Membuat Bola Dengan Teknik Digital Painting Menggunakan Adobe Photoshop CS

Membuat Bola Dengan Teknik Digital Painting Menggunakan Adobe Photoshop CS. Pada tutorial digital painting kali ini, kita akan mencoba membuat bola yang biasa kita gunakan saat bermain sepak bola. Dimulai dengan membuat segi enam (hexagon) sebagai pola tekstur bola, membuat seleksi lingkaran, dan kemudian mengaplikasikan efek Spherize untuk memberikan kesan bundar 3D pada objek bola.

1. Buka Adobe Photoshop CS. Pada menu bar, pilih File > New. Pada kotak dialog New, tentukan Name = Bola, Width = 25cm, Height = 20cm, Resolution = 72 pixels/inch, Color Mode = RGB Color 8 bit, dan Background Contents = White. Klik OK.

Menggambar Bola Digital Painting

2. Pada menu bar, pilih Layer > New > Layer. Klik OK pada kotak dialog New Layer yang muncul. Pada palet Layers, pastikan Layer 1 (layer yang baru saja dibuat) dalam keadaan aktif. Pada palet Tool, klik dan tahan icon Rectangle Tool. Pada flyout yang muncul, pilih Polygon Tool.

Menggambar Bola Digital Painting

3. Pada option bar (terletak tepat di bawah menu bar), aktifkan Fill Pixel dan tentukan Side = 6. Pada jendela Dokumen, klik dan drag untuk membuat objek segi enam (hexagon). Sesuaikan ukurannya terhadap jendela dokumen seperti pada gambar berikut.

Menggambar Bola Digital Painting

4. Pada palet Layers, klik kanan pada Layer 1. Pada menu yang muncul, pilih Duplicate Layer. Pada kotak dialog Duplicate Layer, klik OK untuk meng-copy layer. Ulangi langkah ini hingga Anda mempunyai satu buah layer (Layer 1 - Layer 1 Copy 6) yang berisi objek hexagon. Hexagon yang yang terletak pada layer hasil copy tidak akan nampak pada jendela dokumen, karena posisinya menumpuk tepat di atas Layer 1. Pada beberapa langkah berikut, Anda akan memposisikan masing-masing layer tersebut.

Pada palet Layers, pastikan Layer 1 copy 6 dalam keadaan terpilih. Pada palet Tool, klik icon Move Tool untuk mengaktifkannya. Klik dan drag pada jendela dokumen untuk memposisikan Layer 1 Copy 6. Dengan cara yang sama, posisikan Layer 1 Copy lainnya untuk membentuk pola hexagon dimana hexagon yang satu mengelilingi lainnya. Kemudian hapus layer yang berisi hexagon yang berada di tengah (Layer 1) dengan cara klik kanan pada layer tersebut, lalu pilih Delete Layer dari menu yang muncul. Perhatikan gambar berikut.

Menggambar Bola Digital Painting

5. Pada palet Layers, pastikan Layer 1 Copy dalam keadaan aktif. Hubungkan Layer 1 Copy 2, Layer 1 Copy 6 ke Layer 1 Copy dengan mengklik icon link yang terletak di sebelah kiri layer. Dengan me-link layer yang satu dengan yang lain, layer-layer tersebut dapat digabungkan menjadi satu layer atau bahkan dihapus sekaligus bersamaan. Pada beberapa langkah berikut, Anda akan menggabungkan kelima layer hexagon menjadi satu layer.

Menggambar Bola Digital Painting

6. Pada palet Layer, pastikan Layer 1 Copy dalam keadaan terpilih. Tekan CTRL+E untuk menggabungkan linked layer. Perhatikan, pada palet Layer hanya tersisa dua buah layer (Background dan Layer 1 Copy). Dengan cara yang sama seperti sebelumnya, buat duplikat dari Layer 1 Copy sebanyak dua buah dan pada jendela dokumen dan posisikan seperti pada gambar berikut. Tekan CTRL+E pada keyboard Anda untuk menggabungkan Layer.

Menggambar Bola Digital Painting

7. Hingga tahap ini, Anda sudah mempunyai pola hexagonal yang akan digunakan sebagai pola terstruktur pada bola. Tahap berikutnya adalah membuat seleksi berbentuk lingkaran dan mengaplikasikan efek Spherize pada seleksi tersebut untuk menimbulkan kesan 3D (bola bundar). Pada menu bar, klik dan tahan Marquee Tool, kemudian pilih Eliptical Marquee Tool.

Menggambar Bola Digital Painting

8. Tekan tombol CTRL++ untuk memperbesar jendela dokumen. Kemudian, tekan SHIFT+Drag pada jendela dokumen untuk membuat seleksi berbentuk bulat.

Menggambar Bola Digital Painting

9. Pada menu bar, pilih Edit > Copy Merged. Kemudian pilih Edit > Paste. Pada palet Layers, klik icon Layer Visibility untuk Layer 1 copy. Langkah ini bermaksud untuk menyembunyikan Layer 1 copy. Langkah ini bermaksud untuk menyembunyikan Layer 1 copy. Pada menu bar, pilih Image > Adjustment > Inverse. Langkah ini bertujuan untuk membalik warna hitam menjadi putih dan sebaliknya. Hingga tahap ini, jendela dokumen Anda seharusnya nampak kurang lebih sama seperti gambar berikut ini.

Menggambar Bola Digital Painting

10. Pada menu bar, pilih Filter > Distort > Spherize. Pada kotak dialog Spherize, tentukan Amount = 100 dan Mode = Normal. Klik OK.

Menggambar Bola Digital Painting

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Teknik Menggambar Bola Kaki Dengan Digital Painting Menggunakan Photoshop