Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding)

Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Puding). Nyatanya, membuat efek khusus tidaklah membutuhkan banyak filter atau plug-in. Adobe Photoshop sendiri punya efek khusus yang berada di kelompok layer dengan nama Blending Options yang sebenarnya sudah cukup untuk membantu kita menciptakan efek-efek spesial, seperti efek Teks Puding ini.

1. Efek ini relatif mudah dibuat karena hanya mengandalkan efek-efek yang ada di dalam Blending Option. Pertama kali, buatlah kanvas dimana teks ini akan dimasukkan. Anda bebas menentukan berapa ukuran kanvas ini, yang penting cukup untuk teks. Setelah itu, buatlah teks di atas kanvas. Anda bebas menentukan warna, ukuran, serta jenis font pada teks ini.

Efek teks photoshop

2. Kini kita akan mengatur teks tersebut sedemikian rupa agar berubah menjadi sepotong "puding". Caranya, klik menu Layer > Layer Style > Inner Glow. Aturlah dengan nilai-nilai seperti ini, Blend Mode: Multiply, Opacity: 100%, Noise: 0%. Sedangkan bagian Element dan Quality, buatlah agar tetap seperti nilai default yang sudah ditetapkan Photoshop. Langkah-langkah ini akan membuat glow di dalam teks (inner glow).

Efek teks photoshop

3. Kali ini kita akan memasukkan efek Belvel and Emboss. Klik menu Layer > Layer Style > Bevel and Emboss. Isikan nilai-nilai seperti ini agar hasilnya sama dengan efek yang ada dalam buku ini. Atur Style: Inner Bevel, Technique: Smooth, Depth: 100%, Size: 30 dan Soften: 5. Kemudian kita beralih ke bagian Shading. Kita akan atur posisi cahaya agar efek puding ini lebih berkilau. Pada bagian Angles, isi dengan nilai 120, sedangkan Attitude: 50. Pada bagian Highlight Mode, pilih Screen dengan warna putih. Warna putih ini juga kita terapkan pada bagian Shadow Mode dengan mode: Color Dodge. Sedangkan Opacity untuk Highlight Mode kita atur pada angka 75 dan Opacity Shadow Mode: 50.

Efek teks photoshop

4. Sebelum pindah ke teknik pewarnaan teks, kita pilih dulu option Contour yang ada persis di bawah option Bevel and Emboss. Disitu hanya ada satu bagian saja, yaitu Elements. Pilihlah salah satu tipe Contour yang ada. Lewat beberapa referensi, pilihan yang paling baik adalah pilihan tipe Contour seperti gambar berikut ini.

Efek teks photoshop

Sampai disini, Anda akan melihat tampilan teks seperti gambar pada ilustrasi berikut. Disini, warna belum penting.

Efek teks photoshop

5. Langkah terakhir adalah Anda tinggal memilih warna agar efek puding ini tampak lebih realistis menyerupai puding sungguhan. Untuk mewarnai teks ber-puding ini, Anda boleh memilih menu Layer > Layer Style > Color Overlay.

Efek teks photoshop

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop