Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar)

Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bergambar). Efek teks bergambar bisa mengesankan romantis, dramatis atau penuh pesona lainnya. Sebenarnya, efek teks bergambar ini adalah efek teks yang paling mudah untuk dibuat. Kita hanya memindahkan sebuah gambar ke dalam teks, itu saja.

Efek teks bergambar ini terdiri dari dua bagian penting. Bagian pertama berwujud gambar latar belakang yang akan mengisi teks itu dan bagian kedua berwujud teks itu sendiri. Oleh karena itu, siapkanlah terlebih dahulu gambar latar belakang yang akan mengisi teks tersebut. Gambar tersebut boleh berupa apa saja, bisa pemandangan, orang, binatang atau bunga. Yang penting, ukurannya cukup untuk mengisi seluruh teks.

Dalam latihan ini, saya sediakan gambar backgroundnya sebagai bahan untuk latihan.

Efek teks photoshop

Bukalah atau kopikan gambar tersebut langsung ke Adobe Photoshop CS. Sebelum kita bekerja menggunakan gambar latar belakang tersebut, kita akan membuat teks terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkahnya seperti dibawah ini.

1. Buatlah kanvas baru berukuran kira-kira 500x500 pixel dengan latar belakang putih. Setelah itu, buatlah teks baru dengan menggunakan Horizontal Type Tools. Anda bisa menulis teks menggunakan font apa pun sesuai selera Anda. Ukuran dan warna pun bisa Anda sesuaikan sendiri karena pada dasarnya tidak ada masalah dengan hal ini.

Efek teks photoshop

2. Sekarang, Anda punya layer baru bernama sama seperti teks yang Anda ketikkan tadi. Jadi, kalau teks yang Anda ketik adalah "Flower" maka layer Anda akan bernama Flower juga. Lakukan klik ganda pada layer tersebut agar seluruh teks dalam keadaan terdeteksi.

Efek teks photoshop

Efek teks photoshop

3. Jika teks tersebut sudah terseleksi, kita akan beralih ke gambar background yang nanti akan menjadi gambar latar belakang. Beralihlah ke gambar latar belakang dan tekan menu Select > All. Dengan begitu, semua bagian gambar itu akan terseleksi.

Efek teks photoshop

Lantas, kita akan meng-copy gambar latar belakang ini. Pilih menu Edit > Copy. Sekarang, gambar tersebut masuk dalam memori komputer. Nanti, kita pindahkan gambar tersebut ke dalam teks.

4. Beralihlah ke kanvas teks. Pastikan teks masih dalam keadaan terseleksi. Jika sudah, klik menu Edit > Paste Into..., maka secara otomati, gambar tersebut langsung berpindah tempat ke dalam teks yang Anda tulis tadi. Perhatikanlah bahwa proses ini berlangsung cepat dan otomatis.

Efek teks photoshop

5. Sampai saat ini, sebenarnya efek teks bergambar ini sudah usai. Tapi, Anda bisa melakukan personal touch lainnya agar efek ini tampak lebih sempurna lagi. Contohnya, Anda bisa memberinya sedikit bayangan pada teks. Klik menu Layer > Layer Style > Drop Shadow.

Efek teks photoshop

6. Atau, Anda juga bisa memberinya warna kanvas yang berbeda agar tidak tampak polos dan putih seperti itu. Lihatlah gambar dibawah ini.

Efek teks photoshop

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop