Melukis Secara Digital Pohon Pepaya Bag-2

C. Membuat Batang. Langkah berikutnya adalah membuat batang pohon. Mungkin pada bagian ini perlu ketelitian dan kecermatan agar bentuk batang benar-benar alami. Sebagai langkah awal, buatlah layer baru dengan nama Batang.

1. Aktifkan tool Brush, pilihlah ukuran sesuai kebutuhan. Klik icon Foreground and Background color untuk memilih warna. Setelah kotak dialog Color Picker muncul, masukkan kode #32ED5A pada kotak kode warna. Pilih Filter > Noise > Add Noise. Aturlah beberapa spesifikasinya. Setelah selesai, klik OK.

2. Tekan CTRL sambil mengklik layer Batang secara bersamaan untuk membuat seleksi pada batang. Pilih Blur > Gaussian Blur, aturlah radius pengaburan (blur), kita masukkan nilai 0.5 pixels. Setelah selesai klik OK, kemudian tekan OK, lalu tekan CTRL+D untuk menghilangkan seleksi. Objek tersebut belum nampak sebagai batang pohon pepaya. Kita perlu menambahkan tekstur pada batang tersebut agar nampak lebih alami.

3. Buatlah layer baru dengan nama Tekstur Batang. Aktifkan tool Pen, dan buatlah tekstur batang pohon pepaya. Gunakan tool Convert Point untuk membantu dalam membuat bagian yang lengkung. Ubahlah path tersebut menjadi seleksi. Klik icon Foreground and Background color untuk memberi warna tekstur tersebut. Pada kotak dialog Color Picker, masukkan kode #D8F482 untuk memilih warna. Tekan ALT+BACKSPACE untuk mengisi seleksi tersebut. Tekan CTRL+D untuk menghilangkan seleksi.

4. Pilih Filter > Blur > Gaussian Blur, masukkan angka 0.8 pixels pada kotak isian lalu klik OK. Buatlah beberapa duplikat sehingga seluruh batang tertutup oleh tekstur. Anda dapat mengubah ukuran dan bentuk tekstur dengan cara mentransformasikan (menekan CTRL+T, lalu ubah bentuknya).

5. Gabungkan seluruh layer yang berisi Tekstur Batang, lalu pilih Filter > Blur > Gaussian Blur untuk mengurangi ketajaman tekstur. Kurangi tingkat kepekatan (opacity) hingga menjadi sekitar 70%. Hapuslah bagian tepi tekstur yang tidak digunakan menggunakan tool Eraser.

6. Agar batang pohon nampak lebih alami, kita perlu memberikan efek warna gelap pada batang bagian bawah. Tekan CTRL sambil mengklik layer Batang secara bersamaan untuk membuat seleksi, kemudian buatlah layer baru dengan nama Batang Bawah. Aktifkan tool Gradient, klik menu option gradient untuk mengatur warna gradasi. Pilih tipe gradasi Foreground to Transparent. Klik icon color stop di bagian kiri bawah, lalu masukkan kode #07D633 untuk memilih warna. Letakkan pointer di bagian bawah dan seret ke atas. Tekan CTRL+D untuk menghilangkan seleksi. Ubahlah layer mode menjadi Multiply.

Melukis-Pepaya-Digital-Paint

D. Membuat Duplikat Daun. Memang, jika belum terbiasa bermain warna akan merasa kesulitan ketika harus memoles objek yang kita maksud. Berbagai cara dan tenik digunakan untuk menyetel warna yang sesuai, karena jika kita salah memberikan warna pada objek tersebut maka akan berakibat fatal. Selain nama baik Anda sebagai seorang desain grafis menjadi taruhannya, juga hasilnya kurang maksimal dan sangat jauh dari kesan natural. Maka dari itu berlatihlah selalu dan nikmatilah setiap objek yang sekiranya menyejukkan mata, dan perhatikan warna benda tersebut.

Langkah selanjutnya adalah menghiasi batang tersebut dengan daun. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kita dapat membuat duplikasi daun namun tidak mungkin satu pohon memiliki posisi dan bentuk daun yang sama. Untuk itu, kita tetap harus membuat lagi bentuk daun yang berbeda, apa lagi untuk daun bagian atas. Selain warnanya lebih muda juga ukurannya lebih kecil.

Melukis-Pepaya-Digital-Paint

1. Buatlah duplikasi daun dengan cara menekan tombol ALT sambil menyeret layer Daun ke tempat tujuan. Aktifkan layer Daun copy, tekan CTRL+T lalu seret titik proxy atas bagian tengah ke bawah. Klik tombol mouse kanan, pilih Skew. Seret titik proxy bagian atas ke kanan. Setelah selesai tekan Enter. Agar tampilan daun lebih natural, kita perlu membentuk efek daun melambai. Caranya, pilih Filter > Liquify. Pilih tool Wrap, aturlah ukuran Brush dan besarnya tekanan Brush. Setelah selesai klik OK.

2. Aktifkan layer Tangkai Daun, tekan ALT dan seret ke tempat tujuan untuk membuat duplikasi. Tekan CTRL+T lalu seret titik proxy kanan ke kiri. Klik tombol mouse kanan, pilih Skew lalu seret titik proxy bagian kanan ke bawah. Tekan Enter untuk melihat efek.

3. Pindahkan urutan layer Tangkai copy di atas agar posisinya tidak tertutup oleh batang pohon pepaya. Tugas Anda selanjutnya adalah membuat beberapa duplikasi daun. Jangan lupa, manfaatkan filter Liquify untuk memberikan efek melambai pada daun. Gunakan pula transformasi objek untuk mengubah bentuk dan ukuran.

4. Langkah berikutnya membuat pucuk daun pepaya. Namanya juga pucuk daun, pastilah warnanya masih muda (umumnya berwarna hijau muda atau kuning). Dengan bentuk daun yang sudah ada, kita dapat mengubah bentuk dan warna daun tersebut. Aktifkan salah satu Layer Daun, tekan ALT sambil menyeret layer tersebut ke tempat tujuan untuk membuat duplikasi. Setelah terbentuk duplikasi, tekan CTRL+T untuk mentransformasikan. Tekan SHIFT lalu seret titik proxy di bagian sudutnya ke dalam untuk memperkecil ukuran objek. Jika perlu, putarlah posisinya agar bentuk daun tidak monoton. Setelah selesai tekan ENTER.

5. Setelah tadi kita mengubah posisi dan ukuran daun, kita akan mengganti warna daun tersebut. Pilih Image > Adjustment > Hue/Saturation. Dalam kotak dialog Hue/Saturation, aturlah spesifikasinya.

Melukis-Pepaya-Digital-Paint

[Halaman Sebelumnya, Berikutnya: Membuat Buah Pepaya Dan Objek Penunjang]

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Teknik Melukis Pohon Pepaya Dengan Digital Painting Menggunakan Photoshop