Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic)

Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Mosaic). Kita akan menciptakan efek teks yang agak futuristik, yaitu Teks Mosaic. Teks ini memiliki bayangan latar belakang berupa kotak-kotak kecil berwarna putih dan abu-abu. Jika diletakkan secara tepat, efek ini akan tampak lebih bagus.

Pada prinsipnya, efek Teks Mosaic ini sangat mudah dibuat. Tetapi, agar kesan futuristiknya terasa kental, pemilihan font memang harus benar-benar tepat. Jika kita melihat film-film masa mendatang, teks yang mendominasi film tersebut biasanya berwujud teks ramping, kurus dan tinggi. Ada beberapa macam teks seperti ini. Saya menggunakan jenis font Eurostile.

1. Buatlah kanvas baru berukuran kira-kira 500x500 pixel. Akan lebih baik jika warna latar belakang teks tersebut bukan putih, tetapi warna lain yang mengesankan polesan modern. Disini, saya ambil sampel warna oranye. Jika kanvas sudah siap, buatlah teks baru menggunakan Horizontal Type Tool. Buatlah dengan ukuran dan kata yang pas. Yang penting, warna teks tersebut akan lebih baik jika berwarna putih.

Efek teks photoshop

2. Sekarang, kita akan menduplikasi layer teks ini. Di dalam jendela layer, Anda punya layer khusus untuk menampung teks tersebut. Jika Anda ketik "Mosaic", maka nama layer tersebut juga "Mosaic". Dan kita akan menduplikasi layer ini dengan cara mengklik menu Layer > Duplicate Layer. Sekarang Anda punya dua layer, layer "Mosaic" dan layer "Mosaic Copy".

Efek teks photoshop

Pindahlah sekarang ke layer "Mosaic" dengan cara mengkliknya. Mengapa kita memilih layer ini? Karena layer ini berada di bawah layer "Mosaic Copy" sehingga pantas untuk menjadi latarnya. Pertama-tama, kita akan me-raster layer ini agar bisa diberi efek khusus dari menu Filter. Caranya, klik menu Layer > Rasterize > Type.

Kalau sudah begini, teks itu bisa diberi efek khusus dari menu Filter. Hanya saja, teks itu sudah tidak bisa diedit lagi menggunakan Horizontal Type Tool.

3. Sekarang, kita akan bermain efek menggunakan menu Filter. Efek yang paling tepat adalah efek Mosaic yang dapat Anda pilih menggunakan menu Filter > Pixelate > Mosaic. Anda bisa memasukkan sendiri berapa nilai yang akan Anda isi pada kotak Cell Size. Tetapi disini, saya memilih angka 15.

Efek teks photoshop

Efek Teks Mosaic ini belumlah sempurna karena tampilan mosaik di belakang teks masih tampak kabur dan kurang nyata. Untuk mempertegas mosaik ini, kita perlu melakukan penajaman-penajaman.

4. Klik menu Filter > Sharpen > Unsharp Mask. Bermainlah dengan eksperimen pada bagian ini. Pada bagian Amount: 500, Radius: 1,6 dan Threshold: 0. Jika Anda mengisi dengan angka yang berbeda, efek ini juga akan tampak berbeda. Sesuaikan dengan selera Anda.

Efek teks photoshop

5. Sekarang kita klik Layer "Mosaic Copy". Klik menu Layer > Layer Style > Bevel and Emboss. Pada bagian Style, pilih Inner Bevel, Technique: Smooth, Depth: 400, Size: 2, dan Soften: 0. Setelah itu, kita akan mewarnai teks ini dengan mengklik bagian Color Overlay yang masih satu jendela dengan Bevel and Emboss. Kliklah bagian ini dan pilihlah warna abu-abu.

Efek teks photoshop

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop