini tim sibagur.com akan menyajikan tips memasak ayam napinadar khas Sumatera Utara khususnya Batak. Bagi yang merantau di luar negeri tak usah khawatir, semoga dengan resep ini rasa rindu Anda dapat terobati. Okelah, daripada berlama-lama langsung saja kita sikat belajar bagaimana cara membuatnya.

ayam napinadar
ayam napinadar

Bahan-bahannya:
1. Ayam kampung yang masih muda (pas ayamnya dipotong, darahnya ditampung trus dikasi jeruk nipis biar ga beku). Ayam dipotong berukuran agak besar, jangan terlalu kecil-kecil.
2. Cabai merah.
3. Cabai rawit.
4. Bawang merah.
5. Bawang putih.
6. Kemiri.
7. Jahe.
8. Garam.
9. Jeruk nipis.
10. Merica bubuk.
11. Andaliman.

(Baca juga: Cara memasak iga bakar, Bumbu-bumbu Ikan Mas Naniura Dan Cara Membuatnya)

Cara memasaknya:
1. Ayam yang udah dipotong-potong di lumuri jeruk nipis, garam, merica bubuk, diamkan sekitar 10 menit sampai bumbu dasar meresap.
2. Ayam yang bagiannya mayoritas tulang seperti: ceker, sayap, punggung dan lain-lain mendingan di jadiin bahan sop aja soalnya ngga enak kalo dimasak napinadar.
3. Bagian ayam yang sudah dilumuri bumbu dasar kemudian di bakar atau dipanggang di atas teflon juga boleh (tapi lebih mantep klo dipanggangnya di atas bara api). Pakai api sedang jadi tidak hanya gosong diluar, tapi bagian dalam juga ikut matang.
4. Bahan: jahe, bawang merah, bawang putih, kemiri, setelah dicuci bersih, dipanggang sampai muncul warna agak kcoklatan. Lalu seluruh bahan bumbu (cabai, bawang, kemiri, jahe, andaliman) dihaluskan.
5. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak goreng, tambahkan sedikit air, lalu masukkan ayam yang sudah dibakar. Aduk rata, masukkan darah ayam yang tekah dicampu dengan jeruk nipis, tambahkan garam, dan terakhir beri perasan jeruk nipis.
6. Ayam napinadar siap disajikan dengan nasi putih panas dan sop ayam.

Selamat mencoba.


Keyword: Cara Memasak Ayam Napinadar | Masakan Khas Batak | Macam-macam Masakan Batak