Menciptakan Efek Tornado Menggunakan Adobe Photoshop CS

Menciptakan Efek Tornado Menggunakan Adobe Photoshop CS. Tidaklah sulit menciptakan efek tornado. Kita hanya melibatkan beberapa efek saja, seperti Clouds, Lens Flare dan beberapa efek tambahan lainnya. Untuk membuat efek tornado, silahkan ikuti langkah-langkah seperti yang tertera di bawah ini.

1. Siapkan kanvas baru yang berukuran kira-kira 500x500 pixel, setelah itu set warna latar depan (foreground) menjadi warna biru. Hal ini untuk memudahkan kita untuk membuat efek tornado. Nanti, kita tak perlu lagi mewarnai ulang efek ini. Kita akan membanjiri kanvas dengan efek Clouds. Caranya, klik menu Filter > Render > Clouds. Tampilan kanvas Anda akan menjadi seperti ini.

Efek tornado photoshop

2. JIka Anda ingin warna awan yang berbeda, aturlah warna latar belakang dan latar depan yang saat itu sedang aktif. Sekarang, kita akan memberinya efek genangan air pada awan tersebut. Efek Ripple adalah yang paling cocok. Klik menu Filter > Distort > Ripple. Pada kotak Amount, masukkan angka 928 sedangkan Size: Medium. Hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Efek tornado photoshop

Selain unsur air, bencana tornado biasanya juga melibatkan unsur petir atau cahaya. Apakah kita harus memotret kilatan cahaya sungguhan? Tentu tidak. Kita hanya perlu mengandalkan salah satu filter standar Photoshop CS. Filter itu adalah Lens Flare.

3. Masuklah ke menu Lens Flare dengan mengklik Filter > Render > Lens Flare. Pilihlah tipe 50-300mm Zoom. Set Brightness pada angka 100 dan posisikan sinar lens flare itu di bagian kiri atas gambar. Lihat ilustrasi dibawah ini.

Efek tornado photoshop

4.Lakukan langkah-langkah diatas agar muncul tiga lens flare baru, masing-masing untuk bagian kanan atas, kanan bawah dan kiri bawah. Dengan demikian, di atas kanvas akan terdapat empat buah lens flare ditiap-tiap sudut yang tepat. Pemberian lens flare ini semata-mata untuk memunculkan efek guratan cahaya pada tornado nantinya. Jika efek ini nanti tidak Anda warnai ulang, maka warna lens flare ini akan tetap muncul.

Efek tornado photoshop

5. Langkah terakhir yaitu menghadirkan tornado itu di atas kanvas. Untuk melakukan hal ini, Photoshop CS telah memiliki filter khusus siap pakai. Namanya adalah Twirl. Akseslah ia menggunakan menu Filter > Distort > Twirl. Pada Angle, masukkan nilai 999.

Efek tornado photoshop

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis