Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Kaboom)

Efek Teks Fantastis menggunakan Photoshop (Teks Kaboom). Efek Teks Kaboom ini terus terang sangat menawan. Saya mendapat inspirasi ini setelah melihat tutorial pembuatan teks meledak ini pada situs tutorial desain grafis. Dan, saya ingin membagikan kepada Anda bagaimana membuat efek cahaya yang megah dan menggetarkan hati ini. Secara umum, efek ini mirip dengan efek Glow yang telah disediakan Photoshop CS. Tetapi, untuk kesan dramatis dan megah, efek kaboom ini jauh lebih memikat hati. Langkah-langkah yang akan kita lakukan kali ini cenderung lebih panjang, namun tetap sederhana.

1. Siapkan kanvas berukuran kira-kira 500x500 pixel. Agar hasilnya maksimal, kanvas ini hendaknya berwarna putih. Selanjutnya, kita buat sebuah teks dengan warna hitam. Ukuran serta jenis font bisa beragam sesuai selera Anda sendiri. Akan lebih baik kalau jenis font ini masih bernuansa futuristik.

Efek teks photoshop

2. Kita duplikasikan teks tersebut sehingga teks kopian yang dihasilkannya akan menjadi cahaya terang di belakang teks asli. Untuk menduplikasi teks ini, klik menu Layer > Duplicate Layer. Kini, Anda punya dua buah layer. Jika Anda mengetik "Boom", maka layer itu akan bernama "Boom" dan layer "Boom Copy".

Efek teks photoshop

3. Sekarang, alihkan pekerjaan Anda pada layer "Boom Copy". Kita akan me-raster layer ini agar berubah dari format vector menjadi pixel. Setelah Anda me-raster, Anda tidak bisa lagi mengedit teks ini. Klik menu Layer > Rasterize > Type.

4. Kini, kita akan mewarnai kanvas pada layer "Boom Copy" ini dengan warna putih. Klik menu Edit > Fill > Background Color. Pilihan ini kita lakukan dengan asumsi bahwa warna latar belakang yang aktif adalah putih. Jika warna putih tidak aktif, pilihlah ia terlebih dahulu sebagai warna latar belakang, baru kemudian kita isikan warna tersebut pada layer "Boom Copy".

5. Beralihlah ke jendela Layer. Pilihlah mode "Multiply" untuk layer "Boom Copy". Kalau sudah, kita akan mengaburkan teks yang ada dilayer ini dengan Gaussian Blur. Klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur. Masukkan angka 6 pada kotak Radius.

Efek teks photoshop

6. Sekarang kita akan melakukan teknik yang rada aneh, namun sebenarnya cukup penting juga dalam pembuatan efek Kaboom ini. Kita akan bermain-main dengan Polar Coordinate. Klik menu Filter > Distort > Polar Coordinate.

Efek teks photoshop

7. Efek lain yang akan kita libatkan yaitu Wind. Filter Wind ini, sesuai namanya, berfungsi untuk menciptakan efek semburan angin pada objek. Tetapi, efek Wind ini hanya bisa bergerak ke kanan atau ke kiri saja, tidak bisa atas-bawah. Oleh karena itu, kita akan memutar kanvas itu ke arah kanan. Caranya, klik menu Image > Rotate Canvas > 90 CW.
 

Efek teks photoshop

8. Baru kita pakai filter Wind dengan cara mengklik menu Filter > Stylize > Wind. Sampai di dalam jendela Wind, langsunglah tekan OK. Dengan begitu, Anda memakai nilai default yang telah ditetapkan Photoshop CS. Ulangi filter Wind ini dengan cara mengklik menu Filter > Wind sampai dua kali.

Efek teks photoshop

Janganlah berlebihan menggunakan efek ini, sebab nanti akan menghapus detail cahaya.

9. Untuk menajamkan kembali warna hitam yang telah luntur ditiup efek Wind, Anda bisa menggunakan pilihan Auto Level dengan mengklik menu Image > Adjustments > Auto Level. Setelah itu, kita akan meng-invert warna yang ada di kanvas agar berubah total. Klik menu Image > Adjustments > Invert.

Efek teks photoshop

10. Jika Anda ingin menciptakan pijaran cahaya yang lebih dramatis lagi, pilih filter Wind 2 hingga 3 kali.

Efek teks photoshop

11. Kini, kita akan putar ulang kanvas ini ke posisi semula. Caranya adalah, klik menu Image > Rotate Canvas > 90 CCW.

Efek teks photoshop

12. Agar efek cahaya ini muncul, klik ulang menu Filter > Distort > Polar Coordinate. Kali ini pilih "Rectangular to Polar". Klik OK dan Anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

Efek teks photoshop

13. Kalau sudah begini, kita tinggal melakukan teknik pewarnaan saja. Salah satu tekniknya yaitu menggunakan Color Balance yang dapat Anda masuki lewat menu Image > Adjustments > Color Balance. Aturlah slider warna yang ada disitu sampai Anda mendapat warna yang paling Anda inginkan.

Efek teks photoshop

14. Jika warna yang Anda inginkan sudah tampak di layar monitor, kliklah tombol OK. Sekarang, mungkin Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

Efek teks photoshop

15. Anda bisa memodifikasi teks yang ada di depan cahaya tersebut agar kesannya lebih bertenaga lagi. Contohnya, Anda bisa menggunakan efek Bevel and Emboss dan Gradient Overlay sehingga hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini.

Efek teks photoshop

16. Anda bisa mengubah blending mode layer "Boom Copy" yang semula Multiply menjadi Hard Light. Dengan begitu, cahayanya akan tampak lebih terang lagi meskipun ketajamannya sudah agak berkurang.

Efek teks photoshop

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop