Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians)

Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (101 Dalmatians). Efek teks fantastis pernah diulas pada postingan sebelumnya, kali ini tim sibagur.com akan mengulas kembali teknik memberikan efek pada teks yaitu efek dalmatians (efek tutul pada teks). Baiklah, ingin tahu bagaimana caranya memberikan efek tutul pada teks?, ikuti langkah-langkahnya seperti gambar dan instruksi dibawah ini.

1. Siapkan kanvas berukuran 500x500 pixel. Klik icon T, "Horizontal Type Tool". Tulislah teks di atas kanvas dengan font dan ukuran sesuai selera Anda. Tapi disini, kita pakai jenis font Palatino Linotype. Pilihlah warna hitam untuk teks tersebut. Lihat gambar di bawah ini.

Efek teks photoshop

2. Teks tersebut akan kita beri special f/x dari menu Filter. Tapi, menu Filter tidak bisa bekerja pada teks yang belum di raster. Oleh karena itu, klik menu Layer > Rasterize > Type. Sesudah itu, kita bisa memberinya efek khusus. Klik menu Filter > Distort > Glass sampai Anda masuk ke jendela efek Glass seperti gambar di bawah ini.

Efek teks photoshop

3. Setelah Anda berada dalam jendela "Glass", atur Distortion: 8, Smoothness: 3, Texture: Frosted, dan Scaling: 100%. Jika sudah, tekan tombol OK. Kini, tampilan teks Anda akan tampak seperti berikut.

Efek teks photoshop

4. Teks tersebut akan kita kaburkan agar tampak lembut. Caranya yaitu menggunakan filter Gaussian Blur. Klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Pada kotak Radius, masukkan angka 1.7.

Efek teks photoshop

5. Kini kita akan bermain-main dengan intensitas dan kontras cahaya. Klik menu Image > Adjustments > Brightness/Contrast. Kalau Anda sudah berada dalam jendela Brightness/Contrast, masukkan angka 28 untuk Brightness dan 100 untuk Contrast. Perhatikan hasilnya pada gambar dibawah ini.

Efek teks photoshop

Sampai disini, pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah lagi. Kita tinggal mengaplikasikan efek Bevel and Emboss dan Drop Shadow. Caranya, klik menu Layer > Layer Style > Bevel and Emboss. Pakailah nilai default yang sudah ditetapkan Photoshop CS, atau Anda bisa mengaturnya sendiri sesuai selera Anda sendiri.

6. Efek 101 dalmatians ini akan tampak lebih cemerlang dan kuat jika diberi bayangan. Kliklah pilihan Drop Shadow pada jendela yang sama. Aturlah intensitas cahaya bayangan beserta parameter-parameter yang lainnya.

Efek teks photoshop

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop