Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out)

Efek Teks Cut OutEfek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Cut Out). Bagi Anda yang sedang belajar desain menggunakan Photoshop, disini tim sibagur.com akan berbagi teknik membuat efek pada tulisan. Mari kita mulai berlatih dengan efek teks yang paling gampang. Efek pertama yang akan kita mainkan adalah efek "Cut Out", yang artinya teks tersebut tampak seolah-olah melesak kedalam gambar latar belakang. Teknik ini sangat gampang dipelajari sehingga bolehlah kalau kita mempelajarinya pertama kali.

Untuk memulai latihan ini, kita butuh gambar latar belakang yang bertindak sebagai pemanis. Anda bisa pilih gambar atau pola latar belakang apa saja yang Anda mau. Dalam latihan ini, saya telah menyediakan gambar latar belakang yang dapat Anda download disini.

Dibagian Layer, pilih layer gambar background, ketikkan sebuah huruf pada latar belakang yang telah Anda download atau menggunakan background Anda sendiri (Anda bisa menggunakan beragam macam font dan ukuran. Tapi, carilah terlebih dulu posisi dimana teks itu akan diletakkan. Jika sudah, barulah Anda ketikkan sebuah teks yang akan berikan efek.

Pilih menu Edit > Copy. Setelah itu, Paste. Sekarang Anda punya layer baru yang di dalamnya menyimpan potongan gambar berbentuk huruf lengkap dengan latar belakangnya. Pada canvas memang potongan huruf tersebut tidak kelihatan. Hal ini terjadi karena warna potongan dan latar belakangnya sama.

Sekarang, beralihlah ke Layer 1. Jadi, pastikan layer ini dalam keadaan terpilih. Kemudian, klik menu Layer > Layer Style > Inner Shadow.

Gunakan nilai bawaan (default) photoshop pada bagian "Inner Shadow". Dan hasilnya dapat Anda lihat seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk sementara ini kesan melesak sudah diperlihatkan seperti pada gambar di atas, namun belum terlalu tegas. Artinya, gambar latar belakang dan gambar pola teks masih saling tumpang tindih dan kuran ada pemisahan yang tegas. Untuk itu, kita akan mengatur terang dan kontras teks tersebut. Klik menu Image > Adjustments >Brightness/Contrast. Kini, Anda berada di dalam jendela Brightness/Contrast. Setiap angka yang Anda masukkan pada kotak Brightness dan Contrast akan menyebabkan munculnya beragam efek. Sebagai contoh, Anda isikan dengan angka -35 untuk Brightness dan 14 untuk Contrast.

Dan, hasil akhir efek tersebut kira-kira akan seperti gambar di bawah ini.

Efek teks Cut Out ini bisa bekerja dihampir semua warna atau pola latar belakang. Kebetulan saja kita menggunakan latar belakang api agar kesannya lebih dramatis. Tapi, jika Anda punya pola kayu, batu, marmer atau daun, efek tersebut juga tidak kalah bagusnya. Yang penting Anda tinggal atur Brightness dan Contrastnya.

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop