Melukis Secara Digital Pohon Pepaya Dengan Adobe Photoshop

Melukis PepayaMelukis Secara Digital Pohon Pepaya Dengan Adobe Photoshop. Dengan Adobe Photoshop, objek apapun dapat dibuat secara mudah dengan hasil mengagumkan. Belum banyak orang yang mengetahui senjata ampuh Adobe Photoshop yang masih tersimpan untuk menciptakan kreasi seni secara digital.

A. Membuat Daun Pepaya. Sebelum menjalankan program Adobe Photoshop, tentukan dulu objek yang akan dibuat. Sekadar untuk latihan dan mengasah ketajaman imajinasi Anda, ada baiknya kita membuat objek pohon pepaya. Setelah menentukan objek yang dimaksud, buatlah sketsa pada kertas gambar sesuai bentuk yang akan dibuat. Apabila Anda memiliki alat scanner, scan gambar tersebut lalu simpanlah ke dalam harddisk Anda agar proses pembuatannya lebih cepat dan mudah. Namun apabila Anda tidak memilikinya tidak perlu risau, justru hanya mengandalkan sketsa dari kertas gambar maka dari segi kemahiran, Anda lah yang lebih unggul. Karena Anda terlatih untuk tidak menjiplak gambar dari hasil scan.

1. Baiklah kita mulai saja, pertama-tama buatlah dokumen dengan spesifikasi ukuran 600x800 pixels, resolusi 100 pixels/inch, mode RGB, contents White. Buatlah layer baru dengan nama Daun. Aktifkan tool Pen, lalu buatlah path tertutup membentuk daun pepaya. Aktifkan tool Convert Point. Buatlah bentuk lengkung pada bagian tertentu sehingga membentuk sebuah helai daun. Ubahlah path tersebut menjadi seleksi. Klik icon Foreground and Background color, pada kotak dialog Color Picker masukkan kode #17782C dalam kotak kode warna. Tekan ALT+BACKSPACE untuk mengisi seleksi tersebut. Tekan CTRL+D untuk menghilangkan seleksi.

2. Buatlah layer baru dengan nama Tulang Daun. Aktifkan tool Brush. Klik icon Foreground and Background color untuk memilih warna tulang daun. Masukkan kode #C5F72C pada kotak kode warna dalam kotak dialog Color Picker. Buatlah arsiran membentuk tulang daun. Untuk menghasilkan gambar yang maksimal, kombinasikan ukuran brush sesuai bagian tertentu secara detail. Aktifkan layer Tulang Daun, pilih Filter > Blur > Gaussian Blur. Masukkan angka sesuai kebutuhan (kita gunakan nilai 2 pixels), sehingga guratan tulang daun tidak begitu kentara. Hal ini akan menambah penampilan yang alami.

Melukis-Pepaya-Digital-Paint

3. Setelah selesai, gabungkan layer Daun dan Tulang Daun menjadi satu layer dengan cara menyembunyikan layer Background, lalu klik menu option Layers, pilih Merge Visible. Buatlah beberapa duplikat. Aturlah bentuk dan ukuran agar menyerupai daun pepaya yang alami. Anda dapat menghapus bagian bawah daun yang tidak diperlukan ketika menggabungkannya menggunakan tool Eraser.

B. Membuat Tangkai Daun. Setelah kita menyelesaikan tahap awal proses pembuatan daun pepaya, langkah selanjutnya adalah membuat tangkai daun. Mungkin tahap ini paling mudah dilakukan karena hanya mengandalkan tool Pen dan memanfaatkan Layer Style.

1. Mengawali tahap 2 ini, buatlah layer baru dengan nama Tangkai Daun. Aktifkan tool Pen, lalu buatlah path tertutup membentuk tangkai daun. Seperti biasa, gunakan tool Convert Point untuk membentuk lengkungan. Aktifkan tool Gradient, klik menu option gradient untuk menentukan warna yang diinginkan. Klik icon color stop bagian kiri untuk memilih warna pertama. Masukkan kode #67CE7D untuk warna 1, lalu klik icon color stop di bagian kanan. Klik set color untuk memilih warna, masukkan kode #DCF19E untuk warna 2.

2. Menuju ke palet Path, ubahlah path tangkai daun menjadi seleksi. Letakkan pointer di bagian atas, lalu seret ke kanan bawah untuk menghasilkan efek warna gradasi yang diinginkan. Setelah selesai, tekan CTRL+D untuk membuang seleksi. Dengan layer Tangkai Daun masih aktif, pilih Filter > Layer Style > Bevel and Emboss. Aturlah beberapa spesifikasi dalam kotak dialog Layer Style. Setelah selesai, klik OK.

3. Letakkan layer Tangkai Daun di bawah layer Daun agar tidak menutupi objek daun, sehingga akan nampak seperti gambar berikut. Apabila warna tangkai maupun daun kurang pas, Anda dapat mengatur warnanya menggunakan perintah Image > Adjustment > Hue/Saturation, atau tekan CTRL+U, lalu aturlah warnanya.

Melukis-Pepaya-Digital-Paint

Daun pepaya tersebut dapat Anda duplikasi ketika telah terbentuk batang pohonnya. Akan nampak kaku dan lucu apabila Anda hanya menduplikasi daun tersebut untuk dijadikan sebagai sebuah pohon pepaya. Agar penampilan pohon pepaya nampak alami, Anda harus membuat daun pepaya dengan bentuk lain karena posisi daun semakin ke atas maka ukurannya semakin kecil. Juga warna daunnya nampak lebih muda.

[Halaman Selanjutnya: Membuat Batang Dan Daun]

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Teknik Melukis Pohon Pepaya Dengan Digital Painting Menggunakan Photoshop