Melukis Digital Dengan Adobe Photoshop 7.0

Digital PaintingMelukis Digital Dengan Adobe Photoshop 7.0. Belum banyak orang yang tahu bahwa Adobe Photoshop dapat diandalkan sebagai alat melukis secara digital. Objek yang dihasilkan sangat natural dan memiliki warna cerah jika dibandingkan dengan program lain yang sejenis, misalnya Photo Paint atau Paint Shop.

Adobe Photoshop sangat flexibel dalam hal penggunaan. Sebagai contoh, bagi user yang bergelut di bidang fotografi sangat memerlukan software ini ketika memperbaiki warna foto yang pudar, atau ketika ingin menggabungkan beberapa objek menjadi satu.

Lain halnya dengan para pengguna di bidang periklanan maupun desain web. Pekerjaan yang digeluti oleh para desainer pada kedua bidang tersebut tentu berbeda dengan orang yang bekerja di bidang fotografi. Mereka akan menciptakan sebuah image yang cantik agar para penikmat karya seni benar-benar menikmati karya yang artistik.

Dengan banyaknya tuntutan dari para pemburu karya seni yang artistik, para penulis sangat jeli melihat fenomena tersebut, maka dibuatlah beberapa defenisi dalam mengupas software yang sangat cerdas ini. Umpamanya, bidang fotografi dibahas tersendiri, bidang desain web dikupas tersendiri, dan bidang periklanan memiliki panduan yang berbeda pula.

Lahirnya pembahasan mengenai melukis secara digital dengan Adobe Photoshop 7.0 adalah karena belum banyaknya orang mengetahui bahwa software ini dapat diandalkan sebagai alat lukis digital. Pelukis ulung belum tentu mampu menciptakan lukisan pada kanvas digital ini. Begitu pula sebaliknya, Anda pasti merasa kesulitan ketika harus membuat gambar menggunakan cat minyak atau cat semprot (paint brush).

Kelebihan dan kekurangan tersebut haruslah menjadi tantangan bagi Anda yang hobi melukis. Kreasi dan imajinasi Anda akan semakin bertambah, menyusul hadirnya software kanvas digital ini. Yang penting, ketika melukis secara digital adalah kepiawaian tangan Anda menggerakkan mouse. Tanpa latihan mustahil karya yang artistik akan lahir. Sama halnya saat Anda baru belajar memegang mouse, tangan Anda tentu terasa kaku dan susah digerakkan sesuai keinginan kita.

Setelah lancar menggerakkan mouse, kecerdikan Anda dalam membuat objek juga perlu diperhatikan. Mungkin Anda lihai melukis pohon di atas kertas, namun belum tentu mampu melukis dengan Adobe Photoshop. Latihan yang rutin sangat berperan mengubah Anda menjadi seorang pelukis digital.

Saat ini di Indonesia belum nampak hasil karya lukisan secara digital, namun kreasi yang telah diciptakan oleh para desainer sudah muncul ke permukaan. Terbukti beberapa bidang periklanan sudah memanfaatkan software yang satu ini dalam rangka perang iklan. Melihat kondisi seperti itu, sebagai tenaga komunikasi visual (desain grafis) dipacu untuk terus berkreasi.

Suasana disekitar kita sangat berpengaruh pada awal pembentukan karya seni. Sebagai contoh, ketika Anda melihat setangkai bunga kemudian direkam pada kamera digital menjadi sebuah foto yang cantik, hal itu dapat disebut sebagai karya seni. Namun apabila foto tersebut diolah lagi dengan cara melukisnya, nilai seninya akan bertambah lagi karena orang sudah biasa melihat gambar dalam bentuk foto. Namun jika kita melukisnya dengan Photoshop maka orang akan kagum pada kepiawaian tangan kita menggoreskan mouse pada kanvas digital.

Sebagai seorang seniman, apalagi yang berhubungan dengan desain grafis, pikirannya tidak pernah berhenti ketika berhadapan dengan suatu pekerjaan yang masih dalam keadaan mentah. Ia harus mengolah bahan-bahan tersebut untuk diracik menjadi sebuah karya seni bergengsi untuk dihidangkan pada para pecinta seni.

Seni melukis erat sekali kaitannya dengan bidang grafis. Kategori pelukis pun bermacam-macam, diantaranya ada yang beraliran abstrak, naturalis, dan realistis. Sebagai pelukis digital yang beraliran realistis harus mampu menggoreskan brush di atas layer Photoshop untuk menciptakan objek sesuai dengan aslinya.

Dengan keampuhan seluruh fitur yang dimiliki Photoshop dan penggunaan yang sangat mudah dan efisien, tidak ada alasan lain untuk tidak beralih ke digital painting. Bagi orang yang bergelut dibidang ilustrasi sudah saatnya meninggalkan metode lama. Adobe Photoshop akan membantu Anda meningkatkan kemampuan berilustrasi dengan hasil yang sangat mengagumkan. Sangat mudah digunakan bagi orang awam sekalipun.

Kemampuannya mengolah gambar dan memadukan kombinasi warna secara cepat dan fleksibel membuat Adobe Photoshop menjadi andalan setiap orang, baik yang bergerak dibidang periklanan, animasi, desain web, multimedia, fotografi, penerbitan dan bidang-bidang lain yang erat kaitannya dengan desain grafis.

Setelah Anda akrab dengan Photoshop, lakukan apapun keinginan Anda sesuai dorongan jiwa seni yang ada dalam pikiran. Jangan ditahan gejolak tersebut untuk berkreasi dan bereksperimen membuat objek apa saja disekitar Anda. Anggap saja Anda sedang berada dalam sebuah studio yang sangat mewah dan canggih, seluruh fasilitas sudah lengkap tersedia sehingga Anda tinggal berimajinasi dan berkreasi mengikuti suara inspirasi.

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Melukis Digital Menggunakan Photoshop