Contoh Membuat Surat Jual Beli Tanah Yang Formal

Konsep SuratContoh Membuat Surat Jual Beli Tanah Yang Formal. Bagi Anda yang bingung cara membuat surat resmi jual beli tanah, disini sibagur.com akan berbagi cara membuatnya. Sebelum ketopik cara membuat surat jual beli tanah, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu surat jual beli tanah?, apa manfaat atau kegunaan dari surat jual beli tanah?.

Surat pernyataan jual beli tanah adalah surat yang dibuat oleh para pihak yang terlibat dalam jual beli tanah, dimana dalam surat tersebut terdapat pernyataan bahwa telah dibeli sepetak tanah pada salah satu pihak dengan harga tertentu serta pernyataan-pernyataan lain yang dianggap perlu.

Manfaat dari surat pernyataan jual beli tanah ini adalah untuk dijadikan bukti tertulis bahwa telah terjadinya jual beli tanah antara satu pihak dengan pihak yang lain. Dengan adanya surat ini, ketika nantinya ada perselisihan antara masing-masing pihak, surat tersebut bisa menjadi alat bukti dalam menyelasaikan permasalahan tersebut. Jadi surat ini memiliki peran penting dalam sebuah transaksi jual beli tanah. Maka sangat disarankan kepada Anda untuk membuat surat ini apabila akan menjual atau membeli sepetak tanah.

Adapun cara membuat surat pernyataan jual beli tanah tidaklah sulit, surat diawali dengan identitas kedua belah pihak, kemudian sebutkan butir-butir pernyataan yang Anda anggap penting. Kemudian yang terakhir tanda tangan kedua belah pihak beserta saksi-saksi. Agar jelasnya, berikut ini telah saya siapkan format surat pernyataan jual beli tanah.

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama : Budi  
Tempat / Tanggal lahir :  
Jenis Kelamin :  
No. KTP :  
Alamat :  
 
Selanjutnya disebut sebagai penjual (Pihak I)
 
Nama : Polan  
Tempat / Tanggal lahir :  
Jenis Kelamin :  
No. KTP :  
 
Selanjutnya disebut sebagai pembeli (pihak II)
 
Telah melakukan transaksi jual beli tanah yang telah disepakati oleh kedua belah pihak serta didampingi oleh saksi-saksi dari kedua belah pihak, bahwa :
 
1. Pihak I menjual sebidang tanah berikut dengan segala yang ada diatasnya kepada pihak II dengan harga Rp. 1000.000.000 (satu milyar rupiah) ;
2. Tanah yang dimaksud adalah seluas 100 x 200 meter persegi, yang berkedudukan di kelurahan .........., Kecamatan ..........., Kabupaten .............dengan batas-batas sebagai berikut :
    a. Utara berbatasan dengan ......
    b. Selatan berbatasan dengan ......
    c. Timur berbatasan dengan ......
    d. Barat berbatasan dengan ......
3. Tanah yang dimaksud berhak milik atas nama ...... ;
4. Pernyataan ini dibaut di depan saksi - saksi dan pejabat berwenang ;
5. Pihak pertama telah membayar sesuai harga Rp. 1000.000.000 (satu milyar rupiah) ;
6. Surat pernyataan ini dibaut dengan sebenarnya dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun ;
7. Setalah melakukan [pembayaran dengan ditanda tangani surat pernyataan ini, maka secara sah tanah dimaksud telah menjadi hak milik pihak II ;
8. Surat pernyataan ini disepakati dan ditanda tangani di depan saksi saksi dan pejabat berwenang dengan disertai materai pada hari Kamis tanggal 01 bulan Januari tahun 2015 di desa ....... Kecamatan ...... Kabupaten ......
 
Pihak II
 
 
 
( Polan  )

Pihak I

 

 

 

( Budi )

 
Pejabat Kelurahan, ......    ( .................. )
Ahli Waris I, .......             ( .................. )
Ahli Waris II, ...........        ( .................. )

 

 

Keyword: Contoh Surat Jual Beli Tanah | Surat Jual Beli Tanah Yang Sah | Contoh Surat