Stempel kerajaan 2.700 tahun yang lalu ditemukan di Yerusalem

Stempel kerajaan 2.700 tahun yang lalu ditemukan di Yerusalem. Ini adalah pertama kalinya cetakan stempel raja Israel atau raja Yehuda ditemukan setelah terkubur sangat lama dalam penggalian arkeologi ilmiah.

Segel Raja Israel

 Cetakan stempel yang timbul, tercetak dengan nama Raja Hizkia

Peminat arkeologi Alkitab beramai-ramai datang untuk melihat stempel kerajaan, yaitu Raja Hizkia (727-698 SM) yang ditemukan oleh para arkeolog di kaki selatan bukit bait Allah di Yerusalem. Cetakan stempel sebuah inskripsi dalam naskah bahasa Ibrani kuno yang diterjemahkan sebagai "Milik Hizkia [anak] Ahas, raja Yehuda" bersama dengan matahari bersayap dua, diapit oleh dua simbol ankh yang melambangkan kehidupan.

Temuan ini diumumkan pada tanggal 2 Desember 2015 di Universitas Ibrani Yerusalem, penggalian tersebut di bawah arahan Eilat Mazar dari universitas Institut Arkeologi. Meskipun segel stempel yang bertuliskan nama Raja Hizkia sudah dikenal di pasar barang antik sejak pertengahan 1990-an, namun ini adalah pertama kalinya materai raja Israel atau Yehuda yang asli dilihat secara nyata yang pernah ada dan masih tetap ada", kata Mazar.

Berukuran 9,7 dari 8,6 milimeter, stempel berbentuk oval tersebut dicetak dengan ketebalan 3mm (potongan tanah liat yang ada tulisannya) berukuran 13 dari 12mm. Disekitar stempel terdapat bingkai yang menyerupai cincin.

Artefak ini ditemukan bersamaan dengan 33 artefak lainnya dalam kondisi masih tersegel, beberapa bertuliskan nama-nama Ibrani, sebaliknya ke-33 artefak ini ditemukan dalam kondisi masih terbungkus dalam sebuah karung terikat tali, yang sudah lusuh yang barangkali dulunya adalah karung tempat menyimpan bahan makanan.


Ditemukan oleh para arkeolog di kaki selatan bukit bait Allah di Yerusalem

Penelitian lengkap mengenai artefak Raja Hizkia termasuk kedalam jilid pertama dari laporan akhir "Ophel Excavations 2009-2013", yang diterbitkan pada tanggal 2 Desember 2015 yang mendapat dukungan dari David Berg Foundation.

 

Keyword: Artefak Stempel Raja Israel | Stempel Kuno