Membuat Efek Petir Menggunakan Adobe Photoshop CS

Membuat Efek Petir Menggunakan Adobe Photoshop CS. Inilah efek yang akan kami hadirkan dalam bagian ini. Petir merupakan salah satu fenomena alam yang selalu eksotik untuk dilihat. Tidak hanya itu saja, banyak desainer grafis meniru pola lompatan arus listrik di udara ini dalam sebuah kanvas. Pada akhirnya, mereka telah menciptakan efek baru, yaitu efek petir. Disini kita akan belajar teknik membuat petir berbentuk kilatan dengan menggunakan software Adobe Photoshop CS.

1. Buatlah kanvas baru yang berukuran 500x500 berwarna putih. Pastikan warna default yang saat itu aktif adalah hitam dan putih. Klik menu Filter > Render > Clouds sehingga tampilan kanvas Anda akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Membuat Efek Petir

2. Setelah itu, buatlah Clouds sekali lagi. Kali ini, Difference Clouds. Klik menu Filter > Render > Difference Clouds. Sekarang, lihatlah pada kanvas. Kanvas telah dipenuhi dengan warna hitam dan putih menyerupai awan yang sedang mendung berat. Secara alamiah, kehadiran petir selalu didahului oleh kehadiran awan yang sangat gelap. Mungkin, Photoshop terinspirasi olehnya.

Membuat Efek Petir

3. Warna ini akan kita putar dengan cara meng-invertnya. Klik tombol CTRL+I. Sehabis itu, klik CTRL+L untuk masuk ke menu Levels. Dalam menu Levels, kta akan menciptakan efek petir itu sendiri. Teknik ini berjalan sangat cepat, sehingga Anda tidak akan menyadari bahwa efek petir telah terbentuk.

Membuat Efek Petir

4. Setelah Anda masuk ke jendela Levels, geser anak panah yang ada di bagian tengah menuju ke arah kanan. Setiap geseran yang terjadi akan menciptakan efek petir secara cepat, mula-mula tampak ramai kemudian hanya meninggalkan beberapa efek kilatan saja.

Membuat Efek Petir

5. Hasil yang akan muncul di atas kanvas mungkin sangat bervariasi. Tetapi, semua akan mendekati pola seperti gambar di bawah ini.

Membuat Efek Petir

6. Jika Anda mau, Anda bisa mengatur ulang intensitas cahaya petir itu agar tampak lebih pekat atau justru lebih terang. Pakailah fasilitas Brightness/Contrast dengan menekan menu Image > Adjustments > Brightness/Contrast. Atur sedemikian rupa agar intensitas cahaya dan kontras warna pada petir semakin tajam.

Membuat Efek Petir

7. Terakhir, kita hanya perlu mewarnai petir ini. Salah satu trik mewarnai paling cepat adalah dengan menggunakan fasilitas Color Balance yang bisa diakses lewat tombol CTRL+B. Selanjutnya, geser masing-masing slider yang ada di sana sampai Anda menemukan warna yang menurut Anda pas.

Membuat Efek Petir

 

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Membuat Efek Petir Menggunakan Photoshop