Membuat Efek Ledakan Bintang Yang Fantastis Menggunakan Adobe Photoshop CS

Membuat Efek Ledakan Bintang Yang Fantastis Menggunakan Adobe Photoshop CS. Kalau Anda melihat film futuristik, apalagi yang ber-setting luar angkasa, efek ledakan yang terjadi di luar planet ini sangat mencengangkan. Bukan saja karena fenomena ini jarang kita lihat, tetapi orang yang berada di balik efek ledakan tersebut mampu menghadirkan kilauan warna-warna dan semburan-semburan kilatan cahaya secara realistis dan indah. Disini, kita akan mempelajari cara membuatnya.

Efek ledakan bintang ini memang sangat unik, karena kita akan melakukan langkah-langkah yang berulang-ulang sampai muncul efek ledakan bintang yang lebih riil. Tetapi sebelum Anda membuatnya, Anda butuh satu materi. Yang kita butuhkan adalah gambar sebuah petir. Kebetulan pada latihan sebelumnya, kita telah membuat efek petir sehingga gambar tersebut kita jadikan sebagai bahan dasarnya (Membuat Efek Petir Menggunakan Adobe Photoshop CS), kalau Anda baru melihat latihan ini, gambar efek petir tersebut dapat Anda lihat seperti gambar di bawah ini yang akan kita jadikan efek ledakan bintang.

Efek Petir

1. Pertama kali, kita akan memindahkan gambar petir tersebut ke layer khusus. Klik menu Edit > Cut. Selanjutnya, klik menu Edit > Paste sehingga gambar petir itu berada di layer khusus, yaitu "Layer 1". Kemudian, kita akan mengaburkan petir ini menggunakan Radial Blur. Klik menu Filter > Blur > Radial Blur. Pada bagian Amount, isi dengan angka 100, Blur Method: Zoom, Quality: Best. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Membuat Efek Ledakan Bintang

2. Kita akan memberi efek cahaya tepat di tengah-tengah kanvas. Filter yang tepat untuk menghadirkan efek cahaya seperti itu adalah Lens Flare. Klik menu Filter > Render > Lens Flare. Set Brightness dengan angka 155 dan Lens Type: 50-300mm Zoom. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Membuat Efek Ledakan Bintang

3. Setelah usai dengan langkah-langkah pemberian cahaya di atas, kita akan menduplikasi layer ini dengan cara mengklik menu Layer > Duplicate Layer. Sekarang, kita punya dua buah layer yang sama persis. Setelah itu, klik menu Filter > Distort > Twirl. Dengan efek Twirl ini, kita akan ciptakan lengkungan-lengkungan cahaya di atas kanvas. Pada bagian Angle, masukkan angka 360.

Membuat Efek Ledakan Bintang

4. Gambar yang baru saja Anda lihat ini merupakan hasil dari efek Twirl. Atur gambar yang ada di Layer 1 tidak tertutup, ubahlah Blending Mode pada Layer 1 Copy dari 'Normal' menjadi 'Lighten'. Hasilnya menjadi seperti gambar di bawah ini.

Membuat Efek Ledakan Bintang

5. Klik tombol CTRL+E agar 'Layer1' dan 'Layer 1 Copy' bergabung menjadi satu. Jika sudah, kita lakukan duplikasi lagi pada 'Layer1' sehingga kita punya dua layer lagi yang bentuknya sama persis. Klik Layer > Duplicate Layer. Kita akan beri lagi efek Twirl pada layer yang baru ini. Klik menu Filter > Distort > Twirl. Kali ini, set dengan angka -600 pada kotak Angle sehingga hasilnya menjadi gambar yang muncul pada halaman baru seperti gambar di bawah ini.

Membuat Efek Ledakan Bintang

Membuat Efek Ledakan Bintang

6. Kalau sudah, kita set Blending Mode dari Normal menuju Overlay. Hasil akhirnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Membuat Efek Ledakan Bintang

7. Sampai langkah ini, sebenarnya efek bintang meledak sudah usai. Hanya saja, ada beberapa langkah akhir untuk menyempurnakan kreasi kita ini, khususnya dalam hal pewarnaan. Seperti gambar di atas, warna pada kanvas terlihat kurang tajam dan tampak jenuh. Untuk menajamkannya, ada beberapa metode yang lazim dipakai. Anda bisa menggunakan Brightness/Contrast atau Color Balance. Jika Anda menggunakan Color Balance, maka Anda berusaha untuk mewarnai ulang gambar tersebut. Tekanlah tombol CTRL+B untuk masuk ke jendela Color Balance.

Membuat Efek Ledakan Bintang

 

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Membuat Efek Ledakan Bintang Menggunakan Photoshop