Mengenal Apa Itu Ukuran Image dan Resolusi Pada Program Desain Grafis

Mengenal Apa Itu Ukuran Image dan Resolusi Pada Program Desain Grafis. Untuk dapat menghasilkan image berkualitas tinggi, sangat penting bagi kita untuk mengerti bagaimana data pixel dari suatu image diukur dan ditampilkan. Pixel dimensions adalah banyaknya jumlah pixel sesuai panjang dan lebar dari suatu bitmap image. Ukuran display dari image pada layar monitor ditentukan oleh dimensi pixel dari image serta ukuran dan setting dari monitor.

Contoh, suatu monitor berukuran 15 inci biasanya menampilkan ukuran 800 pixel horizontal dan 600 pixel vertikal. Suatu image dengan ukuran 800 x 600 pixel akan memenuhi layar secara keseluruhan. Sedangkan pada layar monitor yang lebih besar, dengan setting yang sama dan ukuran image yang sama akan menampilkan besar image yang sama pula, namun masing-masing pixelnya akan ditampilkan sedikit lebih besar ketimbang pada layar 15 inci tadi.

Saat Anda mempersiapkan untuk menampilkan suatu image secara online (webpage yang akan dilihat dengan jenis ukuran monitor yang berbeda-beda), ukuran pixel menjadi suatu hal yang sangat penting. Gunakanlah ukuran monitor yang paling umum dengan dimensi pixelnya sekitar 800 x 600 sehingga jika pengguna memakai monitor ukuran 15 inci, ia masih dapat menampilkan jendela web browsernya.

Image Dan Resolusi

Image Resolution. Jumlah pixel yang ditampilkan per unit dari panjang suatu image biasanya diukur dalam pixel per inch (ppi). Pada Photoshop, resolusi image dan ukuran pixelnya sangat berhubungan satu sama lain, dimana detail suatu image akan bergantung pada ukuran pixelnya. Sebaliknya, resolusi image akan mengatur seberapa luas ruang bagi pixel untuk ditampilkan.

Pada saat dicetak, image dengan resolusi tinggi mengandung lebih banyak pixel dibandingkan dengan image beresolusi rendah. Sebagai contoh, suatu image dengan ukuran 1 x 1 inci dengan resolusi 72 ppi terdiri atas 5184 pixel (72 pixel lebar x 72 pixel panjang = 5184). Dengan ukuran yang sama namun resolusi lebih besar, yaitu 300 ppi akan terdiri atas 90.000 pixel.

Resolusi image yang lebih tinggi umumnya akan menghasilkan gambar yang lebih detail dengan transisi warna yang lebih baik. Jadi meningkatkan resolusi image beresolusi rendah tidak akan meningkatkan kualitas image tersebut.

Monitor Resolution. Jumlah pixel atau dot yang ditampilkan per unit dari panjang dan lebar suatu monitor, biasanya diukur dengan istilah dot per inch (dpi). Resolusi monitor bergantung pada ukuran dari monitor itu sendiri serta pengaturan pixelnya (pixel setting). Kebanyakan monitor yang ada saat ini memiliki resolusi sekitar 96 dpi.

Pemahaman ini menolong Anda untuk menerangkan mengapa ukuran image pada monitor sering berbeda dengan ukuran sebenarnya (ukuran cetaknya). Pixel-pixel dari suatu image ditranslasi langsung ke pixel monitor. Artinya, saat resolusi image lebih tinggi dari resolusi yang dimiliki monitor, maka image akan ditampilkan lebih besar dari ukuran image aslinya. Sebagai contoh, jika Anda menampilkan image berukuran 1 x 1 inch, pada 144 ppi di monitor dengan setting 72 dpi, maka image tersebut akan ditampilkan oleh layar monitor Anda dengan ukuran 2 x 2 inch. Hal ini disebabkan monitor tersebut hanya bisa menampilkan 72 pixel tiap incinya, dan dibutuhkan 2 inci untuk dapat menampilkan 144 ppi.

Printer Resolution (Jumlah dot tinta per inch (dpi) yang dihasilkan oleh printer). Kebanyakan printer laser biasanya menggunakan ukuran resolusi 600 dpi.

Printer ink jet menggunakan sistem kerja semprot (spray ink) dan bukan dot, umumnya printer jenis ini memiliki resolusi sekitar 300 sampai 600 dpi dan tetap mampu menghasilkan hasil cetakan yang baik saat mencetak pada resolusi diatas 150 ppi.

Screen Frequency. Jumlah printer dot atau halftone cell per inch yang digunakan untuk mencetak grayscale image atau separasi warna. Juga dikenal dengan istilah "screen ruling" atau "line screen". Screen frequency diukur dengan menggunakan satuan lines per inch (lpi). Untuk mengetahui berapa screen frequency dari printer Anda, cari informasi tersebut pada buku manualnya. Biasanya untuk mendapatkan hasil cetak halftone dengan kwalitas yang cukup baik diperlukan image resolution 1,5 - 2 kali dari screen frequency.

File Size. Merupakan ukuran digital dari suatu image yang menggunakan satuan kilobyte (KB), megabytes (MB), atau bahkan gigabytes (GB). Ukuran file berbanding lurus dengan jumlah pixel dari suatu image. Images dengan jumlah pixel lebih banyak akan menghasilkan image yang kaya akan detail, tetapi file tersebut akan berukuran lebih besar. Faktor lain yang mempengaruhi ukuran file adalah format dari file itu sendiri, seperti jpg, gif, png, tga, bmp dan lain-lain.

Photoshop CS dapat memproses file dengan ukuran maksimum 2 GB atau suatu image dengan ukuran maksimum 30,000 x 30,000 pixel.

 

 

Keyword: Belajar Photoshop | Membuat Efek Dengan Photoshop | Membuat Efek Teks Dengan Photoshop | Tutorial Desain Grafis | Mengenal Dan Mempelajari Apa Itu Image Dan Resolusi