Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bayangan Air)

Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Bayangan Air). Kadang, kita suka mengamati sesuatu di balik genangan air. Yang tampak di sana bukan hanya air itu saja, tetapi bayangan yang memancar di dalamnya juga sering kita amati. Bayangan itu berasal dari benda yang ada di atas air. Karena air kadang berombak, bayangan itu seakan ikut pula berjoged.

Efek refleksi air kadang banyak dipilih karena mudah pembuatannya namun bagus kesannya. Tidak hanya teks saja, foto-foto pemandangan kadang dibuat sedemikian rupa sehingga seolah-olah di bawah objek itu ada genangan air yang mencitrakan bayangan objek yang ada diatasnya.

1. Buatlah kanvas baru dengan ukuran 500x500. Kanvas akan menarik jika berwarna putih. Setelah itu, dengan menggunakan Horizontal Type Tool, Anda bisa memulai mengetikkan teks yang akan direfleksikan dalam bayangan. Warna teks itu sebaiknya hitam. Sedangkan jenis font beserta ukurannya dapat Anda sesuaikan sendiri.

Efek teks photoshop

2. Kita akan duplikasikan layer ini dengan cara mengklik menu Layer > Duplicate Layer. Dengan begitu, Anda punya dua buah layer bernama "Water" dan "Water Copy".

Efek teks photoshop

3. Karena layer "Water" lebih berada di bawah, maka kita akan pilih layer ini sebagai bayangannya. Klik layer "Water" ini sampai ia terpilih. Kemudian, kita rasterize layer ini dengan cara mengklik menu Layer > Raterize > Type. Kemudian, teks yang ada di layer ini akan kita balik 180 derajat. Caranya, klik menu Edit > Transform > Flip Vertical. Lihatlah perbedaannya, teks telah terbalik secara vertikal.

Efek teks photoshop

4. Kemudian, posisikan bayangan itu sedemikian rupa sehingga persis berada di bawah kaki teks kedua. Ilustrasinya seperti gambar berikut ini.

Efek teks photoshop

5. Sampai saat ini, Anda sudah mendapat posisi akhir bayangan di mana lokasi tersebut kita pilih sebagai lokasi refleksi air. Kini, kita tinggal memberi sentuhan-sentuhan agar refleksi air ini tampak nyata mendekati aslinya. Pertama kali, kita akan memberiny efek gradasi. Klik menu Layer > Layer Style > Gradient Overlay.

Pada Blend Mode, pilih Normal dan kemudian Opacity: 100, Style: Linear dan Scale: 100. Khusus untuk warna gradasinya itu sendiri, aturlah agar warna gradasi itu mulai dari hitam menuju putih. Dan pada angle isi dengan angka -90. Lihat ilustrasi dan hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Efek teks photoshop

Mengapa kita menggunakan teknik gradasi seperti ini? Agar bayangan itu tidak solid 100%. Justru setelah kita beri efek gradasi yang memudar warna hitamnya pada pangkal bayangan, efek refleksi air ini nanti akan menjadi lebih bagus dan kurang lebih realistis menyerupai aslinya.

6. Selanjutnya kita akan beri sentuhan akhir, yaitu efek genangan air pada bayangan. Caranya, klik menu Filter > Distort > Ripple. Setelah Anda masuk ke jendela Ripple, set Amount: 150 dan Size: Medium. Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini.

Efek teks photoshop

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop